Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Terbaik Mengembalikan File Yang Dihapus di Windows


Pernahkah anda menghapus file penting secara tidak sengaja? Untungnya, EaseUS Data Recovery Wizard adalah salah satu software yang bisa datang untuk menyelamatkan anda ketika anda terlanjur menghapus file penting itu.

EaseUS Data Recovery tersedia untuk Windows dan Mac. Disini kita akan melihat versi Windows (pada komputer Windows 10) untuk melihat seberapa cepat dan mudahnya memulihkan file yang hilang.


Install Data Recovery Wizard

Program EaseUS Data Recovery Wizard sangat mudah diunduh (file .exe) dan hanya perlu satu menit untuk menginstal. Saya tidak memiliki masalah apapun, dan beberapa opsi yang tersedia (misalnya, create desktop icon) sudah cukup jelas.

Setelah instalasi, EaseUS Data Recovery akan terbuka selama anda mempertahankan opsi Launch EaseUS Data Recovery Wizard.


Menggunakan Data Recovery Wizard

Program ini memiliki UI yang bersih dan minimal yang sangat mudah dinavigasi. Dal pertama yang saya perhatikan adalah kurangnya menu bar. Sebagai gantinya, hanya ada beberapa ikon di sudut kanan atas (Upgrade, Sharing, Load Session, Menu, minimize, maximize, close). Hanya itu.

Dari ikon menu anda dapat mengakses semuanya dari bahasa sampai bantuan online untuk update. Tidak ada pengaturan untuk mengganggu, benar-benar nyaman.


Apa dan Dimana Mencari File

Anda akan selalu memulai dari Home. Dari jendela Home anda dapat memilih Drive yang ingin anda scan: grafik, dokumen, email, audio, video, dan lainnya. Anda juga dapat memilih lokasi spesifik untuk di scan dengan mengklik tombol Select Folder. Lanjutkan dengan menekan tombol Scan.


Setelah anda mengklik Scan di sudut kanan bawah, software akan melakukan scan di komputer. Pemindaian ini membutuhkan waktu yang lama (rata-rata dua hingga tiga jam) karena banyaknya file.

Jika anda merasa bahwa pemindaian akan memakan waktu lebih lama dari yang anda inginkan, anda dapat mengklik tombol pause atau stop di kiri bawah. Saat mempausenya, anda juga dapat melihat pratinjau file yang dipulihkan. Jangan khawatir jika anda memutuskan untuk menghentikannya lebih awal, anda juga masih dapat memulihkan file yang ditemukan.

Saat melihat file anda yang dapat dipulihkan, anda dapat mengurutkannya berdasarkan jenis: all, graphics, audio, document, video, email, lainnya. Anda juga dapat melihatnya sebagai daftar atau sebagai ikon. Bahkan ada opsi pratinjau sehingga anda dapat melihat dengan tepat apa file tersebut sebelum memulihkannya. Anda juga dapat melihat pratinjau lebih besar dengan mengklik doble file tersebut.


Jika anda ingin menyimpan hasil pemindaian anda untuk digunakan nanti, anda dapat mengklik Save Session untuk mengekspor hasil anda sebagai Recovery State File (.rsf).


Ini nantinya dapat diimpor melalui ikon Load Session di bagian kanan atas jendela.



Memulihkan Apa yang Hilang

Ketika anda siap untuk memulihkan file, beri ceklist pada masing-masing file yang ingin anda pulihkan dan klik  Recover.


Anda akan diminta memilih lokasi untuk menyimpan file dan juga akan diperingatkan agar tidak menyimpan file yang dipulihkan ke drive tempat anda kehilangannya. Saya merasa ini hanya tindakan pencegahan jika drive rusak; dalam hal ini, ada baiknya menyimpannya di tempat lain. Namun, jika drive itu pulih dan baik-baik saja, saya pribadi tidak melihat ada salahnya menyimpannya di sana.


Meskipun free trial, software Data Recovery anda dapat benar-benar memulihkan file. Namun ada juga versi berbayar dari software ini yang pastinya memiliki fitur yang lebih lengkap. Setelah dicoba, saya pikir aplikasi ini sangat bagus karena dalam percobaan yang saya lakukan, saya masih menemukan file yang sudah hampir dua tahun saya hapus yang muncul di hasil pemindaian dan itu dapat di recovery dengan hasil yang baik pula.

Jadi dibanding dengan aplikasi lainnya yang pernah saya coba, sejauh ini saya rasa ini adalah aplikasi yang paling baik dalam recovery data yang dihapus.

OK. Sekian tutorial kali ini. Semoga dapat membantu anda dalam memulihkan file anda yang dihapus. Bagaimana menurut anda? Tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk membagi pengalaman anda menggunakan EaseUS Data Recovery. Terima kasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Terbaik Mengembalikan File Yang Dihapus di Windows"