Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Login Screen di Windows 10/11


Login Screen berguna untuk keamanan sebuah perangkat komputer. Sebagian besar waktu, anda ingin memiliki lapisan keamanan ekstra untuk mencegah orang lain untuk dengan mudah masuk ke Windows anda. Namun, jika anda berada di posisi dimana anda tahu orang lain tidak akan mengakses PC anda dan anda menginginkan saat menekan tombol power itu dan langsung boot ke Windows 10 tanpa memasukan pin, password atau lainnya, maka anda dapat melakukan sesuatu untuk melewati Login Screen itu di Windows 10 atau Windows 11 anda.

Agar ini berfungsi, anda harus menggunakan akun local Windows 10 atau Windows 11 bukan akun Microsoft yang ditautkan ke alamat email anda.

Untuk memastikan anda melakukan ini, klik Start, lalu klik gambar akun anda di panel Start dan pilih Change account settings.


Di jendela setting akun, klik Sign in with a local account instead.


Di jendela baru yang muncul, silahkan ikuti instruksinya hingga selesai.


Selanjutnya, dari desktop Windows 10 atau Windows 11 anda, tekan Win + R, kemudian ketik netplwiz di kotak run dan tekan Enter.


Ini akan membuka jendela User Accounts. Dari jendela ini, pilih nama pengguna yang sesuai dengan yang tidak ingin anda gunakan dengan login screen. Kemungkinan besar akan menjadi akun utama (di bawah grup Administrator) jika pada PC anda tidak memiliki user account lain.

Dengan akun yang dipilih (diblok biru), hapus ceklist pada kotak di atas yang mengatakan: Users must enter a user name and password to use this computer.


Langkah terakhir, klik OK untuk menyimpan perubahan.

Itu dia! Anda sekarang dapat melewati login screen yang otomatis anda tidak akan memasukan password atau pin atau lainnya dan langsung masuk ke Windows 10 atau Windows 11.

Jika suatu saat anda berubah pikiran dan ingin mengaktifkan kembali login screen, maka anda hanya mengikuti langkah yang sama diatas tetapi beri ceklist pada kotak Users must enter a user name and password to use this computer. Atau, anda juga dapat mengalihkan akun lokal anda kembali ke akun Microsoft.

Ingin bermain-main lebih banyak di Windows 10 atau Windows 11 dan mempelajari lebih lanjut tentang PC anda? Lihat panduan saya lainnya tentang cara mengembalikan hak akses kepemilikan file atau folder system dan cara mengakses folder WindowsApps yang sulit dipahami di Windows 10/11.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda untuk berbagi pemikiran dalam mengikuti tutorial di martertutorialindo. Terimakasih dan GBU. STAY AT HOME!!

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Login Screen di Windows 10/11"