Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Disconnected from Steam di Call of Duty: Warzone 2

 


Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang cara memperbaiki error Disconnected from Steam di game Call of Duty: Warzone 2. Banyak player Warzone 2 mengeluhkan error ini saat bermain game. Error ini kemungkinan besar disebabkan karena masalah konektivitas internet. Namun, ada beberapa alasan lain yang terus memicu error ini. Beberapa penyebab potensial termasuk cache rusak yang disimpan di Steam, instalasi file yang tidak lengkap, masalah server yang tersebar luas, file game yang terinfeksi, pemblokiran firewall, pengaturan graphics dalam game dan lainnya. Apapun penyebab yang anda alami, saya akana membantu anda menyelesaikannya. Anda dapat mengikuti metode yang saya sarankan disini untuk menghilangkan error yang ada.




Memperbaiki Error Disconnected from Steam di Call of Duty: Warzone 2


Berikut adalah beberapa metode perbaikan yang disarankan untuk memperbaiki error Disconnected from Steam di Call of Duty Warzone 2 di PC Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Restart Steam


Langkah pertama untuk mengatasi error ini adalah meluncurkan ulang aplikasi Steam dan periksa apakah error dapat diatasi. Error ini dapat disebabkan karena masalah sementara pada aplikasi Steam. Karenanya, merestart Steam akan membantu anda memperbaikinya. Anda selanjutnya dapat mencoba merestart komputer anda dan kemudian mencoba membuka kembali Steam dan menjalankan game untuk memeriksa apakah error telah teratasi. Jika tidak, anda dapat menggunakan beberapa solusi lain dibawah ini untuk memperbaiki error tersebut.



2. Periksa Status Server


Hal lain yang harus anda lakukan adalah memeriksa status server dari Call of Duty: Warzone 2 saat ini dan memastikan bahwa server aktif dan berjalan. Error Disconnected from Steam di Warzone 2 ini mungkin disebabkan oleh masalah server yang sedang berlangsung. Anda juga, perlu memeriksa status server Steam karena masalahnya mungkin ada di akhir Steam.



Anda dapat menggunakan pendeteksi status server gratis untuk menentukan status server game dan Steam saat ini. Ada website gratis seperti Downdetector, DownForEveryoneOrJustMe dan lainnya yang dapat membantu anda melakukannya. Setelah anda memastikan status server baik-baik saja, anda dapat melanjutkan ke perbaikan berikutnya. Jika tidak dan memang ada masalah pada server, maka anda harus menunggu hingga masalah diperbaiki dari ujung server.



3. Beralih ke Koneksi Kabel


Disarankan untuk menggunakan koneksi kabel (Ethernet) untuk bermain game. Dibandingkan dengan koneksi internet wireless, koneksi kabel lebih disukai oleh para gamer karena lebih andal dan memberikan pengalaman bermain game yang mulus. Ini membantu mengurangi lag, meningkatkan FPS, serta meminimalkan masalah konektivitas dalam game seperti Warzone 2. Jadi, anda dapat beralih ke koneksi kabel, kemudian meluncurkan Steam dan membuka Warzone 2 untuk memeriksa apakah error tersebut sudah diperbaiki atau belum. Anda dapat mengatur PC anda untuk menonaktifkan WiFi secara otomatis saat terhubung ke koneksi kabel.


Jika anda ingin terus menggunakan koneksi wireless, lanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya untuk menyelesaikan error Disconnected from Steam di Call of Duty: Warzone 2.



4. Hapus Cache Download Steam


Error Disconnected from Steam di Call of Duty: Warzone 2 mungkin dipicu karena cache download yang rusak disimpan di Steam. Jika skenarionya berlaku pada anda, maka anda dapat menghapus cache download di Steam dan kemudian melihat apakah error dapat diperbaiki atau tidak. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus cache download di Steam.

  • Pertama, buka Steam.
  • Kemudian, klik menu Steam dan pilih Settings.
  • Selanjutnya, klik Download di panel kiri.
  • Setelah itu, klik CLEAR DOWNLOAD CACHE di panel kanan dan klik OK di jendela konfirmasi.
  • Setelah melakukan itu, restart aplikasi Steam.



Setelah melakukan langkah-langkah diatas, periksa apakah masalah pada game Warzone 2 masih berlanjut atau telah diperbaiki. Jika error masih terus muncul, lakukan solusi perbaikan berikutnya.



5. Bersihkan Cache DNS dan Reset Winsock


Penyebab potensial lain dari error ini adalah cache DNS yang rusak dan masalah konektivitas internet lainnya. Oleh karena itu, jika skenario berlaku, maka anda dapat memecahkan masalah konektivitas internet dengan menghapus cache DNS dan mereset konfigurasi IP. Untuk melakukannya, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk Command Prompt dengan hak admin. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan kemudian memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut dibawah ini satu per satu sambil menekan Enter.
ipconfig/flushdns
ipconfig/release
ipconfig/renew
netsh winsock reset


Setelah menjalankan semua perintah, buka Steam dan luncurkan kembali Warzone 2 untuk memeriksa apakah error sudah hilang sekarang.


