Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Ikon Panah Pada Shortcut di Windows 10/11


Setiap kali anda membuat shortcut, Windows secara otomatis menambahkan ikon panah overlay kecil di atas program reguler, file, atau ikon folder. Pekerjaan utama dari ikon overlay ini adalah membiarkan anda membedakan antara shortcut link dan file, folder, atau program yang sebenarnya.

Meskipun ikon shortcut overlay default tidak buruk, itu tidak bagus. Jika anda seperti saya ingin mengubahnya, tutorial ini akan menjelaskan bagaimana anda dapat mengganti ikon shortcut default dengan ikon kustom pada Windows 10 atau Windows 11.


Download Ikon Shortcut Alternatif

Karena anda ingin menetapkan ikon khusus sebagai panah shortcut, anda harus terlebih dahulu mengunduh ikon sebelumnya. Anda dapat memilih Google untuk menemukan ikon favorit anda atau menggunakan situs berbagi ikon gratis seperti IconArchive. Pastikan saja bahwa ikon yang anda unduh berada dalam format ICO dan berukuran 32 x 32 piksel. Dalam kasus saya, saya mengunduh ikon ini dari IconArchive dan mengubahnya sedikit agar sesuai dengan kebutuhan saya.


Catatan: Jika ikon yang anda unduh dalam format PNG atau JPG, gunakan layanan web ini untuk mengonversinya ke format ICO. Sebagian besar layanan konversi gambar ICO menawarkan berbagai ukuran ikon. Jika itu masalahnya, jangan lupa memilih 32 x 32 piksel sebagai ukuran output.

Setelah anda memiliki ikon, simpan di suatu tempat di penyimpanan lokal anda. Saya memiliki folder khusus untuk semua ikon system saya, jadi saya menyimpan ikon saya di folder itu.


Ubah Ikon Panah Pada Shortcut

Panduan berikut berlaku untuk Windows 7 dan juga Windows 8.

Untuk menyelesaikan sesuatu, anda perlu melakukan perubahan pada Windows Registry. Sebelum mengedit Registry, cadangkan dulu Registry anda. Cadangan memungkinkan anda memulihkan Registry jika terjadi kesalahan.

1. Untuk membuka Windows Registry, tekan Win + R, ketik regedit di kolom dan klik tombol OK atau tekan Enter.


2. Di Windows Registry, buka lokasi dibawah. Jika anda menggunakan Windows 10 atau Windows 11, salin jalur di bawah ini, tempelkan di bilah alamat dan tekan Enter untuk mendapatkan key lebih cepat.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer


3. Disini kita perlu membuat registry key baru untuk mengatur ikon shortcut kustom. Pertama, klik kanan pada tombol Explorer dan pilih New dan kemudian Key. Beri nama kunci baru sebagai Shell Icons dan tekan Enter.


4. Pada panel kanan, klik kanan pada ruang kosong dan pilih New - String Value. Beri nama string value baru dengan 29.

5. Klik doble pada 29, masukkan lokasi ikon di bidang Value data dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan. Karena saya telah menyimpan ikon pintasan baru saya di drive H, maka saya memasukkan H:\Icon di bidang Value data.


6. Perubahan tidak instan, karena itu anda harus me-Restart system anda agar perubahan diterapkan. Setelah Restart, anda akan melihat ikon shortcut baru.


Dalam beberapa kasus anda mungkin tidak melihat ikon baru bahkan setelah merestart system. Masalahnya mungkin dengan ikon cache, jadi cobalah membangun kembali cache ikon Windows.

Di masa depan, jika anda ingin mengembalikan ikon shortcut ke default, hapus saja nilai string 29 dan Restart system anda. Tidak perlu menghapus key Shell Icons.


Sekian. Tinggalkan komentar di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang menggunakan metode diatas. Terimakasih dan sampai jumpa lagi. GBU

Post a Comment for "Cara Mengubah Ikon Panah Pada Shortcut di Windows 10/11"