Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengembalikan Event Viewer yang Hilang di Windows 10/11

 


Event Viewer adalah tools bawaan Windows yang berguna untuk melihat log kejadian dan memperbaiki masalah atau error Windows dengan program lain, dan juga dapat digunakan sebagai tools pemantau dalam melacak penyalahguna.


Event Viewer dapat diandalkan dalam memeriksa file log dari semua aplikasi yang dijalankan di Windows. File log ini secara luas dikategorikan ke dalam Custom, Windows, Aplikasi,  Service dan log Subscriptions.


Namun, bagaimana jika ketika anda hendak membukanya namun anda tidak melihat Event Viewer di Search Windows? Artikel kali ini akan memandu anda untuk mendapatkannya kembali.





Event Viewer Tidak Ada di Windows 10 dan Windows 11


Ikuti metode berikut untuk mencari tahu mengapa Event Viewer tidak tersedia di komputer anda. Pastikan untuk menggunakan akun administrator untuk mengatasi ini.



1. Temukan Event Viewer


eventvwr.exe adalah program yang meluncurkan Event Viewer. Ini tersedia di bawah folder di C:\Windows\System32. Jika anda dapat menemukannya disana, maka masalahnya ada pada search index. Buka folder ini, kemudian klik kanan pada eventvwr.exe dan pilih Pin to Start.



Atau anda juga dapat memperbaiki Search Windows terlebih dahulu sebelum kembali menggunakan Event Viewer.



2. Jalankan System File Checker & DISM


System File Checker (SFC) adalah program Windows yang dapat menemukan dan mengganti file yang rusak. Anda perlu menjalankan sfc /scannow di command prompt dengan hak admin dan membiarkannya melakukan apa yang seharusnya dilakukan.


Jika SFC tidak dapat memperbaikinya, anda mungkin ingin memperbaiki System Image Windows. Event Viewer adalah file system yang tidak mudah hilang. Namun, jika seseorang telah menghapusnya dengan sengaja, yang terbaik adalah memperbaiki System Image Windows saat ini menggunakan tools DISM.



Untuk lebih lengkapnya, anda dapat membaca tutorial tentang cara scan dan memperbaiki file system Windows yang rusak untuk penggunaan kedua tools tersebut.



3. Perbaiki Instalasi Windows


Jika SFC dan DISM tidak membantu, anda mungkin perlu memperbaiki Windows 10 atau Windows 11 menggunakan Media Instalasi.



Solusi ini (Gunakan metode 3 dari artikel) akan memperbaiki masalah yang tidak memungkinkan anda untuk booting ke komputer. Disana, Windows akan mulai mendiagnosis komputer dan menyelesaikan masalah apapun yang terkait dengan system file.



4. Gunakan System Restore


Jika sebelumnya anda telah mengaktifkan system restore point, maka ini adalah waktu yang tepat untuk mengembalikan Event Viewer yang hilang dari Windows anda. Baca tutorial saya tentang menggunakan system restore untuk memulihkan Windows.




5. Reset Windows


Ketika semua metode diatas tidak berfungsi untuk anda, maka jalan satu-satunya adalah mereset Windows anda ke pengaturan pabrik. Terkadang virus atau malware mengacaukan system file atau pengaturan system Windows anda yang menyebabkan Event Viewer menghilang.


Untuk melakukannya, anda dapat membaca tutorial saya tentang cara reset Windows 10/11 ke default pengaturan pabrik.



Keberadaan Event Viewer menjadi hal yang baik untuk menemukan penyebab error atau masalah yang terjadi dengan system Windows anda. Dan ketika ia menghilang, akan sedikit merepotkan anda jika terjadi masalah dengan system. Tetapi sekarang anda tahu bagaimana mendapatkannya kembali.


Semoga artikel ini membantu anda untuk mendapatkan Event Viewer kembali. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengembalikan Event Viewer yang Hilang di Windows 10/11"