Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meningkatkan Kecepatan Koneksi Internet di Windows 10/11

 


Ada banyak sekali aplikasi yang menjanjikan fungsionalitas jaringan yang lebih tinggi dan kecepatan Internet yang ekstrim. Biasanya, aplikasi ini tidak menampilkan apapun selain antarmuka yang menarik perhatian sambil menyedot uang dari dompet anda tanpa manfaat yang realistis. Beberapa dari mereka bahkan mungkin malware.


Dari pada anda mengeluarkan uang hanya untuk membeli aplikasi palsu tersebut, ada baiknya anda mencoba beberapa metode di artikel ini untuk mempercepat koneksi internet anda. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan kecepatan internet anda tanpa harus membayar untuk aplikasi tersebut. Mengutak-atik koneksi Internet anda untuk metode ini akan melibatkan lebih dari sekadar aplikasi palsu tersebut.


Peringatan: Semua perubahan di bawah ini melibatkan pengeditan registry. Akibatnya, anda harus melanjutkan metode ini dengan hati-hati. Membuat backup registry anda sebelum melakukan salah satu modifikasi yang disebutkan di bawah ini adalah hal yang wajib! Penghapusan dan modifikasi yang tidak disengaja di registry dapat merusak fungsionalitas komputer anda. Jadi hal terbaik adalah membackup registry anda atau membuat system restore point terlebih dahulu sebelum melanjutkan.



1. IRPStackSize


IRPStackSize (I/O Request Packet Stack Size) menunjukkan berapa banyak buffer penerima 36-byte yang dapat digunakan komputer anda secara bersamaan. Ini memungkinkan komputer anda menerima lebih banyak data pada saat yang bersamaan. Jika anda memiliki koneksi Internet dengan kecepatan besar (lebih dari 10 Mbps), maka anda akan mendapatkan keuntungan dari ini. Bagi anda dengan koneksi Internet dengan kecepatan yang lebih kecil, anda mungkin tidak melihat perbedaan sedikit pun, jadi lewati metode ini.


Sistem anda biasanya mengalokasikan 15 IRP dalam network stack. Lebih sering daripada tidak, anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan 32, meskipun anda dapat mengkonfigurasi hingga 50. Namun ada baiknya anda mencoba 32 terlebih dahulu.

  • Buka Registry Editor dengan menekan Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter.


  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini untuk mencapai key registry.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters
  • Buat DWORD baru dengan cara klik kanan ruang kosong di panel kanan, pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan IRPStackSize.


  • Setelah itu klik dobel pada DWORD yang bari dibuat dan ubah value datanya menadi 32.


  • Langkah terakhir adalah restart PC anda untuk menerapkan perubahan.


2. SizReqBuf

SizReqBuf mewakili ukuran buffer raw receive dalam server environment. Artinya, ini akan memengaruhi kemampuan anda untuk menghosting sesuatu di latency environment yang tinggi. Misalkan anda menghosting server game dan banyak orang mengeluh tentang kelambatannya. Mengubah nilai ini akan membantu mengurangi dampak kelambatan. Anda juga akan mendapatkan keuntungan jika menghosting website atau service/layanan lainnya, termasuk mengirim file melalui perpesanan instan atau Neo Modus Direct Connect.

System anda biasanya menempatkan buffer ini pada 16384 byte. Untuk sebagian besar server, ini cukup efisien, tetapi terkadang anda memiliki sedikit memory dan tidak dapat mengimbangi volume permintaan yang tinggi.
  • Buka registry seperti langkah sebelumnya dan telusuri jalur berikut dibawah ini untuk mencapai lokasi key di registry anda.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters
  • Buat DWORD baru dengan cara klik kanan ruang kosong di panel kanan, pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan SizReqBuf.
  • Kemudian klik dobel pada DWORD yang baru dibuat. Jika anda memiliki server dengan memory fisik lebih dari 512 MB, ubah value datanya menjadi 17424. Jika anda memiliki memory kurang dari 512 MB, anda harus mempertimbangkan untuk mendapatkan komputer baru, tetapi anda dapat mengubah value data untuk sementara menjadi 4356. Kemudian klik OK.


  • Selanjutnya restart PC anda untuk menerapkan perubahan.


3. DefaultTTL

Time to Live (TTL) memberitahu router berapa lama "paket" harus tetap di udara saat mencoba pengiriman sebelum menyerah dan kemudian membuang "paket" tersebut. Ketika valuenya sering tinggi, komputer anda menghabiskan lebih banyak waktu menunggu "paket" yang gagal dikirim, yang secara efektif menurunkan jumlah produktivitas di jaringan anda.

