Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Windows Narrator Untuk Mengubah Teks ke Suara


Windows Narrator bertujuan untuk memudahkan mereka yang memiliki masalah penglihatan dengan membaca apa yang dipajang. Anda mungkin sudah memiliki alat pembaca layar, tetapi yang ini setidaknya patut dicoba.

Windows Narrator telah berada di komputer anda selama beberapa waktu, dan jika anda penasaran ingin melihatnya beraksi, panduan berikut akan menunjukkan cara menggunakannya. Anda akan melihat bahwa anda tidak perlu menjadi teknisi jenius untuk mendapatkan hasil maksimal dari aplikasi ini.


Apa itu Windows Narrator?

Windows Narrator adalah aplikasi text-to-speech yang akan membaca teks dengan suara keras dalam dokumen atau melalui setiap tindakan yang anda lakukan. Ini adalah aplikasi yang bagus untuk digunakan jika anda memiliki masalah penglihatan karena itu akan membantu anda mengurangi kemungkinan anda melakukan kesalahan.


Cara Mengaktifkan Windows Narrator

Untuk mengaktifkan Windows Narrator, klik tombol Start dan klik Settings atau tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows. Di Settings Windows 10 silahkan klik Ease of Access dan klik Narrator. Sementara di Windows 11, pilih Accessibility di panel kiri dan klik Narrator di panel kanan.


Di halaman berikutnya di Settings Windows 10, bawah Use Narrator, anda harus mengaktifkan fitur tersebut ke On.  Di Windows 11, aktifkan Narrator ke On dibawah bagian Use Narrator. Segera setelah selesai, fitur itu akan mulai berfungsi. Anda akan melihat kotak biru, dan semua yang anda lakukan akan disorot dengan kotak biru itu. Setiap hal yang ada di kotak biru akan diceritakan.

Jika anda ingin Narrator meluncurkan pintasan keyboard, pastikan untuk mengeklik kotak yang memungkinkannya. Anda perlu menekan Start menu Windows + Ctrl + Enter. Di bawah ini anda juga akan melihat opsi untuk memulai aplikasi segera setelah anda masuk atau sebelum orang lain masuk.


Anda juga dapat membagikan cara anda mengatur narator dengan anggota keluarga lainnya berkat pengaturan sinkronisasi. Cukup klik pada kotak Use current settings before sign-in.



Cara Mempersonalisasikan Windows Narrator

Terus gulir ke bawah, dan anda bahkan dapat mempersonalisasi suara narator. Anda dapat memilih antara Microsoft David, Zira, Mark untuk bahasa Inggris dan Andika untuk bahasa Indonesia.

Gunakan slider di bawahnya untuk menyesuaikan kecepatan suara, nada suara, dan volume. Anda akan mendapatkan pratinjau real-time dari pengaturan anda saat anda menggunakan slider.


Jika anda perlu membuat teks berformat (teks apapun yang berisi pemformatan khusus seperti warna font, ukuran font, miring, tebal, dll.) yang menonjol, ada juga opsi untuk itu. Anda cukup mengaktifkan opsi Emphasize formatted text.


Kontrol Berapa Banyak Anda Akan Mendengar di Narrator

Jika tidak perlu mendengar setiap hal yang dilakukannya, cari bagian Change how much content you hear. Anda dapat mencentang kotak untuk Narrator untuk menarasikan karakter saat Anda mengetik, mendengar kata-kata saat Anda mengetik, mengucapkan kesalahan Narator, mendengar isyarat audio ketika Anda melakukan tindakan, dan mendengar petunjuk tentang cara berinteraksi dengan kontrol dan tombol.



Jendela Shortcut Keyboard Narator

Jangan lupa bahwa setelah aplikasi aktif, ada beberapa pintasan keyboard yang bermanfaat yang dapat anda gunakan. Anda dapat menggunakan:

Ctrl Stop Narrator
Win + Enter Start atau Exit Narrator
Caps Lock + F2 Menampilkan perintah untuk item saat ini
Ctrl + Panah Kiri/Kanan Narrator membaca kata demi kata
Caps Lock + Spacebar Mengaktifkan Mode Pindai (dengan fitur ini anda dapat bergerak menggunakan tombol panah, dan dengan menekan Enter anda memilih opsi itu.
Caps Lock + Enter Memodifikasi mode pencarian
Caps Lock + Panah Atas/Bawah Menyesuaikan tampilan
Caps Lock + V Mengulang frase
Caps Lock + W Baca jendela
Caps Lock + Backspace Kembali satu item
Caps Lock + U Membaca halaman berikutnya
Shift + Caps Lock + U Membaca halaman sebelumnya
Caps Lock + O Membaca baris berikutnya
Shift + Caps Lock + O Membaca baris sebelumnya
Ctrl + Caps Lock + P Membaca kata saat ini

Windows Narrator adalah alat yang dapat membantu anda menghindari kesalahan jika anda memiliki masalah penglihatan.

Seperti yang anda lihat, memungkinkan juga untuk menyesuaikan Narrator dengan berbagai cara, sehingga dapat memiliki sentuhan pribadi anda sendiri. Apakah anda menemukan Windows Narrator bermanfaat? Beri tahu saya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih. GBU

Post a Comment for "Cara Menggunakan Windows Narrator Untuk Mengubah Teks ke Suara"