Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Device Manager Menampilkan Banyak Prosesor di Windows 10/11

 


Anda tidak perlu khawatir jika Device Manager anda menunjukkan adanya banyak prosesor untuk perangkat anda meskipun dalam kasus yang jarang terjadi, hal ini mungkin menunjukkan masalah yang memerlukan perbaikan. Prosesor modern memiliki banyak thread dan core, sehingga system Windows dapat menafsirkannya sebagai prosesor tambahan dan menampilkannya di Device Manager pada komputer Windows 10 Aatau Windows 11 anda.




Device Manager Menampilkan Banyak Prosesor


Jika anda menemukan Device Manager menampilkan banyak prosesor di komputer anda, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa model prosesor di komputer anda. Sebagian besar prosesor modern terintegrasi dengan banyak core dan thread. Sebagai contoh, jika komputer anda menggunakan prosesor dengan 2 thread dan 8 core, maka total thread yang dimiliki oleh prosesor tersebut adalah 16. Windows akan mengenali dan menampilkan jumlah thread tersebut sebagai jumlah prosesor yang terdeteksi pada Device Manager.


Jika anda merasa bingung mengapa Device Manager menampilkan banyak prosesor, anda dapat memeriksa model dan spesifikasi prosesor yang digunakan pada komputer anda. Namun, jika anda menggunakan virtual machine, maka anda harus mengabaikan beberapa prosesor yang muncul pada Device Manager karena PC akan menampilkan prosesor yang dialokasikan untuk setiap virtual machine yang terinstall. Selain itu, prosesor dengan banyak core juga dapat menampilkan prosesor tambahan di Device Manager. Hal ini disebabkan oleh penggunaan hyperthreading atau system kompleks lainnya yang dapat menghasilkan banyak prosesor fisik yang terinstall pada perangkat anda.


Anda dapat memeriksa apakah prosesor yang anda gunakan asli. Pertama, kenali modelnya dan kemudian lihat berbagai cara untuk memeriksa prosesor Windows asli di website pabrikan Intel dan AMD.


Cara lain untuk memeriksa apakah prosesor itu asli adalah dengan menggunakan menu boot. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memeriksanya.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik msconfig dan tekan Enter untuk membuka System Configuration.
  • Di jendela System Configuration, alihkan ke tab Boot dan klik Advanced options.
  • Di jendela BOOT Advanced Options, hapus ceklist pada opsi Numbers of processors dan klik OK.
  • Setelah itu, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.




Memperbaiki Device Manager Menampilkan Banyak Prosesor


Setelah melakukan semua langkah diatas dan mengonfirmasi semua detail dan anda masih yakin bahwa prosesor memiliki beberapa masalah, anda dapat menjalankan beberapa solusi dan melihat apakah Device Manager akan menampilkan jumlah prosesor yang benar. Lakukan solusi berikut untuk memperbaiki Device Manager yang menampilkan banyak prosesor:



1. Langkah Awal


Jika Device Manager menampilkan banyak prosesor daripada yang sebenarnya anda miliki, maka ada beberapa tindakan awal yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut. Anda dapat mencoba hal-hal berikut ini.

  • Restart Komputer: Coba untuk merestart komputer anda terlebih dahulu. Hal ini mungkin cukup untuk memperbaiki masalah.
  • Periksa Suhu System: Pastikan suhu system anda dalam keadaan normal. Suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah dengan pengenalan prosesor. Ini termasuk suhu CPU, graphics card, motherboard dan lainnya.


  • Tutup Virtual Machine: Tutup semua virtual machine yang sedang berjalan di PC anda dan periksa apakah masalahnya teratasi.


Jika setelah melakukan tindakan awal ini, masalah masih terjadi, maka ada beberapa tindakan lanjutan yang dapat anda lakukan untuk memperbaikinya. Penting untuk diingat bahwa masalah ini mungkin juga disebabkan oleh masalah hardware. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya anda membawa komputer ke pusat servis resmi untuk diperiksa lebih lanjut.



2. Scan Virus dan Malware


Virus dan malware dapat menyebabkan berbagai masalah pada PC anda, termasuk masalah di Device Manager yang menunjukkan banyak prosesor. Jika anda mengalami masalah seperti itu, maka ada kemungkinan bahwa virus atau malware telah menyerang system anda.


Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya anda melakukan scan system secara menyeluruh untuk mencoba dan menghapus semua virus yang menyebabkan Device Manager menampilkan prosesor tambahan. Saya menyarankan untuk melakukan full scan system, meskipun membutuhkan waktu lebih lama daripada Quick scan.


Anda dapat menggunakan program anti-virus dan anti-malware terkemuka untuk melakukan scan system. Pastikan bahwa program tersebut selalu diupdate ke versi terbaru untuk memastikan deteksi virus yang lebih baik. Setelah scan selesai, pastikan untuk menghapus semua virus dan malware yang terdeteksi. Restart komputer anda dan periksa kembali Device Manager untuk melihat apakah masalah telah teratasi.


Untuk melakukan itu semua, anda dapat menggunakan Microsoft Defender Offline atau Bootable AntiVirus Rescue Media gratis.




3. Reset Windows


Jika Device Manager menunjukkan lebih banyak prosesor daripada yang sebenarnya dimiliki oleh system anda, maka kemungkinan besar system operasi Windows anda mengalami masalah. Salah satu cara untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan mereset Windows anda ke pengaturan pabrik.



Anda juga dapat memilih untuk memperbaiki Windows menggunakan berbagai metode seperti System Restore, Advanced Startup Repair dan lainnya.



Saya harap salah satu solusi diatas membantu anda.


Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Device Manager menampilkan banyak prosesor di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Device Manager Menampilkan Banyak Prosesor di Windows 10/11"