Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Nonaktifkan WiFi Secara Otomatis Saat Terhubung ke Koneksi Kabel


Hampir setiap laptop di luar sana memiliki konektivitas WiFi sehingga anda dapat terhubung ke Internet secara wireless dan tidak perlu repot dengan kabel ethernet. Namun, koneksi kabel (wired connection) memberi anda kecepatan transfer dan stabilitas yang lebih baik daripada koneksi WiFi biasa. Windows mengetahui hal ini, dan segera setelah anda terhubung ke kabel ethernet, ia menyukai koneksi kabel dan akan beralih ke itu.

Tetapi kadang-kadang peralihan mungkin tidak terjadi karena alasan tertentu, dan anda mungkin masih menggunakan WiFi. Bahkan jika Windows anda beralih ke koneksi kabel, WiFi anda masih tetap aktif. Tidak perlu dijelaskan lagi bahwa WiFi dapat dengan mudah menguras baterai laptop anda. Karena itu selalu merupakan ide yang baik untuk menonaktifkan WiFi ketika anda terhubung ke koneksi kabel. Hal yang baik adalah anda dapat mengotomatisasi proses ini. Dan inilah cara melakukannya.


Matikan WiFi Saat Terhubung ke Ethernet

Agar Windows secara otomatis mematikan WiFi saat terhubung ke koneksi kabel, yang harus anda lakukan adalah mengubah pengaturan di properties WiFi network card.

Anda dapat memulai dengan mencari Control Panel di Start Menu dan membukanya.

Di Control Panel pastikan tampilannya diatur ke Category, dan klik tautan yang bertuliskan View network status and tasks di bawah bagian Network and Internet.


Dengan anggapan anda terhubung dengan jaringan WiFi, klik tautan WiFi di bawah bagian View your active networks. Jika anda terhubung ke koneksi kabel, klik tautan Change adapter settings yang muncul di panel kiri, klik kanan pada adaptor WiFi anda dan pilih Status.


Di jendela Status klik pada tombol Properties.


Tindakan di atas akan membuka jendela properties WiFi. Disini, klik tombol Configure.


Di jendela ini navigasikan ke tab Advanced dan pilih opsi Disable Upon Wired Connect di bawah bagian Property. Disisi kanan pilih Enabled dari menu dropdown di bawah bagian Value. Klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.


Catatan: jika anda tidak dapat melihat opsi Disable Upon Wired Connect di tab Advanced, itu berarti WiFi card anda tidak mendukung fitur ini. Ikuti metode lain yang dibahas di bawah ini.

Itu dia. Windows sekarang akan secara otomatis menonaktifkan WiFi segera setelah anda terhubung ke koneksi kabel.


Matikan WiFi Saat Terhubung ke Ethernet dengan Software

Jika WiFi card anda tidak memiliki opsi untuk menonaktifkan WiFi secara otomatis, Anda dapat menggunakan software ringan yang disebut WirelessAutoSwitch. Ini tidak gratis, dan akan dikenakan biaya sekitar $8 setelah masa percobaan 30 hari.


Sisi baiknya, WirelessAutoSwitch sangat mudah digunakan. Cukup instal softwarenya, dan anda siap melakukannya. Saat anda menghubungkan kabel ethernet, WiFi akan dinonaktifkan. Segera setelah anda mencabut kabel ethernet, WiFi akan secara otomatis diaktifkan dan Windows dapat terhubung ke jaringan WiFi yang tersedia.

Jika anda mencari alternatif gratis, anda dapat mencoba skrip PowerShell WLAN Manager. Namun, skrip ini belum diperbarui dalam dua tahun terakhir dan mungkin tidak berfungsi untuk beberapa network card. Namun anda patut mencobanya, siapa tahu berfungsi pada network card anda.

Untuk memulai, download file zip dari situs web resmi dan ekstrak.

Buka PowerShell dengan hak admin dan navigasikan ke folder yang diekstrak. Sebelum anda dapat menjalankan skrip, anda harus memiliki izin yang tepat. Jalankan perintah di bawah ini:

Set-ExecutionPolicy RemoteSigned

Saat diminta, ketik A dan tekan tombol Enter untuk mengkonfirmasi tindakan.

Sekarang, jalankan perintah di bawah ini untuk membuat scheduled task yang menonaktifkan WiFi saat anda terhubung ke koneksi kabel. Sama seperti software WirelessAutoSwitch, WiFi akan secara otomatis diaktifkan ketika anda mencabut kabel ethernet.

.\WLANManager.ps1 -Install:System

Sekarang silahkan anda coba. Jika skrip tidak berfungsi sebagaimana dimaksud, gunakan perintah di bawah ini untuk menghapus instalan WLAN Manager.

.\WLANManager.ps1 -Remove:System

Itlah beberapa cara yang perlu anda lakukan agar peralihan dapat berjalan pada laptop atau PC desktop anda. Semoga dapat membantu. Tinggalkan komentar anda di bawah ini berbagi pemikiran dan pengalaman anda tentang menggunakan metode di atas untuk secara otomatis menonaktifkan WiFi ketika kabel ethernet tersambung. Atau anda mempunyai aplikasi gratis atau cara lain yang patut dicoba, silahkan bagikan dengan yang lainnya. Terimakasih danGBU.

Post a Comment for "Cara Nonaktifkan WiFi Secara Otomatis Saat Terhubung ke Koneksi Kabel"