Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Nonaktifkan Shake to Minimize di Windows 10/11


Fitur yang diperkenalkan kembali dari Windows 7 dengan nama Aero Shake ini berfungsi sebagai fitur memungkinkan anda meminimalkan (Minimize) jendela dengan mengklik kiri tombol mouse dan menahannya sambil menggoyang mouse. Di Windows 10 dan Windows 11, fitur ini sekarang dikenal dengan nama Shake to Minimize. Beberapa orang menyukainya, tetapi bagi sebagian pengguna yang lain menganggapnya tidak berguna.

Pada tutorial kali ini anda akan belajar bagaimana cara menonaktifkan Shake to Minimize di Windows 10 atau Windows 11. Anda akan melakukan ini menggunakan registry Windows. Proses yang di lakukan ini aman untuk system anda jika anda mengikuti instruksi dengan benar, tetapi selalu menjadi ide yang baik untuk menjaga hal yang tidak diinginkan dengan membuat backup registry Windows 10 anda terlebih dahulu.

Setelah membuat backup registry Windows anda, saatnya untuk mengikuti langkah-langkah dibawah ini untu menonaktifkan Shake to Minimize di Windows 10 atau Windows 11 anda.


1. Langkah pertama, buka Registry Editor dengan menekan Win + R dan ketik regedit di dalam kotak Run kemudian tekan Enter.


2. Setelah jendela registry editor terbuka, telusuri jalur berikut dibawah ini. Anda juga dapat mengcopy jalur dibawah dan mempastenya di address bar jendela registry editor dan menekan Enter untuk mempermudah penelusuran.
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced


3. Setelah anda berada di folder Advanced, klik kanan ruang kosong di panel kanan kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan DisallowShaking.


4. Setelah DWORD dibuat, klik dobel pada DWORD tersebut kemudian ubah value datanya menjadi 1 dan klik OK.


Perubahan sebenarnya langsung diterapkan di system anda, namun jika tidak, silahkan Restart PC anda dan coba. Anda tidak dapat lagi menggunakan fitur ini. Namun jika suatu saat anda ingin menggunakannya kembali, anda hanya mengubah value datanya di langkah 4 menjadi 0 atau anda dapat menghapus DWORD yang dibuat.


Sekarang anda telah menonaktifkan fitur Shake to Minimize, saya memiliki sejumlah tips untuk mengedit registry anda. Jadi telusuri blog ini untuk melihatnya. Penting juga bagi anda untuk menjaga kesehatan PC anda, jadi lihatlah panduan saya untuk memeriksa kesehatan hard drive Windows 10 atau Windows 11 anda.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Nonaktifkan Shake to Minimize di Windows 10/11"