Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Windows 10/11 Gagal Start


Ini adalah saat yang menakutkan ketika PC anda tiba-tiba crash pada saat start dan tidak mau boot ke desktop. Jika ini terjadi pada anda di mesin Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda tidak perlu khawatir karena Windows tidak dapat boot adalah masalah umum. Dan dalam banyak kasus dapat diperbaiki dengan mudah. Di bawah ini saya telah membuat daftar solusi paling umum untuk Windows 10 atau Windows 11 yang bermasalah saat start.

Catatan: Saya akan memberikan solusi untuk masalah dimana Windows crash atau macet saat start. Jika PC anda tidak start sama sekali, maka kemungkinan besar itu bukan masalah Windows. Ada peluang bagus bahwa ini adalah masalah eksternal, seperti hardware atau power supply yang rusak, jadi ambillah langkah yang tepat.


1. Mungkinkah Ini Masalah Monitor?

Sangat mudah untuk mengkonfigurasi Windows tidak dapat Start dengan monitor anda yang tidak dinyalakan. Sebuah tanda bahwa monitor anda yang menyebabkan masalah adalah ketika, setelah boot, anda mendengar bunyi pada laptop atau PC desktop Windows anda tetapi tidak ada gambar (di sisi lain, anda mungkin tidak memiliki bunyi, dalam hal ini sulit untuk mengatakannya).


Untuk melihat apakah itu sebenarnya monitor anda yang menyebabkan masalah, aktifkan PC anda, lalu pada saat anda menghitung Windows seharusnya Start, coba tekan Win + P dua kali, lalu tiga kali jika gagal, untuk melihat apakah gambar itu menyala. Mungkin saja monitor anda menghasilkan output yang salah - atau bahkan tidak ada - dan shortcut keyboard ini dapat mengatasi masalah tersebut.

Jika anda yakin masalah anda bisa terkait dengan monitor, maka saya memiliki sejumlah besar perbaikan untuk anda di blog ini.


2. Periksa Koneksi Motherboard Anda

Jika anda mendapatkan layar yang benar-benar blank ketika Windows mencoba start, maka - jika anda cukup percaya diri - mungkin ada baiknya melihat ke dalam untuk memastikan bahwa semua hardware ditempatkan sebagaimana mestinya. Berikut adalah komponen utama yang harus anda perhatikan.


  • Memori/RAM: RAM datang dalam bentuk stik kecil yang tipis, yang dapat dengan mudah copot jika anda telah mengetuk komputer anda. Laptop modern biasanya menahan RAM di bagian bawah, yang artinya anda tidak perlu membuka semuanya untuk melihatnya. Buka ruang RAM laptop anda (atau PC desktop), keluarkan RAM, dan pasang kembali untuk memastikan terhubung dengan baik.
  • OS Hard Drive: Kemungkinan lain adalah bahwa hard drive Windows utama anda telah terputus dari motherboard (atau power supply). Tekan kabel SATA dengan kuat, dan pastikan itu juga terhubung ke PSU anda.
  • PCI-E Cards: Kemungkinannya lebih kecil - tetapi masih memungkinkan - bahwa GPU yang terputus atau perangkat PCI-Express lainnya dapat menyebabkan Windows blank. Pastikan semuanya terhubung dengan benar.



3. Lakukan Startup Repair Windows

Windows 10 dan Windows 11 hadir dengan opsi perbaikan startup internal yang dapat memindai dan memperbaiki file system startup yang hilang atau rusak. Untuk mengaksesnya, Anda harus memiliki DVD atau flash drive instalasi Windows 10 atau Windows 11 yang berguna. Anda dapat membuat media instalasi sendiri dan menggunakannya untuk melakukan Startup Repair.
  • Setelah anda memiliki media pemulihan anda, masukkan ke PC anda, kemudian reboot PC anda dan harus boot langsung ke media pemulihan (jika tidak, anda harus mendapatkan pilihan untuk memilih drive pemulihan sebagai boot PC anda).
  • Klik Next pada layar Windows Setup, lalu pilih Repair your computer. Ini akan membuka opsi Boot tempat anda dapat memecahkan banyak masalah Windows.
  • Pergi ke Troubleshoot - Advanced options - Startup Repair. Ketika anda mengklik Startup Repair, Windows akan merestart dan memindai PC anda untuk setiap file system yang dapat diperbaiki (mungkin diperlukan otentikasi akun Microsoft). Jika menemukan masalah, maka secara otomatis akan diperbaikinya.

Troubleshoot - Advanced options - Startup Repair


4. Windows Gagal Start dengan Kode Error 0xc00000f

Salah satu error code paling sering yang terkait dengan Windows 10 atau Windows 11 tidak dapat start adalah error code 0xc00000f. Alasan yang paling sering ditemukan untuk ini adalah error pada BCD (Boot Configuration Data).

  • Cara terbaik untuk memperbaiki error ini adalah dengan memperbaiki BCD. Ikuti petunjuk di Tips 3 hingga titik dimana anda mengklik Repair your Computer.
  • Dilangkah ini pilih Troubleshoot kemudian klik Command Prompt.
  • Setelah ini di command prompt masukkan perintah berikut dibawah ini satu per satu di ikuti Enter.

bootrec /FixMbr
bootrec /FixBoot
bootrec /ScanOs
bootrec /RebuildBcd


  • Setelah menjalankan perintah terakhir, ketik exit di Command Prompt dan tekan Enter.
  • Kemudian reboot PC anda (tanpa memasukkan media instalasi).


