Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Disconnected from Steam pada Game Call of Duty: Modern Warfare 2 di Windows 10/11

 


Jika saat anda mencoba meluncurkan atau saat memainkan Call of Duty: Modern Warfare II anda mengalami crash dan mendapatkan pesan error yang menyatakan Disconnected from Steam di komputer gaming Windows 10 atau Windows 11 anda, maka artikel ini dimaksudkan untuk membantu anda dengan beberapa solusi yang paling berlaku untuk memperbaiki error ini. Gamer yang terkena dampak melaporkan bahwa mereka mengalami masalah ini hanya pada game COD: MW2 dan tidak pada game lain di Steam dan error ini terjadi beberapa kali dalam sehari.



Anda kemungkinan akan terus mendapatkan error Disconnected from Steam untuk game Call of Duty: Modern Warfare II pada komputer gaming Windows 10 atau Windows 11 anda karena beberapa alasan, tetapi hal utama yang menyebabkan error ini adalah masalah konektivitas internet/network. Jadi, untuk memecahkan masalah, anda dapat memeriksa koneksi internet anda, dan jika memungkinkan, coba koneksi internet lain. Misalkan jika anda terhubung ke perangkat internet anda melalui Wi-Fi, maka coba koneksi kabel (ethernet). Anda juga dapat memastikan game Call of Duty: Modern Warfare II diizinkan melalui firewall anda.



Memperbaiki Error Disconnected from Steam pada Game Call of Duty: Modern Warfare 2


Jika game Call of Duty: Modern Warfare II gagal diluncurkan atau crash selama bermain game dan menampilkan pesan error Disconnected from Steam, maka metode perbaikan yang saya rekomendasikan dibawah ini dapat anda terapkan untuk menyelesaikan masalah pada komputer game Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Daftar Periksa Awal


Sebelum anda melanjutkan dengan solusi dengan benar, anda dapat melakukan hal-hal berikut ini dan setelah menyelesaikan masing-masing opsi, lihat apakah masalahnya dapat dipecahkan.

  • Log out dari Steam dan Login kembali.
  • Restart komputer game anda. Jika ada error sementara yang terjadi pada booting sebelumnya, maka dengan merestart komputer anda, itu dapat memperbaikinya.
  • Pastikan game dan semua driver telah diupdate.
  • Bersihkan cache download Steam menggunakan Steam Cleaner.

    • Untuk melakukan ini, jalankan Steam.
    • Kemudian klik Steam dan pilih Settings.
    • Setelah itu, klik Downloads di panel kiri dan klik CLEAR DOWNLOAD CACHE di panel kanan.
    • Setelah itu, klik OK untuk mengkonfirmasi penghapusan cache.



Jika setelah melakukan langkah-langkah diatas tidak menyelesaikan masalah ini di komputer anda, maka lanjutkan ke metode perbaikan selanjutnya.



2. Periksa Status Server Modern Warfare II


Server Activision mungkin sedang dalam pemeliharaan dan oleh karena itu anda mendapatkan error Disconnected from Steam untuk game Modern Warfare II. Jadi, pertama-tama anda dapat memeriksa status server Modern Warfare 2 saat ini dan jika server game sedang down, maka tidak banyak yang dapat anda lakukan selain menunggu beberapa saat hingga server game kembali online sebelum anda melompat kembali ke gameplay anda. Di sisi lain, jika server aktif dan berjalan tetapi masalah tetap ada, maka anda dapat melanjutkan dengan solusi berikutnya.




3. Jalankan Game Call of Duty: Modern Warfare II dari Launcher Battle.net


Beberapa gamer PC yang terpengaruh melaporkan bahwa mereka dapat mengatasi masalah tersebut dengan menjalankan game dari launcher Battle.net. Jika aplikasi Battle.net menampilkan tombol Install, tetapi anda telah menginstall game tersebut, maka cukup klik Locate the game di bawah tombol Install untuk memilih folder tempat anda menginstall game tersebut. Setelah folder yang benar dipilih, maka tombol Install akan menjadi tombol Play.


Jadi, anda dapat mencobanya dan melihat apakah launcher ini juga cocok untuk anda. Jika tidak, anda dapat melanjutkan ke metode perbaikan berikutnya.




4. Putuskan Sambungan dari VPN/GPN (jika ada)

Dalam keadaan normal, VPN/GPN tidak dapat mempercepat koneksi internet anda dimana ada satu pengecualian yaitu jika Internet Service Provider (ISP) anda telah menyiapkan semacam blok yang biasanya disebut Bandwidth Throttling pada koneksi yang secara artifisial membatasi kecepatan koneksi anda. Dalam kasus lain, VPN hanya dapat memperlambat koneksi anda.

Jadi, jika anda terputus dari Steam saat bermain game Call of Duty: Modern Warfare II di komputer gaming Windows 10 atau Windows 11 anda dan anda berada di belakang VPN, maka itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor termasuk jarak, beban server dan enkripsi. Itu semua dengan beberapa faktor kecil yang berdampak pada kecepatan koneksi VPN. Biasanya, saat anda terhubung ke internet, anda akan terhubung ke server ISP anda terlebih dahulu dan kemudian ke website yang ingin anda kunjungi. Saat menggunakan VPN, koneksi hanya dialihkan dari server ISP anda ke server VPN dan kemudian ke website.

Anda dapat menjalankan speed test seperti seperti NetSpeedMonitor, Network Speed Test atau Speedtest by Ookla dengan VPN yang dinonaktifkan dan diaktifkan. Meskipun hasilnya biasanya tidak akurat karena seperti server manapun, server ISP anda dapat mengalami beban berat atau hal lain yang memengaruhi kecepatan anda. Jika pengujian pertama anda dengan VPN diaktifkan, masalah tersebut tejadi dan pengujian kedua anda dengan VPN dinonaktifkan, masalah tidak terjadi, maka itu bisa menjadi jalan keluar anda. Anda kemudian dapat menghapus VPN dari komputer anda jika perlu.



5. Beralih ke Koneksi Kabel (Ethernet)

Kenyamanan yang datang dengan koneksi Wi-Fi terutama jika anda menghubungkan beberapa perangkat ke jaringan yang sama karena koneksi wireless menggunakan saluran bersama untuk mengirimkan data ke banyak komputer, ponsel, konsol game di rumah anda, namun itu juga dapat memperlambat kecepatan anda. Dalam hal ini, setidaknya selama anda memainkan game, beralihlah ke koneksi kabel (Ethernet) karena itu dapat meningkatkan konektivitas internet di komputer anda. Anda dapat mengatur untuk menonaktifkan WiFi secara otomatis saat terhubung ke koneksi kabel.


Jika karena alasan tertentu anda saat ini terhubung melalui ethernet dan mengalami masalah ini, maka anda dapat menggunakan antarmuka WiFi dan meningkatkan sinyal WiFi anda.


Semoga itu dapat membantu anda. Anda juga dapat mengoptimalkan Windows 10 atau Windows 11 untuk game online.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Disconnected from Steam pada Game Call of Duty: Modern Warfare 2 di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Disconnected from Steam pada Game Call of Duty: Modern Warfare 2 di Windows 10/11"