Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Folder Desktop Hilang di Folder Users di Windows 10/11

 


Folder Users anda di Windows 10 atau Windows 11 berisi file, folder dan data yang dapat diakses dengan mudah oleh pengguna terkait. Folder ini dapat anda temukan di jalur %SystemDrive%\Users\user_name. Jika anda tidak menemukan folder Desktop di dalam folder Users untuk user account/profile anda, maka artikel ini akan memberikan saran untuk membantu mengatasi masalah tersebut.



Ketika anda mengalami masalah ini, kemungkinan besar anda tidak dapat menyimpan file di Desktop. Beberapa alasan utama yang dapat menyebabkan masalah ini antara lain:

  • Foldernya tersembunyi.
  • Infeksi atau serangan virus atau malware.
  • Kesalahan lokasi yang disebabkan oleh perubahan tiba-tiba atau perubahan mendadak di lokasi folder desktop yang dapat membuat folder tidak tersedia.
  • Masalah update Windows.
  • Konflik nama folder.
  • Anda mungkin telah login dengan temporary profile.
  • User profile atau profil pengguna yang rusak.


Folder Desktop (shell:Desktop) merupakan komponen dari user profile yang berfungsi sebagai lokasi terpusat untuk menyimpan data pribadi. Secara bawaan, folder Desktop adalah folder shell yang terdapat di user profile (%UserProfile%) dan digunakan sebagai tempat penyimpanan default di desktop anda.



Memperbaiki Folder Desktop Hilang di Folder Users


Jika anda menemukan bahwa tidak ada folder Desktop di folder Users untuk user account tertentu di Windows 10 atau Windows 11, maka berikut adalah beberapa solusi yang dapat membantu anda mengatasi masalah tersebut.



1. Daftar Periksa Awal


Untuk mengatasi masalah folder Desktop yang hilang atau tidak ada di folder Users di Windows 10 atau Windows 11, berikut adalah daftar periksa awal yang dapat anda lakukan. Setelah setiap tugas selesai, periksa apakah folder Desktop sudah dipulihkan atau tidak.

  • Restart PC anda: Kemungkinan anda masuk dengan temporary profile. Ini biasanya terjadi setelah update Windows.


  • Jalankan software folder/file recovery: Folder tersebut mungkin tidak sengaja terhapus. Jadi, anda dapat menggunakan software folder/file recovery pihak ketiga yang dapat membantu pengguna PC memulihkan data yang hilang atau terhapus dari berbagai perangkat penyimpanan.
  • Tampilkan file dan folder tersembunyi: Karena satu dan lain hal, mungkin juga folder tersebut telah disembunyikan. Jadi, untuk mengesampingkan kemungkinan ini, anda dapat menampilkan file/folder tersembunyi di PC anda.



2. Periksa Konflik Nama Folder Desktop


Jika anda telah menjalankan daftar periksa awal diatas tetapi masalah masih terjadi, maka anda perlu memeriksa apakah terdapat konflik nama folder Desktop di system anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Buka File Explorer dengan menekan tombol Win + E atau klik ikonnya di Taskbar.
  • Di File Explorer, arahkan ke jalur direktori dibawah ini. Dimana placeholder user_name adalah user account/profile untuk folder Desktop yang hilang.
 C:\Users\user_name
  • Di lokasi, buat folder baru dan beri nama Desktop.
  • Anda mungkin akan mendapatkan jendela konfirmasi untuk replace folder yang menyatakan tujuan sudah berisi folder dengan nama yang sama dan jika anda ingin menggabungkannya. Anda akan melihat nama folder Desktop saat ini.
  • Sekarang, periksa apakah ada dua folder dengan nama yang sama, baik itu muncul di folder Quick Access atau di folder user name anda.
    • Jika anda menemukan folder Desktop di folder user name anda, maka anda dapat mengubah nama folder Desktop asli tersebut dengan nama Desktop dan restart komputer anda.
    • Jika anda hanya melihat folder Desktop di folder Quick Access, maka anda langsung restart komputer anda.
  • Saat booting, anda akan menemukan folder Desktop dengan ikon defaultnya, bukan ikon standart untuk folder yang berwarna kuning. Anda juga dapat menghapus folder Desktop yang anda buat jika saat membuatnya, jendela konfirmasi replace tidak muncul.


Jika masalah teratasi, maka untuk menyembunyikan folder Desktop di folder Quick Access, klik kanan pada folder Desktop tersebut dan pilih Unpin from Quick access.