Tanpa menetapkan value, Windows akan menunggu 128 detik hingga transaksi selesai. Hal ini membuat komputer anda sangat lambat jika anda berada di tengah-tengah sesuatu dan koneksi anda dengan server tiba-tiba berubah.
  • Untuk menetapkan valuenya, buka registry editor seperti langkah sebelumnya, kemudian telusuri jalur berikut dibawah ini di jendela registry editor.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip\Parameters
  • Buat DWORD baru dengan cara klik kanan ruang kosong di panel kanan, pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan DefaultTTL.
  • Klik dobel pada DWORD yang baru dibuat dan ubah value datanya menjadi antara 1 dan 255. Value terbaik adalah 64, meskipun anda dapat menetapkan value yang lebih rendah jika anda ingin paket tersebut mati lebih cepat. Kemudian klik OK untuk menyimpan pengaturan.


  • Setelah itu restart PC anda untuk menerapkan perubahan.


4. Tcp1323Opts

Tcp1323Opts memungkinkan anda menggunakan RFC 1323, yang dikenal sebagai TCP Extensions for High Performance dalam 3 cara. Nilai khusus ini berfungsi dengan timestamping dan penskalaan jendela jaringan. Hal ini memungkinkan koneksi TCP untuk menegosiasikan ukuran jendela terima dengan server, membiarkan komputer menentukan jendela penerimaan hingga 1 GB.
  • Buka registry editor seperti langkah sebelumnya, kemudian telusuri jalur berikut dibawah ini di jendela registry editor.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip\Parameters
  • Anda kemudian harus melihat TCP1323Opts sebagai salah satu value DWORD di panel kanan registry editor.
  • Jika anda tidak melihatnya, anda dapat membuatnya. Klik kanan ruang kosong di panel kanan, pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan TCP1323Opts.
  • Kemudian klik dobel padanya dan ubah value datanya menjadi 1. Klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.


  • Setelah itu restart PC anda untuk menerapkan perubahan.


5. MaxFreeTcbs

MaxFreeTcbs adalah value yang diragukan. Ini menentukan berapa banyak koneksi TCP aktif yang dapat ditangani komputer anda pada waktu tertentu berdasarkan berapa banyak memori fisik yang anda miliki dan seberapa banyak kinerja komputer anda terkait dengan bandwidth.

Jika angkanya terlalu tinggi, komputer anda mungkin tidak memproses transaksi TCP dengan benar karena tingginya jumlah koneksi aktif yang terhubung ke komputer pada saat yang sama. Namun, jika angkanya terlalu rendah, anda tidak dapat menghosting atau meminta sambungan sebanyak yang anda inginkan. Sementara pengaturan ditentukan secara sewenang-wenang, anda mungkin ingin menambah nomor saat anda mengupgrade hardware atau koneksi Internet.

  • Buka registry editor seperti langkah sebelumnya, kemudian telusuri jalur berikut dibawah ini di jendela registry editor.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip\Parameters
  • Buat DWORD baru dengan klik kanan ruang kosong di panel kanan, pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan MaxFreeTcbs.
  • Kemudian klik dobel padanya dan ubah value datanya menjadi 65536. Jika anda menggunakan komputer lama dengan hardware berkinerja lebih rendah, anda dapat mengaturnya pada angka yang lebih rendah, seperti 16000. Klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.


  • Setelah itu restart PC anda untuk menerapkan perubahan.


6. MaxUserPort

Saat aplikasi meminta port yang tersedia untuk dibuka dari Windows, system operasi memilih satu port dari 1024 ke maksimum yang ditentukan yang dikenal sebagai MaxUserPort. Sebuah port di komputer anda memungkinkan anda untuk membuat koneksi TCP/UDP melalui Internet dan di jaringan lokal anda.

Saya bisa menjelaskan lebih detail, tetapi kita benar-benar harus bergerak. Kita semua tahu bahwa 5000 kurang dari 65534. Apa yang terjadi bila anda membuka lebih banyak opsi ke program yang mencari port? Mereka pasti akan menemukan port jauh lebih cepat daripada dengan hanya beberapa ribu pilihan yang tersedia.

Windows menetapkan value ini menjadi 5000 secara default, tetapi anda dapat mengaturnya dengan angka apapun dari 5000 hingga 65534.
  • Buka registry editor seperti langkah sebelumnya, kemudian telusuri jalur berikut dibawah ini di jendela registry editor.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip\Parameters
  • Buat DWORD baru dengan klik kanan ruang kosong di panel kanan, pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan MaxUserPort.
  • Kemudian klik dobel padanya dan ubah value datanya menjadi 65534. Klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.


  • Setelah itu restart PC anda untuk menerapkan perubahan.


