Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Steam yang Error

 


Anda bisa menggunakan semua game gratis yang anda inginkan dan anda bisa mencoba menjadi seperti Microsoft untuk menemukan semua metode aneh agar bisa mengklaim game PC untuk anda sendiri. Tapi anda tidak akan pernah bisa mengalahkan Steam. Bagi orang-orang yang serius dengan game PC, tidak ada pilihan selain menginstal frontend gaming yang hebat dari Valve ini.


Tetapi jika Steam berhenti berfungsi dengan semestinya, atau anda tidak dapat melakukan pembayaran, atau tidak bisa terbuka sama sekali, anda secara efektif terkunci dari dunia yang penuh dengan game tersebut. Jadi, inilah beberapa perbaikan Steam untuk memastikan hal itu tidak terjadi.



1. PayPal Tidak Bekerja


Ada fitur praktis yang menghubungkan PayPal dan Steam dengan mulus, membuatnya cepat dan mudah untuk membeli game menggunakan platform pembayaran yang populer ini. Namun terkadang link ini bisa salah, dan anda akan mendapatkan pesan yang mengatakan anda tidak dapat membeli game yang anda inginkan.


Dalam kasus ini, yang terbaik adalah membatalkan link Steam dari PayPal dan menyambungkannya kembali.


Untuk melakukan ini, klik ikon profil anda di sudut kanan atas Steam, lalu klik Account details. Di halaman baru di bawah Story & Purchase History, klik Delete di samping detail PayPal anda.




Anehnya, anda tidak bisa menambahkan PayPal sebagai metode pembayaran lagi disini. Untuk menambahkan kembali PayPal, anda harus keluar saat membeli game, lalu pilih PayPal dari menu dropdown metode pembayaran.




Masukkan detail anda, dan semoga pengaturan ulang link Steam-PayPal ini akan membuat anda kembali aktif dan dapat dijalankan kembali.



2. Jalankan Steam sebagai Administrator


Mari kita mulai dengan solusi paling sederhana, yaitu menjalankan Steam sebagai administrator system. Ini akan memastikan bahwa tidak ada masalah keamanan atau izin yang memblokir Steam agar tidak terbuka atau berfungsi dengan baik untuk game tertentu.


Di satu sisi, anda cukup mengeklik kanan shortcut Steam di desktop anda dan mengklik Run as administrator.


Tetapi jika anda ingin Steam selalu berjalan sebagai administrator, anda dapat pergi ke direktori instalasi Steam anda (C:\Program Files (x86)\Steam), lalu klik kanan pada Steam yang dapat dieksekusi dan klik Properties.


Selanjutnya, pilih tab Compatibility di jendela Properties dan beri ceklist pada kotak Run this program as an administrator kemudian klik Apply dan OK.




Setelah anda melakukannya, maka Steam anda sekarang akan selalu berjalan sebagai admin sampai anda kembali ke jendela yang sama untuk menghapus ceklist pada kotak Run this program as an administrator.



3. Update (atau Roll Back) Driver GPU Anda


Salah satu alasan yang diketahui untuk Steam yang mengalami crash saat startup terkait dengan driver GPU. Selama bertahun-tahun, ada beberapa update GPU pada sisi AMD dan Nvidia yang menyebabkan Steam tidak berfungsi dengan baik, dan ada kemungkinan beberapa kejadian aneh selama update GPU telah menyebabkannya berhenti bekerja dengan Steam.


Mengupdate driver GPU anda harus menjadi proses sederhana yang dilakukan baik melalui GeForce Experience (Nvidia) atau Pengaturan Radeon (AMD). Cukup klik Check for driver updates di salah satu aplikasi, lalu download driver terbaru.




Untuk roll back atau mengembalikan driver GPU ke versi sebelumnya, makan anda harus membuka halaman resmi untuk driver Nvidia atau driver AMD, kemudian cari dan download versi driver sebelum versi yang sudah terinstall saat ini.



4. Perbaiki Error Code: -107


Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi pengguna Steam desktop sebenarnya menggunakan Chromium, versi open-source Google Chrome yang ringan, bekerja dengan cara yang hampir sama. Itu berarti Steam dapat mengalami error yang sama seperti browser web biasa, termasuk error code yang ditakuti: -107, error SSL protocol.


Solusi untuk ini bisa sangat sederhana. Langkah pertama adalah pastikan anda menggunakan Windows versi terbaru. Selanjutnya, buka pengaturan Date & Time di Settings app Windows dan alihkan kedua opsi ke Set time automatically dari Off dan On.




Solusi lain yang mungkin untuk ini adalah menghapus client file beta dan kembali ke build Steam yang stabil jika anda belum memilikinya. Ini membawa kita ke poin berikutnya.



5. Hapus Client File "Beta"


Jika anda menjalankan Steam dengan build beta, atau memang jika anda telah menjalankan Steam dengan build beta pada titik manapun dalam memory baru-baru ini, maka anda membuat sedikit risiko Steam menjadi tidak berfungsi.


Bagaimanapun, versi beta kurang stabil dibandingkan dengan versi rilis yang pastinya sudah stabil. Inilah harga yang harus anda bayar jika mencoba fitur terbaru sebelum versi stabilnya dirilis.


Jadi jika anda berada dalam situasi ini dan Steam tidak dapat mulai, maka anda perlu menonaktifkan client file beta tanpa benar-benar masuk ke Steam. Untuk melakukan ini, buka folder package di direktori Steam anda (C:\Program Files (x86)\Steam\package) dan hapus file bernama beta.



