Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Cryptographic Services Menggunakan Disk dan CPU yang Tinggi di Windows 10/11

 


Cryptographic adalah service Microsoft Windows yang bertanggung jawab untuk mengenkripsi dan mendekripsi data yang sedang diakses oleh pengguna. Ini merupakan fitur keamanan penting yang digunakan untuk melindungi data sensitif dan mencegah akses yang tidak sah oleh orang yang tidak berwenang.


Namun, beberapa pengguna telah melaporkan bahwa Cryptographic Services dapat menghabiskan resource yang signifikan dari CPU dan disk mereka, yang pada akhirnya memperlambat performa/kinerja komputer mereka. Jika anda mengalami masalah ini, maka artikel ini akan memberrikan beberapa solusi untuk memperbaiki masalah ini secara detail.




Apa itu Cryptographic Service?


Cryptographic Service adalah proses resmi di system operasi Windows yang berfungsi untuk melakukan enkripsi dan dekripsi data yang disimpan di dalamnya. Tujuannya adalah untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan data dari pencurian. Dengan mengaktifkan service ini, bahkan jika data anda dicuri oleh seorang peretas, mereka tidak akan mudah mendekripsinya karena data tersebut telah dienkripsi.


Terdapat tiga management services yang disediakan oleh service tersebut yaitu;

  • Catalog Database Service: Service yang mengkonfirmasi tanda tangan (signature) file Windows dan memungkinkan program baru diinstall.
  • Protected Root Service: Service yang menambah dan menghapus sertifikat Trusted Root Certification Authority dari komputer.
  • Automatic Root Certificate Update Service: Service yang mengambil sertifikat root dari Windows Update dan mengaktifkan skenario seperti SSL.


Jika service ini dihentikan, maka management services ini tidak akan bekerja dengan baik dan jika dinonaktifkan, maka service lain yang bergantung padanya akan gagal untuk memulai.



Memperbaiki Cryptographic Services Menggunakan Disk dan CPU yang Tinggi


Ada banyak alasan mengapa penggunaan CPU dan Disk dapat meningkat. Anda dapat melakukan perbaikan umum untuk penggunaan CPU yang tinggi atau penggunaan Disk yang tinggi. Namun jika masalah ini disebabkan oleh Cryptographic Service di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka berikut adalah beberapa solusi yang dapat anda gunakan untuk memperbaikinya.



1. Perbaiki File System Anda


Salah satu cara terbaik untuk memperbaiki masalah pada system Windows adalah dengan memperbaiki file systemnya. Langkah ini dapat membantu menghilangkan kemungkinan file OS yang rusak sebagai penyebab masalah tersebut.




2.  Reset Folder catroot2


Cryptographic Service memanfaatkan file %windir%\System32\catroot2\edb.log untuk proses update. Mereset atau menghapus isi dari folder Catroot2 diketahui dapat memperbaiki masalah ini.



3. Scan Malware dan Virus


Virus seringkali meniru atau menyamar sebagai proses asli Windows untuk menyebabkan kerusakan pada system komputer anda. Jalur menuju file exe yang sah dari Cryptographic Services adalah sebagai berikut:

C:\WINDOWS\system32\svchost.exe -k NetworkService -p

Jadi, jika itu terletak di tempat lain, maka itu bisa menjadi malware. Oleh karena itu, anda perlu menscan PC anda menggunakan software antivirus anda agar aman. Anda dapat menggunakan Microsoft Defender offline atau bootable antivirus rescue media gratis untuk menyingkirkan malware atau virus dari komputer anda.


4. Restart atau Nonaktifkan Sementara Cryptographic Service

Cryptographic Service menggunakan algoritma untuk mengenkripsi dan mendekripsi data sehingga ini dapat mengkonsumsi banyak resource di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.

Untuk memperbaiki masalah ini, saya menyarankan anda untuk merestart service tersebut dan melihat apakah itu membantu. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services.
  • Di jendela Services, klik kanan pada Cryptographic Service dan pilih Restart.


  • Sekarang periksa apakah masalah teratasi atau tidak.
  • Jika tidak, maka klik dobel pada Cryptographic Service.
  • Di jendela properties, klik Stop pada bagian Service status.
  • Selanjutnya ubah Startup type ke Disable.
  • Kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.


Langkah ini akan memperbaiki masalah ini. Namun, saya menyarankan anda tidak menonaktifkan service ini. Ada baiknya anda merestart komputer anda setelah melakukan perubahan dan kemudian mengaktifkannya kembali (pilih Automatic pada bagian Startup type) setelah booting. Setelah itu lihat apakah masalah kembali muncul atau tidak.


5. Pecahkan Masalah dalam Clean Boot

Dalam Clean Boot, komputer akan dimulai dengan set driver dan program startup yang minimal. Semua proses dan service aplikasi pihak ketiga akan dihentikan. Dengan melakukan ini, kita dapat mengidentifikasi proses mana yang menyebabkan masalah yang terjadi. Oleh karena itu, dengan melakukan Clean Boot dan mencoba mengidentifikasi penyebab masalah secara manual bisa menjadi cara yang efektif.

Untuk menentukan aplikasi yang menjadi penyebab masalah, anda dapat mencoba menonaktifkan atau mengaktifkan proses secara manual. Setelah mengetahui service atau aplikasi yang menyebabkan masalah, anda dapat menonaktifkannya atau menguninstall aplikasi yang terkait dengan service tersebut untuk memperbaiki masalah.



Saya berharap anda dapat menyelesaikan masalah menggunakan salah satu solusi yang disebutkan dalam artikel ini.

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Cryptographic Services menggunakan Disk dan CPU yang tinggi di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Cryptographic Services Menggunakan Disk dan CPU yang Tinggi di Windows 10/11"