7. GlobalMaxTcpWindowSize

Value ini memiliki nama yang panjang, tetapi anda tidak akan menyesal mengubahnya jika anda memiliki kecepatan koneksi Internet yang besar (10 Mbps dan lebih tinggi) dan sering mengupload sesuatu. Value ini mewakili berapa banyak data yang dapat dikirim dari komputer anda tanpa menerima paket acknowledgement (ACK).

Setiap kali anda mengirim potongan kecil data di Internet, komputer anda harus menunggu paket ini, yang memberitahu ujung jaringan anda, seperti "Semuanya OK! Kirim lagi!" Terkadang, karena latency dan peering yang buruk, ini mungkin tidak ideal. Jadi, anda dapat mengedit value ini untuk memungkinkan lebih banyak data dikirim tanpa menunggu paket itu datang.

  • Buka registry editor seperti langkah sebelumnya, kemudian telusuri jalur berikut dibawah ini di jendela registry editor.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip\Parameters
  • Buat DWORD baru dengan klik kanan ruang kosong di panel kanan, pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan GlobalMaxTcpWindowSize.
  • Kemudian klik dobel padanya dan ubah value datanya menjadi 65535. Ini akan membuat komputer mampu mengirim 64 kilobyte tanpa menunggu acknowledgement. Jika anda merasakan penurunan kecepatan setelah memodifikasi ini, hapus valuenya atau coba naikkan sedikit menjadi 128 kilobyte (dengan mengatur value datanya ke 131072). Klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.


  • Setelah itu restart PC anda untuk menerapkan perubahan.


8. MTU

MTU mempengaruhi kecepatan hulu anda lebih dari kecepatan hilir anda, tetapi menjaga hulu sama pentingnya, memastikan bahwa potongan data yang lebih besar dikirim pada satu waktu. Meskipun angka ini biasanya diatur secara otomatis oleh network card anda, anda dapat menyesuaikannya berdasarkan kecepatan koneksi Internet anda.

Menetapkan value ini rumit. Pertama, anda harus mengetahui value MTU optimal anda, yaitu value yang tidak memerlukan fragmentasi paket karena keterbatasan kecepatan koneksi Internet anda.

Anda dapat melakukan ini dengan membuka Command Prompt, kemudian masukkan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter.

ping -f -l <mtu> <your gateway>



Ganti "<mtu>" dengan nomor dari 88 hingga 4294967295. Ganti "<your gateway>" dengan gateway yang digunakan network adapter anda untuk menyambung ke Internet. Jika anda tidak mengetahui gateway anda, ketik ipconfig di command prompt untuk mengetahui angkanya di bagian "Default Gateway", yang muncul di bawah network adapter yang anda gunakan untuk internet.

Saat melakukan ping, anda akan tahu bahwa anda mencapai angka yang terlalu tinggi ketika respons berisi pesan berikut: Packet needs to be fragmented but DF set.

Selama anda memilih nomor yang tidak memerlukan fragmentasi paket, anda baik-baik saja. Pilih nomor setinggi mungkin tanpa fragmentasi paket, dan anda akan mendapatkan MTU yang paling optimal.
  • Sekarang, untuk mengatur angka ini, buka registry editor seperti langkah sebelumnya, kemudian telusuri jalur berikut dibawah ini di jendela registry editor.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip\Parameters\Interfaces\Interface ID
  • Lihat gambar di atas untuk contoh bagaimana saya menemukan antarmuka jaringan utama saya sendiri. Mungkin ada antarmuka jaringan lain yang dipasang di komputer, terutama saat anda menggunakannya sebagai router.
  • Ganti Interface ID dengan GUID untuk antarmuka jaringan anda. Cukup telusuri GUID berbeda yang muncul di bawah folder Interfaces dan lihat informasi di sisi kanan jendela regedit untuk melihat apakah cocok dengan detail antarmuka jaringan yang anda gunakan untuk menyambung ke website.
  • Setelah anda mendapatkan antarmuka tersebut, buat DWORD baru di key tersebut. Klik kanan ruang kosong di panel kanan, pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan MTU.
  • Kemudian klik dobel padanya dan ubah value datanya dengan angka yang anda dapatkan saat melakukan ping ke gateway anda. Itu harus memperbaiki banyak hal.


  • Kemudian restart PC anda untuk menerapkan perubahan.

Hanya itu yang dapat anda lakukan. Jika anda mengalami masalah dengan kesalahan registriy, lihat daftar perbaikan saya untuk itu dengan membaca turorial saya tentang cara memperbaiki error Windows registry. Saya juga memiliki panduan untuk membantu anda meningkatkan sinyal Wifi anda.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Meningkatkan Kecepatan Koneksi Internet di Windows 10/11"