6. Verifikasi Integritas File Game

Jika error masih berlanjut, anda perlu memverifikasi dan memperbaiki file game Warzone 2 dan memeriksa apakah error dapat diperbaiki. Error Disconnected from Steam ini dapat difasilitasi dengan sangat baik karena masalah dengan file game anda, seperti instalasi tidak lengkap, file rusak, file hilang dan lainnya. Jika memang demikian, maka anda dapat menggunakan opsi Verify integrity of game files di Steam untuk memperbaiki file game anda. Ini pada akhirnya akan memperbaiki error untuk anda.



7. Izinkan Steam dan Warzone 2 melalui Windows Firewall

Sering kali, error seperti ini dipicu karena gangguan firewall. Firewall anda mungkin memblokir koneksi antara klien game dan server dan mungkin juga Steam, itulah sebabnya anda mendapatkan error Disconnected from Steam di Call of Duty: Warzone 2. Sekarang, untuk memeriksanya, anda dapat menonaktifkan sementara firewall anda dan kemudian melihat apakah errornya hilang. Jika ya, maka anda dapat mengizinkan Steam dan Warzone 2 melalui firewall anda untuk memperbaiki error tersebut.

Untuk mengizinkan Steam dan Warzone 2 melalui Windows Firewall, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka Windows Security dan pilih Firewall and network protection.
  • Di halaman berikutnya, klik Allow an app through Firewall.
  • Setelah itu, klik Change settings agar anda dapat menambahkan game Warzone 2 dan Steam ke daftar.
  • Jika anda tidak melihat keduanya dalam daftar, maka klik Allow another app untuk menambahkan game dan Steam ke daftar. Anda perlu mencari file executable (.exe) dari COD: Warzone 2 dan juga Steam.
  • Setelah menambahkannya, beri ceklist pada kolom Public dan Private untuk COD: Warzone 2 dan Steam.
  • Terakhir, klik OK untuk menyipan pengaturan anda.


Setelah melakukannya, luncurkan kembali game untuk memeriksa apakah error Disconnected from Steam sudah hilang atau belum.


8. Aktifkan/Nonaktifkan VPN

Jika anda menggunakan VPN atau GPN di komputer anda, maka coba nonaktifkan itu dan jalankan game untuk memeriksa apakah error tidak terjadi lagi atau tidak. VPN dapat menyebabkan masalah koneksi dalam game pada beberapa skenario dan oleh karena itu, anda perlu menonaktifkan VPN dengan memutuskan koneksi VPN anda.


Di sisi lain, anda dapat mencoba menggunakan VPN dan kemudian memainkan game untuk memeriksa apakah error Disconnected from Steam di Call of Duty: Warzone 2 dapat diperbaiki atau tidak.


9. Nonaktifkan On-Demand Texture Streaming

Hal selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki masalah ini adalah menonaktifkan fitur On-Demand Texture Streaming di game Warzone 2. Fitur ini mungkin menyebabkan masalah konektivitas dalam game. Oleh karena itu, lebih baik menonaktifkannya dan kemudian memainkan kembali game. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menonaktifkan On-Demand Texture Streaming di Warzone 2.
  • Buka game Warfare 2 dan klik ikon roda gigi untuk masuk ke Settings game.
  • Setelah itu, pilih Graphics di panel kiri dan alihkan ke tab Quality di panel tengah.
  • Selanjutnya, pergi ke bagian Details & Textures dan nonaktifkan opsi On-Demand Texture Streaming ke Off.
  • Setelah itu, klik Apply Settings untuk menyimpan pengaturan anda.


Setelah menonaktifkannya, periksa apakah error teratasi atau tidak. Jika tidak, anda dapat melanjutkan ke perbaikan berikutnya.


10. Install Ulang Steam

Jika tidak ada solusi di atas yang berhasil untuk anda, maka upaya terakhir untuk memperbaiki error Disconnected from Steam adalah menginstall ulang aplikasi Steam. Instalasi aplikasi yang rusak juga dapat menyebabkan error seperti ini. Oleh karena ituanda perlu memperbaiki Steam yang error. Untuk itu, anda dapat uninstall aplikasi Steam dari komputer anda dan bersihkan file sisanya. Setelah itu, download Steam dan install kembali di komputer anda. Selanjutnya periksa apakah error sudah diperbaiki atau belum.


11. Beralih ke Game Launcher Battle.net

Jika masalah terus berlanjut, maka anda dapat menggunakan game launcher Battle.net untuk memainkan game Warzone 2 di PC anda. Ini adalah solusi terakhir yang dapat anda coba. Untuk itu, download Battle.net dan install di komputer anda. Setelah itu install juga game Warzone 2 dan mainkan. Error yang sama tidak akan anda temukan kembali.


Error Disconnected from Steam pada game Warzone 2 di PC anda dapat terjadi jika anda menghadapi masalah konektivitas internet. Karenanya, pastikan anda terhubung ke koneksi internet yang andal dan kuat. Anda dapat memecahkan masalah konektivitas dengan merestart router anda dan mereset IP address anda. Selain itu, pastikan server game berjalan saat ini.

Anda juga dapat mencoba menjalankan Steam dalam mode administrator, mengizinkan download di background dan mengubah bandwidth Steam dan download region untuk mempercepat download Steam anda. Mengoptimalkan komputer Windows anda untuk game online juga dapat meningkatkan performa dan mungkin dapat memperbaiki error yang anda hadapi.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Disconnected from Steam di Call of Duty: Warzone 2 di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Disconnected from Steam di Call of Duty: Warzone 2"