Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Advanced Display Settings Tidak Muncul di Windows 10/11

 


Beberapa pengguna Windows telah mengalami masalah dimana Advanced Display Settings atau Advanced Display tidak muncul dalam aplikasi Settings di komputer Windows 10 atau Windows 11 mereka. Advanced Display Settings memungkinkan pengguna untuk mengubah ukuran teks, refresh rate dan pengaturan display lainnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas masalah ini secara detail dan menyajikan beberapa solusi untuk mengatasi masalah tersebut.


Beberapa pengguna Windows melaporkan bahwa mereka tidak dapat menemukan opsi Advanced Display Settings di aplikasi Settings dimana ini bisa terjadi karena beberapa alasan. Masalah ini dapat terjadi karena driver graphics yang out of date atau rusak, pengaturan Project ke Extend, Duplicate atau Second Screen only, dinonaktifkan oleh administrator IT  dan berbagai alasan lainnya.




Memperbaiki Advanced Display Settings Tidak Muncul


Jika Advanced Display Settings tidak muncul di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka jalankan beberapa solusi yang disebutkan dibawah ini untuk memperbaikinya.



1. Jalankan Hardware and Device Troubleshooter


Sebagai solusi pertama untuk memperbaiki masalah ini adalah anda perlu menjalankan utilitas bawaan yang bernama Hardware and Device Troubleshooter. Utilitas ini akan memeriksa display anda untuk mencari masalah dan jika ada kesalahan konfigurasi yang tidak terlihat di Advanced Display Settings, maka utilitas tersebut akan mencoba memperbaikinya. Untuk melakukan halini, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Enter untuk membuka Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut dan tekan Enter.
msdt.exe -id DeviceDiagnostic
  • Perintah tersebut akan meluncurkan jendela Hardware and Device Troubleshooter.
  • Ikuti petunjuk yang di tampilkan untuk memecahkan masalah.


Setelah selesai, periksa apakah masalah telah teratasi atau tidak.


2. Periksa Pengaturan Project

Solusi selanjutnya adalah memastikan bahwa pengaturan Project tidak diatur ke Extend, Duplicate atau Second Screen only. Jika anda menemukan itu diatur ke opsi yang disebutkan, maka pastikan untuk mengaturnya kembali ke PC screen only. Untuk membuka pengaturan Project, tekan tombol Win + P. Sekarang, buat perubahan yang diperlukan. Setelah selesai, klik dimana saja di layar untuk keluar dari pengaturan Project dan anda siap memeriksanya kembali apakah Advanced Display Settings dapat diakses kembali.



3. Gunakan Opsi Lain Untuk Melakukan Perubahan

Ada beberapa opsi yang saya sarankan untuk anda coba jika anda hanya ingin menyelesaikan pekerjaan yang ada dan tidak peduli untuk menyelesaikan masalah saat ini. Dalam hal ini, saya akan menunjukkan kepada anda dua cara untuk melakukan penyesuaian pada pengaturan display anda. Jadi, tergantung pada kebutuhan anda, gunakan salah satu opsi dari dua opsi berikut ini atau anda dapat menggunakan keduanya.

Dari GPU Control Panel:
Setiap produsen Graphics Card, baik yang integrated atau dedicated telah membuat Control Panel mereka sendiri. Oleh karena itu, anda dapat menggunakannya untuk melakukan apa yang ingin anda lakukan dari Advanced Display Settings. Untuk membuka Control Panel masing-masing, anda dapat mencarinya dari Start Menu. Intel memiliki Intel Graphics Command Center, AMD memiliki Catalist Control Center atau Radeon software sendiri dan juga NVIDIA memiliki Nvidia Control Panel.


Dari Color Management:
Jika beberapa opsi tidak ada di Control Panel graphics card anda, maka anda dapat mencari opsi yang sama di aplikasi Color Management. Ini adalah program Windows bawaan dan dapat digunakan untuk melakukan penyesuaian pada display. Untuk meluncurkan aplikasi ini, gunakan Search Windows untuk menemukan dan membuka Color Management. Sekarang anda dapat melakukan perubahan yang diperlukan. Jika Color Management tidak berfungsi, anda perlu memperbaikinya terlebih dahulu.



4. Update atau Install Ulang Driver Graphics

Advanced Display Settings akan hilang jika driver tidak dalam kondisi optimal. Artinya mereka harus diupdate dari waktu ke waktu dan tidak boleh rusak. Dalam solusi ini, anda perlu menyingkirkan kedua kemungkinan tersebut. Jadi, langkah pertama anda adalah update driver graphics anda. Jika masalah berlanjut, maka anda perlu menginstall ulang driver graphics anda.

Untuk mengupdate driver graphics anda, ikuti salah satu metode berikut ini.
  • Periksa update dari Driver and Optional Updates di Windows Update atau anda dapat mengupdate driver dari Device Manager.


Jika setelah anda mengupdate driver graphics, masalah tidak di perbaiki, maka anda perlu melakukan clean install graphics card anda. Anda dapat menginstall ulang driver graphics anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas Display Adapter.
  • Setelah itu, klik kanan pada driver graphics anda dan pilih Uninstall device.
  • Kemudian, beri ceklist pada opsi Delete the driver software for this device dan klik Uninstall pada jendela konfirmasi.


  • Perlu diingat bahwa layar anda akan blank selama beberapa detik, namun setelah itu akan menyala kembali.
  • Setelah itu, restart komputer anda dan itu akan menginstall driver graphics yang benar.

Jika Windows gagal menginstall driver yang benar dan menjalankan driver generic, maka buka kembali Device Manager, kemudian klik kanan pada Display Adapter dan pilih Scan for hardware changes.

Jika driver masih belum diinstall, maka download driver graphics yang sama dari website pabrikan perangkat anda dan install di komputer anda.


5. Hubungi Administrator IT Anda

Jika anda adalah bagian dari organisasi, maka administrator IT anda berhak menonaktifkan Advanced Display Settings. Dalam hal ini, tidak ada yang dapat anda lakukan. Dan jika anda memutuskan untuk membuat beberapa perubahan registry, itu akan bertentangan dengan kebijakan organisasi itu. Jadi, bicaralah dengan administrator IT anda dan tanyakan kepada mereka tentang keseluruhan situasi.


Anda juga mungkin perlu memeriksa artikel ini untuk memperbaiki Settings Windows yang tidak berfungsi di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Advanced Display Settings tidak muncul di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Advanced Display Settings Tidak Muncul di Windows 10/11"