Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Settings App Tidak Berfungsi di Windows 10/11


Sementara banyak orang akan menolak dan berharap Microsoft tidak secara perlahan mengubur Control Panel, Settings App telah berkembang menjadi fitur utama Windows 10 atau Windows 11. Ini adalah landasan peluncuran untuk mengendalikan system anda, mulai dari menambahkan perangkat hingga mengontrol pengguna dan fitur game. Jika Settings App berhenti berfungsi, Windows menjadi sangat tidak berfungsi.

Jadi jika Settings App anda macet atau hanya tidak terbuka di tempat pertama, berikut cara memperbaikinya untuk mengembalikannya ke urutan kerja yang semestinya.


1. Solusi Sederhana

Terkadang, solusi terbaik adalah solusi yang tampaknya terlalu sederhana untuk menjadi kenyataan. Namun dalam bidang teknologi, itulah yang sering terjadi. Berikut solusi sederhana yang dapat anda lakukan.

Di Windows 10:
  • Klik tombol Start, klik kanan pada ikon roda gigi yang biasanya mengarah ke aplikasi Settings, kemudian klik More dan pilih App settings.


  • Di jendela Settings, gulir ke bawah sampai anda melihat tombol Reset. Klik Reset untuk mengatur ulang aplikasi Settings di Windows 10 anda.



Reset aplikasi Settings selesai dan semoga itu memperbaikinya.

Di Windows 11:
  • Klik Start Menu, kemudian klik kanan pada Settings dan pilih App settings.
  • Di jendela Settings, gulir ke bawah ke bagian Reset.
  • Anda kemudian dapat mengklik Reset untuk mengatur ulah aplikasi Settings anda.


2. Cara Alternatif untuk Membuka Settings App

Jika anda hanya mencari solusi cepat untuk Settings App yang salah, maka taruhan terbaik anda adalah dengan mencoba dan membukanya dengan cara lain.
  • Salah satu metodenya adalah menekan tombol Win + I pada keyboard untuk mencoba dan membuka Settings App.
  • Alternatif lainnya adalah anda dapat mengklik ikon Action Center di paling ujung kanan taskbar, lalu klik All Settings.


Jika metode ini tidak berfungsi, atau jika Settings App anda masih tidak dapat diakses dengan cara biasa melalui Start menu anda, maka inilah saatnya untuk mencoba sesuatu yang sedikit lebih dalam untuk terlibat.


3. Instal Ulang dan Register Ulang Windows Apps

Settings App di Windows 10 merupakan aplikasi bawaan resmi Windows, jadi menginstal ulang (bersama dengan setiap aplikasi Windows 10 lainnya) akan memperbaiki masalah apapun yang mungkin anda miliki dengannya.
  • Untuk melakukan ini, buka PowerShell (cukup ketik PowerShell di pencarian Cortana dan pilih Run as administrator).


  • Setelah PowerShell terbuka, masukkan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter.

Get-AppXPackage | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}



Setelah anda menekan Enter, itu akan meregister ulang dan menginstal ulang semua aplikasi Windows anda, dan semoga anda mendapatkan Settings App (dan lainnya) kembali dengan fungsi penuh.


4. Jalankan SFC Scan

Sebelum mencoba metode yang lebih rumit untuk memperbaiki Settings app, berikut ini beberapa perbaikan cepat yang mungkin dapat anda lakukan.
  • Scan hard drive anda untuk error. Tekan pencarian Cortana, ketik cmd dan buka Command Prompt. Di Command Prompt, silahkan ketik sfc /scannow dan tekan Enter.




5. Buat Pengguna Windows Baru

Jika anda masih tidak dapat membuka Settings App, maka saatnya untuk solusi yang lebih radikal dalam membuat akun administrator baru dan mentransfer file anda ke sana. Karena anda tidak dapat menggunakan Settings App untuk membuat akun baru, anda dapat menggunakan Microsoft Common Console Document jika anda memiliki Windows 10 Pro.


#Buat Akun Penggun Baru :

  • Klik pencarian Cortana dan ketik lusrmgr.msc. Dalam Common Console Document, klik User, klik kanan pada User lalu pilih New User. Masukkan info anda, kemudian keluar dari akun anda saat ini dan masuk ke akun baru anda baik melalui Start menu atau Ctrl + Alt + Del.


Jika anda memiliki Windows 10 Home Edition, maka anda harus membuat akun pengguna baru melalui Command Prompt.

  • Pada pencarian Cortana, ketik cmd dan klik Run as administrator.
  • Di Command Prompt ketik perintah berikut dibawah ini tetapi dengan nama pengguna dan kata sandi yang ingin anda buat untuk akun administrator baru.

net user newusername newpassword /add

  • Anda akan melihat pesan The command completed successfully untuk memberi tahu anda bahwa akun telah dibuat.


#Ubah Type Akun :

  • Selanjutnya, masuk ke Control Panel - User Accounts - User Accounts - Manage another account.



  • Pilih akun baru yang baru anda buat, klik Change the account type lalu klik Administrator di jendela baru, diikuti dengan Change Account Type.


Dan sekarang, pengguna baru telah menjadi administrator.


#Tranfer File ke Akun Baru

Setelah anda masuk ke akun pengguna baru, coba akses Settings App. Sekarang seharusnya Settings App kembali berfungsi seperti sedia kala.

Langkah selanjutnya adalah mentransfer file anda dari akun Windows lama anda ke akun baru anda.

  • Pergi ke hard drive system (di mana Windows diinstal) di File Explorer, klik View di tab di bagian atas, lalu beri ceklist pada kotak Hidden items. Hal itu akan memperlihatkan semua file tersembunyi.


  • Arahkan ke akun pengguna lama anda di File Explorer (C:/Users/accountname lain secara default) dan klik dobel padanya.


  • Klik Continue, masukkan kata sandi akun anda ketika diminta, kemudian copy dan paste semua file dari akun itu ke akun baru anda (terletak di C:/Users/newusername default).


  • Anda akan melihat pesan yang menanyakan apakah anda ingin menggabungkan folder dari akun lama anda ke akun baru anda. Klik Yes.

Hanya itu saja. Langkah ini tidak sederhana, tetapi membuat akun Windows baru merupakan solusi terbaik untuk masalah ini. Perlu ditekankan lagi bahwa anda harus mencoba dua solusi yang lebih sederhana di awal artikel ini sebelum anda mengalami kesulitan dalam membuat akun baru.


Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu anda. Tinggalkan komentar anda dibawah untuk membagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini atau jika anda mempunyai cara yang lebih baik. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Settings App Tidak Berfungsi di Windows 10/11"