Metode ini seharusnya memperbaiki masalah ini. Namun jika tidak, anda harus mengikuti solusi berikutnya.


3. Jalankan File and Folder Troubleshooter

Karena masalah ini berkaitan dengan folder, maka anda dapat menjalankan File and Folder Troubleshooter di system Windows 10 atau Windows 11 anda dan melihat apakah itu dapat membantu memperbaiki masalah ini. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Download File and Folder Troubleshooter dari website Microsoft.
  • Setelah anda mendownloadnya, klik dobel padanya untuk meluncurkan tool.
  • Kemudian klik Next di jendela troubleshooter yang muncul.
  • Di halaman berikutnya, beri ceklist pada semua opsi dan klik Next.
  • Troubleshooter akan mencari masalah yang tersedia dan jika ditemukan, maka secara otomatis akan memperbaikinya.
  • Setelah proses selesai, keluar dari jendeladan restart system anda.


Jika tidak berhasil, lanjutkan dengan perbaikan berikutnya.


4. Pulihkan Folder Desktop ke Lokasi atau Jalur Default

Solusi ini mengharuskan anda mengembalikan folder Desktop (juga disebut sebagai folder Library) ke lokasi atau jalur defaultnya. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik shell:desktop dan tekan Enter.
  • Setelah membuka folder di PC anda, klik kanan pada folder Desktop dan pilih Properties.
  • Di jendela Properties, alihkan ke tab Location.
  • Selanjutnya klik Restore Default.
  • Setelah itu, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.



5. Buat User Account Baru

Mungkin ada masalah dengan user profile yang rusak, oleh karena itu untuk mengatasi masalah ini, anda dapat mencoba memperbaiki user profile yang rusak atau membuat user account/profile baru di system anda. Akun baru akan memiliki semua folder Library secara default, tetapi kemungkinan tidak praktis karena anda masih perlu mengakses file dan folder yang ada di Desktop pada user account lama yang ingin dipindahkan atau ditransfer ke user account baru bersama dengan data lainnya. Sebagai alternatif, anda dapat mencoba saran ke-3 di daftar periksa awal dan melihat apakah ada file yang dapat dipulihkan.



6. Lakukan System Restore

System Restore idealnya tidak akan mempengaruhi file atau dokumen, serta folder pribadi. Namun, folder Desktop dianggap sebagai bagian dari folder system sehingga solusi untuk masalah ini adalah dengan melakukan System Restore dan memilih restore point sebelum anda menyadari masalah ini.

Jadi, jika anda telah membuat system restore point sebelumnya, maka lakukan System Restore. Pada pengaktifan system berikutnya, status komputer lama anda akan diterapkan dan masalahnya harus diselesaikan sekarang. Jika anda belum membuat system restore point atau langkah ini tidak berhasil untuk anda, lanjutkan dengan solusi berikutnya.



7. Uninstall Update Windows yang Bermasalah

Sebagai alternatif dari System Restore, jika anda mengalami masalah setelah menginstall update system terbaru, maka kemungkinan itu bisa menjadi penyebabnya. Dalam kasus seperti ini, anda dapat mencoba mengunistall update tersebut dan melihat apakah itu dapat menyelesaikan masalah yang anda hadapi. Untuk melakukannya, anda dapat mengikuti salah satu metode di artikel ini.



8. Reset Komputer

Solusi ini dapat diterapkan pada skenario terburuk, dimana jika semua saran di atas telah dicoba dan tidak berhasil memulihkan folder Desktop, maka cara terakhir adalah dengan melakukan reset Windows. Saat anda melakukan reset Windows, system operasi akan dipulihkan ke kondisi kerja awal seperti yang dikirimkan dari pabrik, dengan pengaturan dan aplikasi default. Pastikan untuk memilih opsi Keep my files agar file dan dokumen yang penting tidak hilang.

Perlu diperhatikan bahwa solusi yang diberikan dalam artikel ini juga berlaku jika terdapat folder lain selain folder Desktop yang hilang di folder Users.



Perhatikan bahwa, folder Desktop anda mungkin tidak tersedia di lokasi default karena anda mengaktifkan atau menggunakan OneDrive di PC anda. Jika demikian, maka anda dapat mengakses folder Desktop dari sana atau jika anda ingin mengembalikannya ke folder Users, maka anda hanya perlu mengakses folder OneDrive dan lakukan Restore Defaul folder seperti yang telah di jelaskan pada metode 4.

Semoga membantu anda!

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki folder Desktop hilang di folder Users di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Folder Desktop Hilang di Folder Users di Windows 10/11"