Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error BSOD amdkmpfd.sys di Windows 10/11

 


Error blue screen amdkmpfd.sys merupakan error Blue Screen of Death yang terjadi pada system komputer yang menggunakan graphics card AMD. File amdkmpfd.sys adalah bagian dari driver perangkat graphics card AMD pada system anda. Menurut pengguna yang terpengaruh, error ini terjadi setelah menginstall update Windows atau setelah mengupdate driver graphics card AMD mereka. Jika system komputer anda memiliki graphics card AMD, anda mungkin mengalami error BSOD ini.


Saat anda mengalami error blue screen amdkmpfd.sys, anda akan melihat pesan error lengkap seperti berikut dibawah ini.

Stop code: DRIVER IRQL NOT LESS OR EQUAL

What failed: amdkmpfd.sys




Memperbaiki Error BSOD amdkmpfd.sys di Windows 10/11


Jika anda mengalami error blue screen amdkmpfd.sys pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka beberapa metode perbaikan berikut ini akan membantu anda mengatasi masalah tersebut.



1. Update Driver Graphics


Jika error blue screen ini terjadi setelah anda mengupdate Windows anda, maka anda perlu mengupdate driver graphics card AMD anda. Ini menjadi solusi pertama yang perlu anda lakukan. Jika anda tidak dapat masuk ke Windows karena error blue screen ini, maka anda dapat booting PC anda ke Safe Mode dan update graphics card AMD anda dari sana. Setelah mengupdatenya, restart PC anda dan lihat apakah itu membantu memperbaiki error blue screen ini.



2. Roll Back Driver Graphics Card


Menurut beberapa pengguna, error blue screen amdkmpfd.sys ini terjadi setelah mengupdate driver graphics card AMD. Jika hal seperti itu terjadi pada anda, maka saya sarankan anda me-roll back driver graphics card anda. Untuk melakukannya, anda harus boot ke Safe Mode. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk me-roll back driver graphics card anda.

  • Setelah anda masuk ke Windows RE, pilih Advanced options dan klik opsi Startup Settings.
  • Setelah itu, klik Restart.


  • Selanjutnya tekan tombol Function yang diperlukan untuk memilih Enable Safe Mode with Networking.


  • Setelah masuk ke Safe Mode, buka Device Manager dengan mengklik kanan pada Start menu atau tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas Display adapters.
  • Sekarang, klik dobel pada driver graphics card AMD untuk membuka propertiesnya.
  • Di jendela properties, alihkan ke tab Driver.
  • Setelah itu, klik Roll Back Driver untuk mengembalikan driver graphics card anda ke versi driver sebelumnya.


  • Setelah selesai, restart komputer anda untuk keluar dari Safe Mode dan masuk ke Windows anda.


Semoga ini memperbaiki error blue screen amdkmpfd.sys di komputer anda.



3. Install Ulang Driver Graphics Card


Jika me-roll back driver graphics card anda tidak membantu atau tombolnya tidak aktif, maka menguninstall driver graphics card dan menginstallnya kembali akan membantu. Untuk itu, masuk kembali ke Safe Mode with Networking dan download DDU (Display Driver Installer). Sekarang, gunakan DDU untuk menguninstall sepenuhnya driver graphics card AMD anda. Perhatikan bahwa dalam Safe Mode, beberapa driver tetap dinonaktifkan. Karenanya, anda tidak akan dapat terhubung ke internet melalui Wi-Fi. Karenanya, anda harus menggunakan kabel Ethernet untuk menjelajahi internet dalam Safe Mode with Networking.


Setelah menguninstall driver graphics card, keluar dari Safe Mode dan restart komputer anda. Pada booting normal, Windows akan mencari driver yang hilang dan menginstallnya secara otomatis. Ini harus memperbaiki masalah.


Saya menyarankan anda untuk melakukan clean install driver graphics card anda melalui Safe Mode untuk menghindari error.




4. Periksa Kabel yang Menghubungkan Graphics Card dengan System


Jika anda menggunakan graphics card eksternal/dedicated untuk memainkan video game di PC anda, ini mungkin menjadi penyebab error blue screen amdkmpfd.sys ini. Pastikan kabel yang menghubungkan graphics card dengan system anda tidak longgar. Selain itu, kabel yang rusak juga bisa menjadi pemicu terjadinya error BSOD seperti ini.



