Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki PC Windows Hanya Melakukan Booting Setelah Hard Reset

 


Masalah booting yang sangat umum terjadi pada pengguna PC dapat disebabkan oleh berbagai gangguan software dan hardware. Masalah yang sangat sering terjadi adalah ketika komputer Windows hanya melakukan booting setelah hard reset. Artikel ini membagikan kemungkinan penyebab error ini dan mengeksplorasi solusi paling efektif agar PC anda dapat melakukan booting secara normal kembali.


Mengapa PC hanya dapat booting setelah hard reset?

Pengaturan boot yang salah, seperti urutan boot yang salah dikonfigurasi atau prioritas perangkat, mencegah system untuk berhasil melakukan start. Kegagalan deteksi hardware dalam BIOS/UEFI karena ketidakcocokan pengaturan atau komponen hardware yang tidak dikenali dapat diatasi sementara dengan hard reset. Kerusakan firmware dapat menyebabkan perilaku startup yang tidak menentu, dan hard reset dapat memutus aliran listrik untuk sementara, sehingga berpotensi membantu mereset firmware yang rusak.



Memperbaiki PC Windows Hanya Melakukan Booting Setelah Hard Reset


Key untuk mengatasi error ini terletak pada mengidentifikasi penyebab sebenarnya dari masalah tersebut. Oleh karena itu, mari kita lihat solusi berikut ini untuk mengatasi masalah tersebut. Pastikan anda telah membackup semua data anda sebelum mencoba salah satu dari solusi ini.



1. Reset CMOS dengan Jumper


Mereset CMOS dengan jumper akan mengatur ulang pengaturan BIOS ke default pabrik, sehingga memperbaiki kesalahan konfigurasi apapun yang mencegah system melakukan booting secara normal. Untuk mereset CMOS dengan jumper, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Matikan system dan buka penutup casing anda.
  • Sekarang, temukan jumper CMOS dengan kombinasi 3-pin di samping baterai CMOS.
  • Setelah anda menemukannya, pindahkan jumper dari posisi default 1-2 (menutupi pin) ke posisi 2-3 (jumper menutupi pin 2-3, bukan 1-2).
  • Tunggu beberapa saat, kemudian pindahkan kembali jumper ke posisi default (1-2).
  • Setelah itu, tutup casing anda dan hidupkan system anda.



Catatan: Disarankan agar reset CMOS dengan. jumper dilakukan setelah memeriksa manual motherboard, karena lokasi jumper dan pengaturannya mungkin tidak sama untuk setiap produsen.



2. Ganti Baterai CMOS dan Update BIOS


Jika baterai CMOS mati, motherboard kehilangan pengaturan BIOS dan gagal melakukan booting secara normal. Walaupun demikian, power tetap mengalir di perangkat anda dan karenanya, boot kedua akan berhasil. Oleh karena itu, mengganti baterai CMOS lama dengan yang baru dapat membantu system mempertahankan konfigurasi pengaktifannya saat dihidupkan, sehingga memungkinkannya melakukan booting secara umum pada saat pertama kali.



Pada saat yang sama, update BIOS dapat membantu memperbaiki masalah kompatibilitas dan meningkatkan stabilitas system. Jika sistem perlu direset secara manual karena masalah pada BIOS, maka update juga dapat menjadi solusi perbaikan.


Catatan: Sangat disarankan untuk mengikuti pedoman pabrikan saat mengupdate BIOS untuk menghindari perubahan yang tidak diinginkan pada system.



3. Mengganti Hardware


Jika tidak ada metode di atas yang gagal menyelesaikan masalah, kita dapat menyimpulkan bahwa masalahnya ada pada hardware. Chip yang rusak pada motherboard atau graphics card dapat menyebabkan masalah ini. Oleh karena itu, penggantian hardware mungkin merupakan solusi terbaik.




Saya harap artikel ini mudah diikuti dan anda dapat memperbaiki masalah dimana PC hanya melakukan booting setelah hard reset.


Bisakah kita melakukan hard reset laptop?

Kita bisa mencoba melakukan clean boot pada laptop, namun mereset baterai CMOS pada laptop mungkin tidak mudah. Oleh karena itu, menghubungi vendor hardware akan menjadi pilihan terbaik.


Bagaimana cara melakukan hard reboot pada laptop?

Hard reboot melibatkan mematikan perangkat sepenuhnya, melepaskan kabel dan semua perangkat eksternal, dan mencabutnya setidaknya selama sepuluh menit. Hal ini memastikan semua muatan listrik terkuras habis. Anda dapat melakukan hard reboot pada laptop.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki PC Windows hanya melakukan booting setelah hard reset. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki PC Windows Hanya Melakukan Booting Setelah Hard Reset"