Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah MTU di Windows 10/11

 


Terkadang, anda mungkin memperhatikan bahwa beberapa website tidak berfungsi secara optimal saat anda menggunakan koneksi broadband. Meskipun sebagian besar website berjalan dengan baik, namun ada beberapa yang tampaknya menghadapi masalah. Jadi, jika anda mengalami situasi seperti ini, maka ada cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mengubah Maximum Transmission Unit (MTU) pada komputer yang menjalankan Windows 10 atau Windows 11.



Memeriksa Pengaturan MTU Saat Ini


Maximum Transmission Unit (MTU) memainkan peran penting dalam situasi ini karena bertanggung jawab untuk menentukan ukuran maksimum paket yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Dengan mengoptimalkan MTU, anda dapat meningkatkan performa/kinerja jaringan anda secara keseluruhan. Dengan kata lain, dengan mengatur MTU dengan benar, anda dapat mengoptimalkan ukuran paket yang dikirimkan melalui jaringan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan efisiensi saat browsing internet. Ini akan membantu memastikan bahwa paket data dikirim dengan cara yang lebih efisien dan dapat mempercepat waktu respon serta meningkatkan kecepatan koneksi secara keseluruhan.


Namun tidak banyak yang mengetahui bagaimana fungsi MTU. Ada dua cara cepat untuk memeriksa pengaturan MTU saat ini, yaitu dengan menggunakan Windows Terminal dan melalui pengaturan Network Adapter.


1. Menggunakan Windows Terminal untuk Memeriksa Value MTU Saat Ini


Terminal Windows harus menjadi cara termudah untuk mengetahui value MTU anda saat ini. Untuk memulai, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Di jendela Windows Terminal, anda dapat memilih PowerShell atau Command Prompt.
  • Setelah itu, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
netsh interface ipv4 show subinterfaces
  • Setelah selesai, anda akan melihat value MTU dari berbagai jaringan di bawah tab MTU.



2. Periksa MTU Melalui Pengaturan Network Adapter

Opsi alternatif memeriksa MTU adalah melalui pengaturan Network Adapter. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik ncpa.cpl dan tekan Enter untuk membuka halaman Network connections.
  • Anda akan melihat daftar Network adapter yang berbeda.
  • Sekarang, klik kanan pada salah satu network adapter yang ingin anda periksa MTU-nya dan pilih Properties.
  • Di jendela properties adapter anda, klik Configure untuk membuka properties adapter connection anda.
  • Di jendela properties adapter connection, alihkan  ke tab Advanced.
  • Kemudian, pilih Jumbo Packet pada kotak Property.
  • Selanjutnya pada kotak Value, periksa value MTU milik anda saat ini.


Catatan: Adapter menggunakan value MTU default jika anda tidak melihat opsi Jumbo Packet. Ini juga berarti anda tidak dapat mengubahnya melalui metode pengaturan Network Adapter di Control Panel.


Mengubah MTU di Windows 10/11

Sekarang setelah anda mengetahui value MTU anda, anda kemudian dapat menambahkan atau mengurangi value sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk melakukannya, gunakan salah satu metode berikut ini di Windows 10 atau Windows 11 anda.


1. Menggunakan Windows Terminal

Mengubah MTU menggunakan Windows Terminal harusnya menjadi metode termudah. Yang harus anda lakukan adalah menjalankan dua perintah untuk mengidentifikasi nama antarmuka dan mengubah value MTU. Jadi lanjutkan dan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengubah value MTU Windows anda.
  • Buka Windows Terminal dengan hak administrator seperti langkah diatas di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.
  • Di jendela Windows Terminal, anda dapat memilih PowerShell atau Command Prompt.
  • Setelah itu, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk mengetahui semua Network Adapter.
netsh interface ipv4 show subinterfaces
  • Sekarang catat nama Interface yang ingin anda ubah MTU-nya.
  • Selanjutnya, untuk mengubah value MTU pilihan anda, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
netsh interface ipv4 set subinterface <interface name> mtu=9000 store=persistent

Pada perintah diatas, ganti <interface name> dengan nama interface dan ubah 9000 menjadi value lain yang lebih tinggi dari value MTU anda saat ini sesuai kebutuhan anda.



2. Melalui Pengaturan Network Adapter

Anda juga dapat mengubah value MTU Windows 10 atau Windows 11 anda melalui pengaturan Network Adapter. Untukmelakukannya, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik ncpa.cpl dan tekan Enter untuk membuka Network Connections.
  • Selanjutnya, klik kanan pada network adapter anda dan pilih Properties.
  • Di jendela properties, klik Configure.
  • Di jendela properties adapter, alihkan ke tab Advanced.
  • Setelah itu, pilih Jumbo Packet pada kotak Property dan pilih value MTU yang lebih tinggi dari MTU saat ini pada kotak Value.
  • Kemudian klik OK untuk menyimpan perubahan.
  • Setelah selesai, restart komputer anda.



Cara Menentukan Value MTU yang Optimal

Anda mungkin bertanya-tanya berapa value MTU yang ideal. Anda dapat dengan cepat mengetahuinya dengan menjalankan perintah di Windows Terminal.

Anda perlu menjalankan perintah ping yang akan mengirim permintaan ke jaringan dan menambah ukuran Packet hingga anda mendapatkan pesan tentang fragmen Packet yang diperlukan. Jadi website manapun yang tidak loading dengan benar, anda dapat mencoba perintah ping dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Luncurkan Windows Terminal seperti langkah diatas dan pilih Command Prompt.
  • Selanjutnya, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
ping [url] -f -l <packet_size>


Pada perintah diatas, ganti [url] dengan URL anda masing-masing dan atur <packed_size> ke 1450. Saat anda menjalankan ping, terus tingkatkan ukurannya untuk setiap perintah hingga anda melihat pesan Packet needs to be the fragmented.



Cara Memecahkan Masalah Umum Seputar MTU

Saat berurusan dengan MTU, mudah untuk mengacaukan segalanya. Jika anda memasukkan value MTU yang salah, ini dapat memengaruhi performa jaringan secara keseluruhan.

Dalam kasus seperti itu, anda dapat mencoba memulihkan value MTU default. Value MTU default pada kebanyakan komputer adalah 1500. Jadi, anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk mengubah value MTU menjadi 1500 dan lihat apakah itu membantu anda.

Jika anda masih menghadapi masalah internet lainnya, menjalankan Troubleshooter Windows mungkin bisa membantu. Atau artikel ini dapat membantu anda memperbaiki masalah internet anda.


Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda!

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengubah MTU di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengubah MTU di Windows 10/11"