Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menonaktifkan Lock Screen di Windows 10/11

 


Lock screen mungkin bukanlah tools paling berguna yang anda miliki di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, dan ada sejumlah alasan mengapa anda mungkin ingin menyinkirkannya dari komputer anda. Lock screen bahkan bukan login screen dan ini lebih merupakan lapisan untuk menuju ke layar berikutnya.


Karena anda mungkin tidak terlalu membutuhkan kehadirannya di Windows 10 atau WIndows 11 anda, maka anda dapat membuangnya dari komputer anda sehingga anda memiliki lebih sedikit layar yang harus dilalui saat anda menggunakan komputer.


Sebelumnya, saya telah menulis tentang cara menghilangkan Login Screen di Windows 10/11 melalui local account anda, dan kali ini saya akan berbagi cara untuk menonaktifkan lock screen. Berikut tiga cara untuk menonaktifkan lock screen di Windows 10.



1. Menggunakan Group Policy Editor untuk Menonaktifkan Lock Screen


Jika anda memiliki versi Windows 10 atau Windows yang memungkinkan anda mengakses Group Policy Editor, maka anda dapat menggunakan langkah-langkah berikut untuk menghilangkan lock screen. Atau anda dapat mengaktifkan Group Policy Editor dan kemudian dapat menggunakan metode ini.

  • Untuk memulai tekan Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor untuk komputer anda.


  • Saat Group Policy Editor terbuka, buka jalur berikut dengan memperluas direktori di panel kiri.
Computer Configuration - Administrative Templates - Control Panel - Personalization
  • Setelah anda berada di jalur itu, anda akan melihat kebijakan yang bernama Do not display the lock screen di panel kanan. Klik dobel padanya untuk memodifikasinya.


  • Pilih Enabled pada jendela berikutnya dan kemudian klik Apply diikuti dengan klik OK untuk menyimpan pengaturan.



Group Policy Editor sekarang seharusnya telah menonaktifkan lock screen di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Anda dapat mencobanya, untuk memastikan pengaturan anda berfungsi.

Jika suatu saat anda ingin mengaktifkannya kembali, anda dapat mengikuti langkah diatas, dan pilih Disabled atau Not Configured di jendela edit kebijakan.


2. Menggunakan Registry Editor untuk Menonaktifkan Lock Screen

Jika anda tidak memiliki akses ke Group Policy Editor tetapi anda memiliki akses ke Registry Editor, anda dapat menggunakan langkah-langkah berikut. Namun sebelum melanjutkannya, ada baiknya anda membackup registry anda atau membuat system restore point untuk mengantisipasi jika anda melakukan kekeliruan dalam pengeditan registry.

Setelah melakukannya, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menonaktifkan lock screen.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor untuk system anda.


  • Saat Registry Editor terbuka, telusuri jalur berikut dibawah ini. Anda juga dapat mengcopy jalur dan mempastenya di jendela registry editor diikuti dengan menekan Enter untuk mempermudah dan mempercepat penelusuran anda.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows
  • Setelah anda berada di jalur tersebut, anda harus membuat key baru. Klik kanan pada Windows, kemudian pilih New - Key dan beri nama dengan Personalization.


  • Selanjutnya buat DWORD baru di direktori ini. Klik kanan pada ruang kosong di panel kanan,  kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan NoLockScreen.


  • Sekang klik dobel pada NoLockScreen di panel kanan untuk mengubah valuenya.
  • Pada layar berikut, masukkan 1 di kolom Value data dan klik OK untuk menyimpan pengaturan.



Registry Editor sekarang seharusnya telah menonaktifkan lock screen di komputer anda. Anda kemudian dapat mencobanya.

Untuk mengaktifkannya kembali, anda kemudian dapat menghapus DWORD yang baru di buat atau mengubah value datanya ke 0 (nol).


3. Mengganti Nama Folder Lock Screen App menjadi Disable the Lock Screen

Jika anda telah mengupdate komputer anda ke Anniversary update, maka metode berikut akan membantu anda menyingkirkan lock screen di komputer anda.
  • Luncurkan File Explorer (Win + E) di komputer anda dan pergi ke jalur berikut dimana folder lock screen app berada.
C:\Windows\SystemApps
  • Di direktori ini, anda akan menemukan folder bernama Microsoft.LockApp_cw5n1h2txyewy. Klik kanan pada folder itu dan pilih Rename.
  • Jangan melakukan modifikasi apapun pada nama folder. Cukup tambahkan .disabled di akhir nama folder dan biarkan sisanya apa adanya.



  • Restart komputer anda dan anda akan melihat bahwa lock screen di PC anda telah hilang.

Apa yang anda lakukan di atas adalah mengganti nama folder lock screen app dan mengelabui Windows agar berpikir bahwa lock screen app tidak ada di system.

Untuk lebih banyak tips terkait Windows, lihat panduan saya lainnya tentang cara mengakses folder WindowsApps yang sulit dipahami di Windows 10 atau Windows 11. Update Windows juga bisa sedikit tidak stabil, jadi lihat juga daftar perbaikan saya untuk masalah update Windows 10.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menonaktifkan Lock Screen di Windows 10/11"