5. Periksa Flash Drive dan Disk Eksternal

Ada kemungkinan Windows anda dapat diatur untuk memprioritaskan Starting dari drive eksternal dan anda memiliki drive USB terpasang atau disk yang dimasukkan. Jika perangkat penyimpanan eksternal tersebut terpasang, Windows mungkin mencoba untuk mem-boot dari itu tetapi gagal karena tidak memiliki perangkat yang tepat terpasang yang berisi file pemulihan. Hapus semua perangkat penyimpanan eksternal sebelum memulai Windows dan lihat apakah itu membantu.


6. Kesalahan Windows Boot Record

Kesalahan Boot Record adalah penyebab utama Windows tidak Starting, tetapi untungnya mereka dapat dengan mudah diperbaiki menggunakan beberapa perintah Command Prompt. Anda dapat merujuk ke panduan Cara Memperbaiki MBR (Master Boot Record) di Windows 10/11 untuk memecahkan kesalahan Boot Record.


7. Gunakan Safe Mode untuk Memecahkan Masalah

Setiap kali saya menghadapi masalah Windows yang membuat OS tidak bisa beroperasi, hal pertama yang saya lakukan adalah mengakses Safe Mode. Safe Mode dapat menjawab banyak pertanyaan dengan cepat dan juga mempermudah penyelesaiannya. Di Safe Mode Windows dimulai dengan driver minimum yang diperlukan dan hanya file system startup yang diperlukan, sehingga file yang salah, program atau driver kemungkinan besar tidak akan dimuat dalam mode ini, yang membuatnya lebih mudah untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah.

Meskipun ada banyak cara untuk mengakses Safe Mode, tetapi permasalahan sekarang adalah Windows 10 atau Windows 11 tidak dapat di-boot sama sekali, jadi saya memiliki opsi terbatas. Jika anda telah me-restart Windows beberapa kali dan gagal, maka Windows akan secara otomatis membuka Boot options. Jika karena alasan tertentu itu tidak memberi anda pilihan itu (sangat jarang), maka anda dapat melakukan salah satu dari dua hal.
  • Restart PC dan segera setelah Windows 10 atau Windows 11 mencoba memuat; lepaskan kabel power atau tekan dan tahan tombol Power untuk memaksa shutdown. Ulangi proses ini tiga hingga empat kali, dan Windows harus secara otomatis memuat Boot options.
  • Kalau tidak, anda dapat mencoba menekan tombol F8 berulang kali ketika Windows mencoba untuk memulai dan melihat apakah itu memuat Boot options. Kemungkinan besar ini tidak akan berfungsi di Windows 8/10/11, karena waktu boot terlalu cepat, tetapi pada mesin yang lebih lambat mungkin masih bekerja.

Dalam Boot options, buka Troubleshoot - Advanced options - Startup Settings - Restart. Setelah PC restart, anda dapat memilih Safe Mode dari daftar menggunakan tombol F4.

Troubleshoot - Advanced options - Startup Settings - Restart
Safe Mode

Setelah anda berada dalam Safe mode, anda dapat mengikuti panduan disini untuk memecahkan masalah Windows anda. Disini tercantum hal-hal yang dapat anda lakukan di Safe Mode untuk menyelesaikan masalah Windows (termasuk masalah Windows tidak dapat boot).


Solusi Lainnya

Jika karena alasan tertentu tidak ada yang membantu anda, dan anda yakin bahwa anda harus melakukan clean install Windows 10 atau Windows 11 dan terpaksa merelakan kehilangan semua data dalam proses, maka anda masih mempunyai harapan untuk menyimpan setidaknya beberapa data anda.

Troubleshoot - Reset this PC - Keep my files

Anda dapat boot ke instalasi Windows 10 atau Windows 11 atau disk pemulihan (di bagian atas artikel ini), kemudian ketika boot, pilih Troubleshoot - Reset this PC - Keep my files. Ini akan membuat backup dan menyimpan semua file, dokumen, gambar, dan sebagainya yang disimpan di bawah profil pengguna di Windows 10 atau Windows 11 (dan profil itu sendiri). Program pihak ketiga, permainan, dan sebagainya, akan dihapus.


Apakah Anda Di Dalam Sekarang?

Setelah melalui semua opsi di atas, anda harus berada di dalam Windows. Jika memperbaiki startup atau memecahkan kesalahan boot record tidak membantu, maka memulihkan atau mereset PC mungkin akan memecahkan masalah, dan anda dapat melakukannya dari Boot menu dan Safe Mode. Meskipun opsi ini dapat menyebabkan penghapusan beberapa data terbaru, tetapi setidaknya anda akan berada di dalam Windows 10 atau Windows 11.

Sekian. Beri tahu saya di kolom komentar mana salah satu solusi ini bekerja untuk anda atau jika anda tahu ada solusi lain untuk menyelesaikan masalah Windows 10 atau Windows 11 tidak dapat starting. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Windows 10/11 Gagal Start"