Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Menampilkan File dan Folder yang Tersembunyi di Windows 10/11


Tahukah anda bahwa untuk mencegah file-file penting tidak terhapus, Windows menyembunyikan beberapa file system yang vital dari anda? Hal ini dilakukan saat anda mencari file di hard drive anda. Saat anda ingin selalu dapat melihat setiap file di komputer anda, ini bisa mengganggu dan bahkan menjengkelkan anda.

Jika anda tidak ingin komputer mengendalikan apa yang anda lihat dan yang tidak di lihat, ada opsi untuk membuat Windows menunjukkan kepada anda setiap file yang tidak dapat anda lihat. Berita baiknya adalah bahwa opsi ini tidaklah sulit dan ramah untuk pemula sekalipun.



Mengapa Windows Menyembunyikan File Tertentu?

Pada awalnya, gagasan bahwa Windows menyembunyikan file tertentu secara otomatis tidak masuk akal. Tetapi ketika anda mencaritahu mengapa Windows melakukan ini, anda pasti akan mengerti dan selalu menginginkan file tersebut tetap tersembunyi. File yang disembunyikan Windows bukanlah file seperti gambar dan folder anda dengan dokumen untuk pekerjaan atau tugas sekolah anda. File yang disembunyikan Windows adalah file yang memiliki data penting yang tidak boleh anda mainkan. Ini biasanya file penting yang terkait dengan system operasi yang mana jika anda menghapusnya atau bahkan hanya sekedar mengutak-atiknya dapat menyebabkan error pada system anda.


Cara Melihat File Windows 10/11 yang Tersembunyi dari Control Panel


1. Menggunakan File Explorer Options


  • Untuk menampilkan file-file tersembunyi tersebut, anda harus mengakses Control Panel. Anda dapat melakukan ini dengan mengetikkan Control Panel ke dalam Search Windows.



  • Ketika Control Panel terbuka, klik View di kanan atas dan pilih Small atau Large icons.


  • Setelah itu, gulir ke bawah dan cari File Explorer Options dan klik itu. Setelah File Explorer Options terbuka, klik tab View. Cari opsi yang mengatakan Show hidden files, folder, and drives dan pilih opsi tersebut. Opsi lain yang harus anda periksa adalah Hide protected operating system files (recommended). Hilangkan ceklist pada opsi tersebut.


  • Anda akan melihat peringatan yang memberitahu anda bahwa anda telah memilih untuk menampilkan file system operasi yang dilindungi. Jangan panik. Pastikan anda mengklik Yes.



  • Anda harus dibawa kembali ke kotak File Explorer Option. Klik Apply dan OK dan semua file yang sebelumnya disembunyikan sekarang harus terlihat.


2. Akses File Tersembunyi dengan Opsi dari File Explorer

Untuk menampilkan file-file yang tersembunyi dengan menggunakan File Explorer tentunya anda harus membuka pilih File Explorer. Setelah terbuka klik panah di sudut kanan atas, atau anda juga dapat mengklik opsi View. Setelah itu beri ceklist pada kotak Hidden Items. Sesaat setelah anda memberi ceklist, maka anda akan melihat file atau folder yang tersembunyi.


Sementara di Windows 11, anda cukup klik tombol View dari menu bar dan kemudian arahkan ke Show dan klik Hidden items. Anda harus melihat opsi Hiden items diberi ceklist.




3. Menggunakan Registry untuk Menampilkan File Tersembunyi

Registry juga dapat membantu anda melihat file-file yang tersembunyi. Ini adalah langkah mudah, namun untuk berjaga-jaga, ada baiknya anda membackup registry Windows anda sebelum mengikuti langkah ini.

  • Setelah anda membackup registry, tekan tombol Win +  R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter.

  • Setelah jendela Registry Editor terbuka, telusuri jalur berikut dibawah ini:

HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced

  • Di panel kanan, cari dan klik dobel pada Hidden dan ubah value datanya menjadi 1 karena ini akan membuat file yang tersembunyi muncul.


Jika suatu saat anda berubah pikiran dan ingin menyembunyikan kembali file atau folder, anda cukup mengubahnya kembali menjadi 2.

Di jendela Registry Editor, anda juga dapat mengatur data value ShowSuperHidden menjadi 1 jika anda ingin melihat file-file Windows yang dilindungi. Nilai Value data 0 (nol) akan menyembunyikan kembali file.



Meskipun anda dapat dimengerti mengapa Windows menyembunyikan file-file itu untuk keselamatan system operasi anda sendiri, anda harus menjadi orang yang memutuskan apakah file-file itu dilindungi atau tidak. Karena mereka disembunyikan secara default, anda sekarang dapat memulihkannya saat anda membutuhkannya.

Anda dapat membaca lebih lanjut terkait cara menyesuaikan dan menggunakan File Explorer di Windows 11.

Semga membantu anda. Metode apa yang anda gunakan untuk melihat file Windows yang tersembunyi? Tinggalkan komentar anda dibawah ini. Terimakasih dan GBU. STAY AT HOME!!

Post a Comment for "3 Cara Menampilkan File dan Folder yang Tersembunyi di Windows 10/11"