5. Jalankan Scan SFC dan DISM di Windows RE


Ada banyak penyebab error BSOD. Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah file system image yang rusak. Jadi, saya menyarankan anda memperbaiki file system anda dan lihat apakah itu membantu. Karena kesalahan BSOD mencegah anda masuk ke komputer, anda harus menjalankan scan SFC dan DISM di Windows Recovery Environment.

  • Untuk itu, masuk ke Windows Recovery Environment. Anda dapat masuk kesana dengan mematikan komputer anda secara paksa beberapa kali saat menampilkan logo produsen komputer atau logo Windows.
  • Anda kemudian akan melihat layar Automatic Repair. Sekarang, di layar Automatic Repair, pilih Advanced options - Troubleshoot - Advanced options - Command Prompt.
  • Pada jendela Command Prompt yang muncul, anda akan melihat yang berikut ini.
X:\windows\system32>
  • Pilih drive tempat system operasi Windows anda diinstall. Pada umumnya, Windows diinstall pada drive C:. Oleh karena itu, ketik perintah berikut dan tekan Enter. Jika Windows diinstall pada drive lain, ketikkan drive letter tersebut.
C:
  • Jika Windows diinstall pada drive lain, ketikkan drive letter tersebut. pada perintah di atas. Sekarang, jalankan scan SFC dan DISM satu per satu.


  • Setelah scan selesai, tutup Command Prompt dan klik Continue untuk merestart komputer anda.


Sekarang lihat apakah masalah kembali terjadi atau tidak. Anda juga dapat memperbaiki file system dengan mengganti file system yang rusak menggunakan media instalasi. Jika error blue screen berlanjut, gunakan solusi lain.


6. Nonaktifkan Fast Startup

Jika perbaikan di atas menyelesaikan masalah anda, saya sarankan anda menonaktifkan Fast Startup (jika diaktifkan di perangkat anda). Fast Startup memungkinkan komputer anda untuk memulai lebih cepat. Ini adalah fitur yang berguna, tetapi terkadang menyebabkan masalah pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Menurut feedback dari beberapa pengguna yang terpengaruh, error blue screen amdkmpfd.sys ini dapat terjadi lagi jika Fast Startup tetap diaktifkan pada Windows 10 atau Windows 11 anda. Itu sebabnya saya menyarankan anda menonaktifkan Fast Startup di system anda.


Mirip dengan Fast Startup, anda juga dapat mencoba menonaktifkan Fast Boot dari BIOS jika anda tidak dapat masuk ke Windows anda.


7. Nonaktifkan Opsi Switchable Graphics di BIOS (jika ada)

Jika system anda memiliki banyak graphics card, anda akan menemukan opsi Switchable Graphics di BIOS. Jika masalah masih berlanjut dan anda tidak dapat melihat login screen, saya sarankan anda menonaktifkan Switchable Graphics dan memilih opsi Integrated Graphics di BIOS. Setelah masuk ke komputer anda, anda dapat menghapus dan menginstall ulang driver graphics card AMD.


Beberapa pengguna mendownload dan menginstall versi lama dari driver graphics card AMD mereka (sesuai nama model GPU mereka). Jika anda dapat mendownload driver graphics card versi lama, maka lakukan itu dan install di komputer anda.


8. Uninstall Update Windows Terbaru

Jika masalah terjadi setelah menginstall update Windows terbaru, maka menguninstall update tersebut akan menyelesaikan masalah. Untuk melakukannya, anda harus masuk ke Windows Recovery Environment. Setelah mem-boot system anda di Windows Recovery Environment, buka Advanced options dan klik opsi Uninstall Updates. Setelah itu, pilih quality atau feature update terbaru untuk menguninstallnya.



Driver perangkat yang out of date atau rusak terkadang dapat menyebabkan error blue screen pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Selain itu, masalah hardware juga bertanggung jawab atas error BSOD. Saat error BSOD terjadi di komputer Windows, Windows membuat lognya. Anda dapat melihat log BSOD di Event Viewer.

Semoga membantu anda!
Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error BSOD amdkmpfd.sys di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error BSOD amdkmpfd.sys di Windows 10/11"