Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Menghentikan ''100% Disk Usage'' di Windows


100% Disk Usage. Jika kata-kata ini memiliki arti bagi anda, maka anda pasti tahu  karena ini akan membuat hati anda menjadi sangat tidak menyenangkan. Hal ini mengingatkan anda tentang waktu yang tak terhitung lamanya yang anda habiskan untuk menatap Windows Task Manager anda, dan bertanya-tanya apa sebenarnya yang menyebabkan masalah ini, yang membuat PC anda terhenti meskipun anda tidak menjalankan program apapun dan anda baru saja menyalakannya. Apakah anda pernah mengalaminya?

Ini adalah masalah yang mempengaruhi pengguna di Windows 7, 8, dan 10, dan biasanya berasal dari salah satu dari sejumlah proses di background. Dan kali ini saya akan membahasnya disini.


1. Jalankan CheckDisk

Hal pertama yang anda lakukan adalah mencari kerusakan dan kesalahan pada hard drive anda dan memperbaikinya. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan mencoba tool ChkDsk yang terpercaya yang ada di Windows.
  • Cari Command Prompt di Start Menu dengan mengetik cmd di pencarian, klik padanya dan pilih Run as administrator.
  • Di Command Prompt, ketik chkdsk /f /r C: untuk memeriksa dan secara otomatis memperbaiki error pada hard drive anda. (Ganti "C" dengan huruf apapun yang anda tetapkan untuk hard drive Windows utama anda).
  • Anda mungkin mendapatkan pesan yang mengatakan bahwa hard drive sedang digunakan dan menanyakan apakah anda ingin menjalankan CheckDisk ketika system dinyalakan kembali. Tekan Y dan reboot PC anda.
  • CheckDisk akan berjalan ketika anda me-reboot PC anda. Proses ini mungkin memakan waktu cukup lama, jadi bersabarlah. Setelah itu, hard drive anda akan kembali berfungsi dengan baik, dan penggunaan disk anda akan kembali normal (sekitar 1-10%).

2. Nonaktifkan Windows Services (Layanan Windows)

Jika tidak ada perubahan setelah CheckDisk, anda mungkin perlu menonaktifkan beberapa services background yang misterius dan rumit di Windows.
  • Cari Services di Start Menu dengan mengetik Services, lalu tekan Enter. Anda juga dapat membukanya  melalui RUN (Win + R) dan ketik services.msc dan tekan Enter.
  • Pada jendela Services, temukan services yang mengatakan Superfetch. Klik kanan padanya dan klik Stop. Kemudian buka Task Manager untuk melihat apakah disk usage (penggunaan disk) anda telah turun. Jika tidak, klik kanan Superfetch dan klik Start untuk membuatnya berfungsi kembali. Catatan : Untuk Windows 10, Superfetch berganti nama SysMain.
  • Coba hal yang sama dengan Services yang bernama Background Intelligent Transfer Service dan Windows Search. Klik kanan pada masing-masingnya dan klik Stop, lalu lihat apakah penggunaan disk menurun.
  • Jika penggunaan disk anda turun setelah menghentikan salah satu services, anda akan menemukan penyebabnya dan ingin menonaktifkan services secara permanen. Klik kanan pada services yang menyebabkan penggunaan disk menurun ketika dihentikan, klik Properties, lalu pada menu drop-down Startup type klik Disabled.


3. Nonaktifkan Tips Untuk Windows

Masih menderita dengan 100% disk usage yang ditakuti? Beberapa orang telah menemukan bahwa mematikan Tips untuk Windows telah membantu. Pergi ke Start - Settings - System - Notification & actions. Matikan Get tips, tricks, and suggestions as you use Windows.



4. Ubah Lokasi Pagefile

Pagefile adalah file pada hard drive anda yang memudahkan ketegangan pada RAM anda ketika melakukan aktivitas intensif memory di komputer anda. Jika penggunaan disk anda terus-menerus tinggi, itu bisa jadi karena pagefile anda terus-menerus digunakan untuk memproses informasi pada PC anda.


Salah satu solusinya adalah membeli lebih banyak RAM. Atau, jika anda memiliki lebih dari satu hard drive di PC anda, anda dapat dengan mudah memindahkan pagefile ke hard drive non-system. Hard drive utama anda selalu berfungsi untuk membuat Windows tetap berjalan, jadi dengan memindahkan pagefile, itu akan membantu menyebarkan beban. Untuk melakukannya, baca tutorial saya tentang Cara Mengubah Ukuran dan Lokasi Pagefile di Windows.


5. Opsi Terakhir : Beli SSD


Salah satu solusi di atas seharusnya bekerja, tetapi jika anda menemukan bahwa ketika anda menggunakan PC anda, anda terus-menerus dihantui dengan 100% disk usage, maka mungkin anda layak berinvestasi dengan SSD. Tanpa diragukan lagi salah satu bagian terbaik dari hardware PC dalam beberapa tahun terakhir, SSD membuat waktu muat pada PC anda lebih cepat dan dapat menangani sejumlah besar tugas dan proses simultan tanpa perlambatan. Selain itu, menjalankan Windows dengan SSD akan memungkinkan anda menggunakan hard drive SATA lama anda untuk tugas-tugas lain tanpa terlalu memaksakannya.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat membantu menyelesaikan persoalan anda. Apakah salah satu metode di atas menyelesaikan 100% Disk Usage anda? Bagikan dengan saya dan lainnya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "5 Cara Menghentikan ''100% Disk Usage'' di Windows"