Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Photos App Tidak Berfungsi di Windows 10/11


Photos App Windows (sebenarnya sudah ada sejak Windows 8, tetapi masih merupakan opsi bawaan terbaru untuk melihat foto) tidak buruk. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang bagus dan pilihan penyaringan gambar yang layak. Namun, itu juga cenderung tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Jika anda memiliki masalah Photos App tidak berfungsi, perbaikan ini dapat diterapkan, seperti juga alternatif ini yang dibuat langsung ke Windows.

Catatan: sebelum membaca tips di bawah, hal pertama yang harus anda coba, seperti halnya banyak masalah Windows, adalah menjalankan pemeriksaan dasar untuk file system yang korup pada Windows 10 atau Windows 11. Untuk melakukan ini, cukup buka Command Prompt, masukkan perintah sfc /scannow dan Restart Windows anda. Dan setelah itu jika tidak berhasil maka anda dapat menggunakan metode dibawah ini.


1. Periksa Permissions di  File System

Salah satu alasan paling sering aplikasi Photos atau UWP lainnya mungkin tidak berfungsi adalah karena permissions/izin yang dimodifikasi dalam file system. Untuk memeriksanya, anda harus membuka tiga folder di system anda dan memastikan bahwa permissions ALL APPLICATION PACKAGES telah berurutan.

Untuk melakukan ini, navigasikan ke masing-masing folder seperti gambar dibawah. Klik kanan pada masing-masingnya dan pilih Properties, kemudian klik tab Security - ALL APPLICATION PACKAGES. Pastikan bahwa permissions(seperti digambar) diizinkan (klik Edit di tab Security untuk mengedit permissions). Jika tidak bisa mengedit permissions baca cara melakukannya DISINI (Cari bagian ubah security permission).


  • Program Files : Read & Execute, List folder contents dan Read
  • Windows : Read & Execute, List folder contents dan Read
  • \<userName>\AppData\Local\Microsoft\Windows\WER\ : List folder contents, Read & execute dan Special permissions


2. Update Photos App

Ada beberapa solusi rumit dalam daftar ini, jadi saya pikir sebaiknya mulai dengan yang paling sederhana. Pelabuhan pertama anda adalah mengupdate Photos App, yang dapat meningkatkan fitur serta menghilangkan semua bug yang mengganggu yang terkandung di dalamnya.

Untuk melakukan ini, buka aplikasi Microsoft Store, klik ikon menu tiga titik di sudut kanan atas, lalu klik Downloads and Updates.


Di layar baru, klik Get updates. Jika ada pembaruan yang belum anda instal untuk Photos App, maka itu akan muncul dalam antrian download dan mulai mendownload.

Jika tidak segera mendownload dan terhenti di Pending, anda dapat mengklik ikon menu tiga titik di sebelah kanannya lalu klik Download now untuk menjalankannya.


3. Reset Photos App Anda

Mereset atau mengatur ulang Photos App akan menghapus cache aplikasi dan mengatur ulang semua datanya ke pengaturan default.
  • Untuk melakukan ini, klik kanan Start menu dan klik Apps and Features. Selanjutnya, di panel kanan gulir ke bawah ke Microsoft Photos dalam daftar dan klik, lalu klik Advanced options.
  • Dan di jendela berikutnya klik Reset. Ini akan menghapus semua data dari Photos App, termasuk preset atau pengaturan gambar tersimpan yang mungkin anda miliki, dan mengembalikannya ke keadaan semula.


4. Hapus dan Instal Ulang Photos App

Pilihan yang lebih drastis adalah menghapus Photos App secara manual lalu menginstalnya kembali. Sayangnya, anda tidak dapat melakukannya melalui daftar Apps and Features seperti anda dapat menggunakannya di aplikasi normal. Sebagai gantinya, anda perlu menggunakan PowerShell command.

  • Klik kanan pada Start menu dan klik Windows PowerShell (Admin) atau anda dapat mencarinya di pencarian Cortana dengan mengetik PowerShell dan menjalankannya dengan mengklik Run as Administrator.
  • Di jendela Powershell ketik atau salin perintah berikut dibawah ini:
get-appxpackage *Microsoft.Windows.Photos* | remove-appxpackage

  • Setelah menekan Enter, Photos App akan hilang dari komputer anda. Untuk menginstalnya kembali, buka aplikasi Microsoft Store, cari Photos, lalu pilih dan instal Photos App (dengan Microsoft Corporation terdaftar sebagai pengembangnya).



5. Lakukan System Restore

Jika anda lebih atau kurang tahu kapan masalah dimulai dengan Photos App anda, anda dapat melakukan System Restore ke waktu yang lalu, sebelum masalah dimulai.
  • Masuk ke pencarian Cortana, ketik restore dan kemudian klik open pada Create a restore point.
  • Di jendela baru klik System Restore dan kemudian ikuti petunjuknya sampai anda dapat memilih restore point (titik pemulihan). Pilih yang anda inginkan (idealnya sebelum masalah Photos App anda dimulai), dan lanjutkan prosesnya.


Catatan : Hal ini dapat anda lakukan jika anda telah mengaktifkan System Restore sebelum masalah pada Photos App terjadi. Anda dapat membaca Cara Menonaktifkan atau Mengonfigurasi System Restore di Windows 10/11 atau Cara Membuat System Restore Point Harian di Windows.


6. Cukup Gunakan Windows Photo Viewer

Bagi banyak orang, Windows Photo Viewer yang lama bekerja dengan baik. Meskipun tidak sebagus Photos, namun ia melakukan pekerjaan itu dan merupakan cara yang fungsional dan mudah untuk menjelajahi foto anda di folder tertentu.


Microsoft telah secara bertahap menghapus Photo Viewer, dan jika anda memiliki PC dengan Windows 10 atau Windows 11 yang sudah diinstal sebelumnya, anda harus sedikit bertekad untuk mengatur Photo Viewer sebagai default. Untuk info lebih lanjut tentang cara melakukan ini, baca panduan saya tentang Cara Mengaktifkan Windows Photo Viewer Sebagai Default di Windows 10/11.

Tidak terlalu mengenakan bahwa begitu banyak aplikasi default dari Microsoft di Windows 10 atau Windows 11 memiliki banyak masalah, terutama karena perusahaan tampaknya sangat menentukan bagi para pengguna untuk menggunakannya di atas versi lama atau dari aplikasi pihak ketiga. Semoga dengan perbaikan ini, membuat transisi yang dipaksakan ini tidak akan terlalu menyakitkan anda.

Sekian tutorial kali ini semoga dapat membantu menyelesaikan persoalan anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Photos App Tidak Berfungsi di Windows 10/11"