Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengoptimalkan Kinerja Windows 10/11 Dengan Mengedit Registry


Windows Registry memegang semua tweak untuk menyesuaikan pengalaman Windows anda dan menangani gangguan kecil yang salah, Microsoft mengasumsikan setiap pengguna akan menyukainya. Mulai dari mengubah desain Windows hingga membuka fitur tersembunyi, ada tweak untuk semuanya. Untuk membantu anda meningkatkan kinerja Windows 10 atau Windows 11 anda, berikut adalah beberapa peretasan registry Windows 10 atau Windows 11 yang pantas untuk dicoba.

Peringatan: Mengacaukan registry dapat merusak Windows anda. Dianjurkan agar anda mengikuti petunjuk secara tepat dan tidak mengacau jika anda tidak tahu apa yang anda lakukan. Agar aman, buat backup registry anda sebelum melakukan perubahan apapun.


Mengakses Registry Windows

Karena semua tweak memerlukan perjalanan ke Registry Windows, penting untuk mengetahui cara mengakses Registry. Tekan tombol Win + R dan ketik regedit di dialog Run yang terbuka. Klik OK dan Windows Registry akan terbuka.


1. Tingkatkan Kecepatan Internet

Banyak dari perubahan registry dalam daftar akan melibatkan perubahan desain atau estetika yang dapat membuat Windows 10 atau Windows 11 terasa jauh lebih apik dan lebih baik bagi anda. Namun ada juga sejumlah peretasan registry yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan internet anda.

Jika anda mengalami masalah atau mengalami kehilangan paket, ada berbagai hal yang dapat anda lakukan, seperti meningkatkan IRP Stack Size, mengaktifkan ekstensi TCP, atau meningkatkan jumlah port maksimum yang tersedia untuk berbagai program yang mencoba menyambungkan ke router anda.

Ada beberapa tweak untuk meningkatkan kecepatan internet di registry editor dan saya memiliki semua daftar yang didedikasikan untuk itu. Jika anda terutama menggunakan Registry Editor untuk meningkatkan kecepatan Internet anda, klik terus.


2. Gunakan Windows Photo Viewer dari pada Photos App

Setiap orang pernah mengalami masalah dengan Photos App di Windows 10. Ini bukan rahasia besar. Pada saat yang sama, Windows Photo Viewer yang kita tahu dari masa lalu di Windows 7 melakukan pekerjaan dengan sangat baik, namun telah dihapus dengan update Windows 10 beberapa tahun yang lalu.

Kode untuk Photo Viewer masih ada di Windows 10 atau Windows 11. Anda hanya perlu membuat entri registry yang cukup rumit untuk membukanya. Ini sedikit berbeda dari penyesuaian registry pada umumnya dan saya telah membuat panduan tentang cara menggunakan registry untuk menjadikan Windows Photo Viewer sebagai aplikasi Photo default anda di Windows 10 atau Windows 11.


3. Nonaktifkan Lockscreen Windows 10 atau Widows 11

Lockscreen adalah lapisan keamanan tambahan yang bagus pada PC Windows anda, memerlukan password atau PIN bagi anda untuk masuk kembali. Jika anda merasa aman dengan keamanan PC anda, anda dapat menonaktifkan lockscreen sama sekali.

Ada beberapa cara anda dapat melakukan ini di Windows 10 atau Windows 11, salah satunya adalah melalui registry editor. Berikut panduan saya tentang cara menonaktifkan lockscreen Windows 10 atau Windows 11 anda melalui registry.


4. Tampilkan Informasi Rinci tentang Startup

Jika PC anda lemot atau crash yang tidak dapat dijelaskan, maka anda harus memprioritaskan untuk mendiagnosis apa yang menyebabkan masalah tersebut. Salah satu cara yang mungkin untuk melakukannya adalah dengan mengatur startup Windows 10 atau Windows 11 ke Verbose Mode, yang akan memberi anda rincian proses yang lebih mendetail yang terjadi di PC saat anda booting.

  • Untuk mengaktifkan ini, buka registry editor, kemudian telusuri jalur berikut.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Wow6432Node\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System

  • Selanjutnya, klik kanan ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan VerboseStatus.


  • Klik dobel pada DWORD baru dan ubah value datanya dengan 1. Kemudian klik OK untuk menyimpan perubahan.


  • Restart PC anda untuk menerapkan perubahan.


5. Buka Jendela Aktif Terakhir di Taskbar

Cara Windows 10 atau Windows 11 mengatur aplikasi yang terbuka, menyatukan semua jendela yang terbuka dari aplikasi yang diberikan di bawah ikon taskbar yang sama, yang kemudian anda klik untuk memunculkan thumbnail dari semua jendela terbuka yang terdapat di dalamnya.

Ini cukup berguna, tetapi anda mungkin lebih suka jika mengklik ikon taskbar membawa anda langsung ke jendela terakhir yang anda buka dalam aplikasi.

  • Untuk melakukan ini, buka Registry Editor  dan arahkan ke alamat berikut:

Post a Comment for "Mengoptimalkan Kinerja Windows 10/11 Dengan Mengedit Registry"