Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengganti Nama File Dengan Batch di Windows


Dengan semua koleksi file yang begitu banyak, baik itu koleksi foto atau video anda dan juga gambar digital yang sangat banyak, kita semua pasti memiliki masalah ketika kita ingin mengganti nama (rename) dari banyak file sehingga mereka akan lebih mudah ditemukan atau diakses.

Mengganti nama banyak file satu per satu tidak hanya membuat kita frustrasi tetapi juga merupakan tugas yang memakan waktu yang begitu lama. Dengan mempertimbangkan fakta ini, Microsoft telah lama memperkenalkan fitur pengubahan nama dengan file batch pada Windows explorer yang membantu anda mengubah nama banyak file secara bersamaan.

Tentu anda dapat menggunakan tools pihak ketiga untuk menamai ulang file, tetapi seringkali tools ini memiliki banyak fitur yang membingungkan pengguna biasa, dan juga anda mungkin tidak ingin menginstal software lain hanya untuk mengganti sesekali nama beberapa file.

Pada artikel kali ini saya akan menunjukan tiga metode untuk anda gunakan dalam mengubah nama file anda. Silahkan ikuti metode yang menurut anda lebih mudah.


1. Menggunakan Windows Explorer

Menggunakan Windows explorer untuk menamai ulang file di Windows kemungkinan besar menjadi cara termudah di tutorial ini. Untuk menggunakan batch dalam mengubah nama file, anda cukup memilih semua file yang ingin anda ubah namanya, tekan tombol F2 (atau klik kanan dan pilih Rename), kemudian masukkan nama yang anda inginkan dan tekan tombol Enter.

Tindakan di atas akan menggunakan nama file yang anda tentukan dan menambahkan nomor ke setiap nama file secara berurutan. Seperti yang dapat anda lihat dari gambar di atas dan di bawah, saya telah mengganti nama file menjadi "Mastertipsorialindo (*)


Mudah mengubah nama file menggunakan Windows explorer, tetapi metode ini hanya dasar dan tidak begitu fleksibel. Misalnya anda tidak dapat mengubah ekstensi file (.jpg) dan tidak dapat membatasi atau mengubah Windows dari penambahan angka, dan lain sebagainya. Untuk fungsi yang lebih lanjut, kita perlu menggunakan command prompt dan Windows Powershell.


2. Menggunakan Command Prompt

Mengganti nama file batch menggunakan command prompt perintah Windows jauh lebih fleksibel, dan hal baiknya menggunakan metode ini adalah Anda juga dapat mengubah ekstensi file-file itu. Pertama, mari kita lihat cara mengganti nama file batch tanpa mengubah ekstensi.

Buka folder yang berisi file yang akan diganti namanya. Disini klik pada File dan pilih Open command prompt. Jika anda tidak menemukan opsi Open command prompt di menu, anda dapat mengetik cmd di address bar dan tekan Enter.


Tindakan di atas akan membuka command prompt dengan lokasi yang diinginkan. Sekarang masukkan perintah berikut untuk mengubah nama file. Jangan lupa mengganti "file" dengan nama file saat ini dan "name" dengan nama yang anda inginkan. Karena saya menggunakan wildcard (*), anda tidak perlu memasukkan nama file lengkap.

ren file*.jpg name*.jpg


Setelah anda menjalankan perintah diatas, semua file diubah namanya menjadi nama baru dan tetap mempertahankan ekstensi.


Jika anda ingin mengubah ekstensi secara massal (mis. jpg ke png), gunakan perintah berikut.

ren *.jpg *.png


Perintah di atas akan mengubah nama semua file dengan ekstensi .jpg di direktori yang telah anda tentukan menjadi file dengan ekstensi .png.



3. Menggunakan Windows PowerShell

Windows Powershell jauh lebih kuat daripada command prompt reguler dan juga mudah digunakan. Batch untuk mengubah nama file menggunakan PowerShell, kita perlu menggunakan dua perintah, yaitu DIR dan Rename-Item.

Sekarang batch untuk mengubah nama tanpa mengubah ekstensi pada masing-masing file, buka PowerShell dengan mencarinya di Start menu atau tekan Win + X dan pilih Windows PowerShell. Lebih mudahnya anda dapat membuka folder file yang ingin anda ubah namanya, klik File dan klik Open Windows PowerShell seperti pada langkah command prompt.


Jika anda membuka Windows Powershell dari Start menu atau Win + X maka setelah terbuka, navigasikan ke direktori yang anda inginkan menggunakan perintah CD. Untuk saya, saya menavigasikan ke C:\Users\*****\OneDrive\Pictures\RealTimes karena ini adalah lokasi file saya.


Setelah anda berada di lokasi, gunakan perintah di bawah ini. Saat menggunakan perintah, jangan lupa untuk mengubah "TestName" menjadi nama file yang anda inginkan.

dir | %{$x=0} {Rename-Item $_ -NewName "TestName$x.jpg"; $x++ }


Apa yang dilakukan oleh perintah di atas adalah bahwa ia akan mengambil semua file dalam direktori menggunakan perintah DIR dan meneruskan ke perintah "Rename-Item" yang mengubah nama semua file menjadi "TestName*." Di sini * menunjukkan angka, dan angka-angka itu dialokasikan secara berulang menggunakan "$x."

Sekarang jika anda ingin mengubah ekstensi semua file dalam direktori, gunakan perintah di bawah ini.

Get-ChildItem *.jpg | Rename-Item -NewName { $_.Name -replace '\.jpg','.png' }


Apa yang dilakukan perintah di atas adalah mengambil semua file dengan ekstensi .jpg di direktori dan mengubahnya ke .png.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang perintah Rename-Item, baca dokumen Microsoft untuk definisi dan contoh yang lebih banyak.


Semoga metode diatas bisa membantu anda. Manakah dari ketiga metode di atas yang anda sukai? Bagikan pemikiran anda tentang cara dalam mengubah nama file. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengganti Nama File Dengan Batch di Windows"