Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Background Intelligent Transfer Service (BITS) di Windows 10/11


Di Windows 10 atau di Windows 11, Background Intelligent Transfer Service (BITS) adalah salah satu fitur yang sangat penting yang bertanggung jawab untuk membantu system dan aplikasi selama mendownload dan mengupload foreground atau background antara perangkat dan server, tanpa memengaruhi network experience. Ini dilakukan dengan menangani prioritas dan pembatasan secara cerdas dan juga menjeda dan melanjutkan transfer data secara otomatis.

BITS juga memainkan peran penting saat mendownload file dari server Microsoft atau klien untuk menginstall update pada Windows 10 atau Windows 11. Meskipun ini adalah fitur yang cerdas, namun terkadang services/layanan tiba-tiba berhenti berfungsi, mencegah Windows Update, Microsoft Store dan services lainnya untuk bekerja dengan benar.

Setiap kali anda mencoba menjalankan Windows Update, anda selalu mendapatkan pesan error yang mengatakan Windows update cannot currently check for updates because the service is not running. Pesan error ini muncul karena sesuatu di folder SoftwareDistribution komputer anda rusak. Untuk memperbaiki masalah ini, anda harus menghentikan services terkait, menghapus data di folder tersebut dan memulai services Windows Update kembali.

Untuk memulai perbaikan, gunakan terlebih dahulu Background Intelligent Transfer Service Troubleshooter untuk memperbaiki masalah. Fitur ini juga akan menemukan dan memperbaiki masalah yang mencegah download di background berfungsi di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.


Cek Status Background Intelligent Transfer Service

Sebelum anda mulai, periksa status Background Intelligent Transfer Service terlebih dahulu.
  • Tekan tombol Win + R, ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services Manager.
  • Di jendela Services Manager, temukan Background Intelligent Transfer Service dan lihat status servicesnya. Jika Stop, klik kanan dan pilih Start. Jika sudah Running, klik kanan dan pilih Restart.

  • Kemudian klik dobel pada services ini untuk membuka jendela Properties dan lihat Startup typenya harus diatur ke Automatic (Pilih salah satunya).


Memperbaiki Background Intelligent Transfer Service

Dalam perbaikan ini, saya akan memandu anda melalui dua metode untuk memecahkan masalah dan memperbaiki masalah umum ketika BITS tidak berfungsi dengan benar.


1. Memperbaiki Background Intelligent Transfer Service dengan Troubleshooter

Untuk memperbaiki masalah umum dengan BITS di Windows 10, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka Control Panel dengan menekan Win + R, ketik control dan tekan Enter. Anda juga dapat mencarinya di Start menu atau di taskbar.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by di kanan atas ke Large/Smalle icons dan pilih Troubleshooting.

  • Selanjutnya klik opsi Hardware and Sound option.

  • Anda kemudian akan menemukan Background Intelligent Transfer Service. Klik padanya untuk membuka troubleshooter.

  • Di jendela troubleshooter, pilih opsi Advanced.

  • Kemudian di halaman ini beri ceklist pada kotak Apply repairs automatically dan klik Next.

  • Setelah menekan Next, wizard akan menjalankan scan untuk menemukan masalah. Setelah selesai klik opsi View detailed information.

  • Selanjutnya geser kebawah dan perluas Detection details dan Publisher details untuk melihat detail masalah yang terjadi. Setelah melihat klik Next untuk melanjutkan perbaikan.

Setelah anda menyelesaikan langkah-langkah ini, troubleshooter akan menscan, mendeteksi dan memperbaiki masalah apapun (termasuk merestart services seperlunya) yang mungkin mencegah BITS bekerja dengan benar.


2. Memperbaiki Background Intelligent Transfer Service dengan Command Prompt

Jika anda masih mengalami masalah dengan update Windows di Windows 10 atau Windows 11, anda dapat menggunakan baris perintah SFC dan DISM untuk mencoba memperbaiki masalah dengan BITS. Ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.
  • Buka Command Prompt dengan hak admin. Ketik cmd di Search Windows dan klik kanan atau pilih opsi Run as administrator.

  • Setelah Command Prompt terbuka, masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter untuk menscan dan memperbaiki kerusakan file system apapun.
dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

  • Setelah langkah diatas selesai, masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter untuk menjalankan tools.
sfc /scannow


Setelah anda menyelesaikan langkah-langkahnya, DISM akan menscan dan memperbaiki file system, sedangkan SFC akan menscan dan mencoba menyelesaikan masalah umum dengan penginstalan Windows 10 atau Windows 11 anda, yang juga dapat membantu memperbaiki system download manager.


Sekian tutorial kali ini, semoga membantu mengatasi permasalahan anda. Jika anda mempunyai masalah lain dengan update Windows anda, anda kemudian dapat membaca tutorial saya lainnya tentang kumpulan error download update Windows dan cara memperbaikinya dan juga masalah update Windows 10 terbaru dan cara memperbaikinya.

Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Background Intelligent Transfer Service (BITS) di Windows 10/11"