Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Folder Yang Tidak Dapat Dihapus di Windows 10/11


Menghapus file/folder secara tidak sengaja mungkin saja terjadi pada hampir setiap pengguna. Atau, anda mungkin telah meninggalkan komputer anda selama beberapa menit, dan ketika anda kembali, anda melihat bahwa anak-anak anda atau mungkin teman anda telah menghapus folder penting.

Menghapus file adalah tugas yang mudah, meskipun anda tidak sangat memahami teknologi, tetapi terkadang file yang salah dapat dihapus. Jika ada folder yang tidak ingin anda hapus, maka dengan membuat folder yang tidak dapat dihapus adalah taruhan terbaik anda.


Cara Membuat Folder Yang Tidak Dapat Dihapus di Windows 10/11

Langkah-langkah berikut tidak hanya akan membantu anda membuat folder yang tidak dapat dihapus tetapi juga yang tidak dapat diubah namanya. Ini jelas nilai plus karena anda tidak perlu khawatir tentang orang lain yang melakukan itu tanpa izin anda.

Untuk memulai, buka Command Prompt. Anda dapat melakukannya dengan mengetik cmd di opsi pencarian Window atau mengklik kanan pada Start menu dan memilih opsi Command Prompt dari sana. Ini adalah dua dari banyak cara yang dapat dilakukan, atau anda dapat mencapainya dengan cara anda.


Satu catatan penting yang perlu diingat adalah folder yang tidak dapat dihapus ini hanya dapat dibuat di drive yang tidak di-root. Misalnya, anda dapat membuatnya pada drive seperti D, E, F, dan seterusnya, tetapi tidak untuk drive C: dimana disitu berisi file system anda.

Setelah anda membuka Command Prompt, ketik E: (atau drive letter partisi lainnya) dan tekan Enter untuk mengakses partisi.

Setelah itu ketik md con\ dan tekan Enter untuk membuat nama cadangan (con) dan md atau make directory (membuat direktori). Buka drive E: (atau drive yang anda atur dengan perintah diatas) di Windows Explorer. Anda akan melihat folder baru dan tidak dapat dihapus muncul dengan nama "con" tepat di bawahnya.


Untuk melihat apakah semuanya berfungsi dengan baik, coba hapus folder dengan cara yang sama seperti menghapus file lainnya.



Dengan Mengubah Security Permissions Pada Folder

Jika apa yang ingin anda lakukan adalah mencegah seseorang (user account lain) menghapus folder yang anda miliki di komputer Windows anda, anda dapat melakukannya juga tanpa membuat folder yang tidak dapat dihapus.
  • Untuk menolak permission/izin seseorang, klik kanan pada folder yang permissionnya ingin anda ubah dan pilih Properties.
  • Saat jendela baru muncul, klik tab Security. Di bawah kotak Group or user names, anda akan melihat tombol Edit. Klik di atasnya.
  • Selanjutnya, klik tombol Add pada jendela baru yang muncul.
  • Di bawahnya dimana dikatakan Enter the object name to select, ketik Everyone dan klik OK.
  • Anda sekarang harus kembali ke tab Security. Dimana dikatakan Permission for Everyone, pilih kotak Deny untuk Full Control. Selanjutnya klik OK.
  • Saat anda menekan tombol OK, akan muncul peringatan dari Windows Security. Silahkan klik Yes, kemudian klik OK pada jendela Properties. Selesai
  • Jika anda berhasil mengubah Security Permissions agar folder tersebut tidak dapat di hapus oleh siapapun termasuk anda sendiri, maka tampilannya seperti gambar dibawah ini.



Bagaimana menurut anda, mudah bukan? Beberapa file terlalu penting, dan anda harus memastikan bahwa tidak ada cara yang dapat membuat mereka hilang. Anda juga dapat melanjutkan membaca artikel saya lainnya tentang cara membuat folder tidak terlihat di Windows 10/11 atau cara mengganti nama file dengan Batch di Windows.

Sekian tutorial kali ini. Bagaimana cara anda menjaga folder anda tetap aman? Tinggalkan komentar anda untuk berbagi bersama saya dan yang lainnya. GBU

Post a Comment for "Cara Membuat Folder Yang Tidak Dapat Dihapus di Windows 10/11"