Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error The installer has insufficient privileges to modify atau access di Windows 10/11

 


Saat anda anda mencoba menginstall atau memodifikasi sebuah program tanpa permission/izin yang diperlukan, maka anda mungkin mengalami masalah. Salah satu error saat menginstall aplikasi adalah error The installer has insufficient privileges to modify atau access di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jika demikian, maka anda dapat mengatasinya dengan mengikuti beberapa solusi yang disajikan di artikel ini. Saat masalah ini terjadi, anda akan melihat pesan error lengkap seperti berikut ini.

The installer has insuffient privileges to access this directory: //path//. The installation cannot continue. Log on as administrator or contact your system administrator.



Error ini dapat menjadi masalah yang membuat frustrasi. Untungnya, anda dapat mengikuti beberapa solusi sederhana untuk memperbaikinya.



Memperbaiki Error The installer has insufficient privileges to modify  atau access


Untuk mengatasi error The installer has insufficient privileges to modify  atau access, maka anda dapat mencoba mengubah permission pada folder yang bersangkutan dan menonaktifkan sementara antivirus pihak ketiga. Jika cara tersebut tidak berhasil, berikut adalah solusi lainnya yang dapat anda lakukan.



1. Jalankan Installer dengan Hak Administrator


Untuk memastikan instalasi berjalan lancar dan menghindari error karena kurangnya permission, anda perlu menjalankan installer dengan hak administrator. Namun karena opsi Run as Administrator tidak tersedia secara default dari menu klik kanan untuk file MSI, maka anda perlu menggunakan cara lain untuk menjalankannya dengan hak admin.

  • Klik kanan pada file MSI yang ingin anda install dan pilih Properties.
  • Di jendela Properties, alihkan ke tab Compatibility.
  • Selanjutnya, beri ceklist pada opsi Run this program as an administrator.
  • Seletah itu, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.



Dengan menambahkan opsi Run as Administrator untuk file MSI, anda dapat memastikan bahwa instalasi berjalan dengan lancar tanpa error yang disebabkan oleh kurangnya permission.



2. Ubah Permission Folder


Error The installer has insufficient privileges to modify atau access juga dapat terjadi jika folder tempat program diinstall tidak memiliki permission yang diperlukan. Jika demikian, maka anda perlu mengubah permission folder dan melihat apakah error ini dapat diperbaiki atau tidak.




3. Restart Service Windows Installer


Service Windows Installer adalah service instalasi dan konfigurasi untuk Windows. Jadi, pastikan anda telah mengaktifkan service Windows Installer. Jika sudah diaktifkan, maka untuk memperbaiki error ini, anda perlu merestart service Windows Installer. Untuk melakukannya, anda dapat mengikuti langgah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudiam ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services Windows.
  • Di jendela Services, kemudian klik kanan pada service Windows Installer di panel kanan dan pilih Restart.




4. Bersihkan Ruang Disk


Saat menginstall aplikasi di Windows, anda mungkin mengalami masalah ini jika perangkat anda terisi dengan Temporary file dan Junk file yang tidak berguna. File-file ini disimpan secara otomatis untuk meningkatkan pengalaman pengguna, tetapi seiring waktu, file-file tersebut dapat menumpuk dan memakan banyak ruang penyimpanan pada perangkat anda. Oleh karena itu anda perlu mengosongkan ruang drive system anda dan kemudian mencoba mengistall kembali.




5. Nonaktifkan User Account Control


Jika error masih belum diperbaiki, maka coba nonaktifkan User Account Control (UAC) melalui Local Group Policy Editor. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini. Jika anda pengguna Windows edisi Home, maka anda perlu mengaktifkan Group Policy Editor terlebih dahulu sebelum mengikuti langkah yang sama dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor.
  • Di jendela Group Policy Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
Computer Configuration - Windows Settings - Security Settings - Local Policies - Security Options
  • Sekarang, klik dobel pada setiap kebijakan User Account Control di panel kanan.
  • Kemudian, di jendela masing-masing properties kebijakan, pilih Disable dan klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.
  • Setelah itu, restart komputer anda untuk menerapkan perubahan.


Setelah booting, lihat apakah errornya dapat diperbaiki atau tidak.


6. Nonaktifkan Sementara Antivirus Pihak Ketiga

Anda dapat mencoba menyelesaikan error instalasi pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda dengan menonaktifkan atau menguninstall software antivirus pihak ketiga untuk sementara. Namun, perlu diingat bahwa melakukan ini dapat mengurangi tingkat keamanan system anda.


7. Install di Clean Boot

Aplikasi pihak ketiga yang terinstall juga dapat menyebabkan masalah dengan proses instalasi. Jadi, lakukan Clean Boot pada PC anda dan kemudian coba jalankan file setup dengan hak administrator.

Jika error tidak muncul di Clean Boot, maka anda mungkin perlu mengaktifkan satu per satu proses secara manual untuk menemukan pelakunya. Setelah anda mengidentifikasinya, anda dapat nonaktifkan atau uninstall software.



Semoga masalah anda dapat diperbaiki.

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Error The installer has insufficient privileges to modify atau access di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error The installer has insufficient privileges to modify atau access di Windows 10/11"