6. Gagal Memuat SteamUI.dll


Salah satu masalah yang lebih umum di Steam adalah error Steamui.dll yang ditakuti dimana Steam gagal menemukan file DLL yang perlu dibuka. Ada beberapa solusi yang mungkin untuk ini.


Dalam kebalikan dari tips ksaya sebelumnya, anda dapat 'mengelabui' Steam dengan berpikir bahwa versi Steam yang anda jalankan saat ini adalah versi beta. Untuk melakukan ini, buka folder instalasi Steam anda (C:\Program Files (x86)\Steam), kemudian cari Steam.exe. Klik kanan padanya, kemudian pilih Create Shortcut.


Klik kanan shortcut Steam.exe, dan pilih Properties. Kemudian di kotak Target tambahkan -clientbeta client_candidate ke akhir direktori target. Jadi dalam kasus saya, jalur pada kotak Target akan seperti dibawah ini.


"C:\Program Files (x86)\Steam\steam.exe" -clientbeta client_candidate



Mulai sekarang, gunakan shortcut ini untuk menjalankan Steam, dan anda akan baik-baik saja. Untuk menambahkan shortcut ke Start menu, klik kanan padanya dan pilih Pin to start.


7. Hapus Appcache

Folder appcache di direktori Steam anda menyimpan berbagai data tentang aplikasi dan pengaturan Steam anda. Pada dasarnya, ia mengingat semua detail kecil setiap kali anda membuka Steam, memastikan bahwa lain kali anda menjalankan Steam, semuanya akan bekerja sedikit lebih cepat. Namun, ada yang bisa salah dengan cache. Ia juga dapat "salah mengingat" yang mungkin menjadi penyebab Steam tidak dapat dibuka.

Untuk memperbaikinya, coba hapus folder appcache. Jangan khawatir, ini akan dibuat ulang saat anda membuka Steam.

Pertama, buka direktori Steam anda (C:\Program Files (x86)\Steam\appcache), lalu copy dan paste semua folder dan file di folder appcache ke lokasi yang aman (untuk berjaga-jaga).



Setelah anda selesai melakukannya, anda dapat langsung menghapus semua isi di folder appcache di direktori Steam anda. Setelah itu, coba jalankan kembali Steam anda. Jika berfungsi dengan baik, maka anda dapat menghapus folder appcache yang anda copas tadi, karena folder baru yang sehat akan telah dibuat sebagai gantinya.


8. Periksa Apakah Server Steam Down

Ketika ada yang tidak beres, naluri dapat membuat anda menjadi stres dan mulai mencari solusi yang sulit untuk apa yang anda yakini pasti merupakan masalah yang mengerikan dan berpotensi fatal dengan PC anda.

Jangan lakukan itu. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memeriksa apakah server Steam sedang down dimana itu terjadi ketika ada pemeliharaan atau semacam masalah yang menyebabkan pemadaman. Situs terbaik untuk melakukan pengecekkan ini adalah Steamstat.us. Ia akan memberikan informasi mendetail tentang beban server, server mana yang aktif, dan sebagainya.



Buka situs ini dan lihat apakah server regional anda mengalami masalah. Jika ya, anda mungkin harus menunggu. Jika tidak, baca solusi lainnya.


9. Tidak Ada Yang Terjadi Saat Mencoba Membuka Steam

Steam dibagi menjadi beberapa proses terpisah di PC anda yang membantunya berjalan dengan baik dan lancar. Terkadang ketika anda mencoba membuka Steam, ini dapat menyebabkan error kecil saat proses dimulai di PC anda, tetapi Steam tidak benar-benar muncul di desktop atau area notifikasi anda. Anda mencoba membukanya lagi, tetapi secara harfiah tidak ada yang terjadi.



Ini mungkin karena proses Steam telah dimulai, tetapi bagian yang berhubungan dengan menampilkan UI Steam belum. Jika ini terjadi pada anda, maka tekan Ctrl + Shift + Esc. Di Task Manager, klik More details di kiri bawah jika itu belum dipilih. Selanjutnya gulir ke bawah di tab Processes hingga anda mencapai Steam – Steam Client Bootstrapper, Client Service, WebHelper, dan seterusnya. Klik kanan semua proses Steam yang anda lihat disini dan klik End task.

Setelah tidak ada lagi proses Steam yang terbuka, coba buka kembali Steam dan itu akan berfungsi.


10. Lakukan Trik Quick Reinstall

Jika semua metode diatas gagal dan Steam anda masih belum terbuka, ada cara cepat untuk menginstallnya kembali sambil menjaga semua preferensi dan game anda tetap utuh. Di folder instalasi Steam anda, hapus semuanya selain Steam.exe, steamapps, dan userdata.



Selanjutnya, klik dobel pada Steam.exe dan biarkan menginstal ulang. Jika anda ingin folder Steam baru dipasang di tempat lain di PC anda, anda dapat memindahkan Steam.exe, steamapps, dan userdata ke lokasi lain sebelum anda melakukan ini.

Tunggu proses penginstalannya selesai dan jalankan kembali Steam anda. Semoga itu berjalan kembali seperti biasanya.


Sekian tutorial kali ini, semoga membantu menyelesaikan masalah anda. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Steam yang Error"