Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Laptop Lemot Saat Terhubung ke Internet di Windows 10/11

 


Jika laptop Windows 10 atau Windows 11 anda lemot atau freezing saat terhubung ke internet, maka artikel ini akan membantu anda memperbaiki masalah ini. Menurut laporan beberapa pengguna, ketika pengguna mencoba terhubung ke internet, laptop mereka menjadi lemot atau freezing. Masalah ini menghalangi pengguna untuk bekerja di laptop mereka karena performa yang lambat setelah tersambung ke Internet.



Memperbaiki Laptop Lemot Saat Terhubung ke Internet di Windows 10/11


Solusi berikut akan membantu anda jika laptop Windows 10 atau Windows 11 anda lemot atau freezing saat terhubung ke internet. Namun sebelum anda melanjutkan, saya sarankan anda memeriksa Windows Update secara manual. Jika update tersedia, maka download dan install di PC anda.



1. Jalankan Network and Internet Troubleshooter


Network and Internet Troubleshooter dapat membantu memperbaiki masalah terkait konektivitas internet. Jadi, jalankan Network and Internet troubleshooter melalui aplikasi Get Help atau melalui Settings Windows dan lihat apakah ini memperbaiki masalah ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan di panel kanan klik Additional troubleshooters.
  • Di halaman berikutnya, klik troubleshooter network yang ingin anda jalankan dan kemudian klik Run the troubleshooter.
  • Jendela troubleshooter akan muncul dan ikuti petunjuk yang di tampilkan.
  • Biarkan troubleshooter meyelesaikan pekerjaannya untuk memperbaiki masalah.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters.
  • Setelah itu, temukan Network and Internet di panel kanan dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Di jendela troubleshooter yang muncul, ikuti petunjunk yang ditampilakan.
  • Biarkan troubleshooter berjalan hingga selesai.



Anda juga dapat menjalankan 5 troubleshooter lain untuk memperbaiki network di Windows 10 atau Windows 11 anda.



2. Beralih ke Power Plan High Performance


Jika anda mengalami masalah performa, maka beralih ke power plan High Performance dapat membantu anda. Anda dapat melakukannya melalui Control Panel.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Category dan pilih Hardware and Sound.
  • Di halaman berikutnya klik Power Options.
  • Setelah itu, pilih High performance. Atau anda dapat memilih power plan Ultimate Performance jika anda telah mengaktifkan mode ini.



Jika anda hanya melihat power plan Balanced, maka anda dapat memulihkannya menggunakan perintah di Command Prompt dengan hak administrator.



3. Roll Back Driver Network


Anda dapat menginstall driver Network versi sebelumnya dengan menggunakan opsi Roll Back driver. Jadi, periksa apakah opsi Roll Back Driver tersedia untuk driver network anda. Ikuti petunjuk berikut ini untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Win + X dan tekan M untuk membuka Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas bagian Network adapters.
  • Setelah itu, klik dobel pada driver network anda untuk membuka jendela properties.
  • Di jendela Properties, alihkan ke tab Driver dan klik Roll Back Driver jika tersedia atau aktif.
  • Kemudian, ikuti petunjuk di layar untuk menginstall versi sebelumnya.




4. Update dan Install Ulang Driver Network


Driver network yang rusak adalah penyebab utama masalah ini. Saya menyarankan anda untuk mengupdate atau menginstall ulang driver network anda. Untuk menginstall ulang driver, anda perlu menguninstall driver network anda terlebih dahulu. Setelah melakukan itu, restart laptop anda untuk menginstall driver secara otomatis.


Anda dapat mengupdate driver network anda ke versi terbaru atau dengan mendownload driver versi terbarunya dari website resmi pabrikan komputer anda dan setelah itu, install driver secara manual di PC anda.




5. Pecahkan Masalah di Clean Boot


Aplikasi atau service pihak ketiga mungkin menyebabkan masalah ini pada system anda. Jadi, saya menyarankan anda memulai laptop anda dalam Clean Boot dan kemudian menghubungkannya ke internet. Lihat apa yang terjadi kali ini.


Jika performa laptop anda tidak lambat atau freezing dalam Clean Boot, maka anda perlu mengidentifikasi aplikasi atau service pihak ketiga yang bermasalah.



6. Update Firmware Router Anda (jika ada)


Anda juga dapat memeriksa update untuk firmware router anda. Jika update tersedia, maka install. Perbaikan ini tidak berlaku untuk semua router karena opsi update firmware tidak tersedia di beberapa router. Anda harus masuk ke akun administrator router anda dan kemudian memeriksa apakah opsi update firmware tersedia disana. Jika ya, maka install update firmware. Alternatifnya, anda juga dapat menghubungi dukungan router anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang update firmware.


Anda juga dapat mencoba melakukan power cycling router WiFi anda dan melihat apakah itu membantu. Langkah-langkah berikut akan membantu anda.

  • Matikan router anda.
  • Selanjutnya, lepaskan adaptornya dari stopkontak di dinding.
  • Kemudian, tunggu beberapa menit.
  • Setelah itu, hubungkan kembali adaptor ke stopkontak dinding dan hidupkan router anda.



7. Reset TCP/IP, Flush Cache DNS, Reset Winsock


TCP/IP atau Internet Protocol yang rusak, cache DNS yang rusak danWinsock yang rusak juga dapat menyebabkan masalah ini. Saya menyarankan anda melakukan reset network di Windows 10 atau Windows 11 anda atau menlakukan tindakan mereset TCP/IP, flush Cache DNS dan mereset Winsock.


Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut satu per satu sambil menekan Enter.
ipconfig/release
ipconfig/flushdns
ipconfig/renew
netsh int ip reset
netsh winsock reset
  • Setelah itu, tutup Command Prompt dan restart komputer anda.



8. Update BIOS

Terakhir, update BIOS anda (jika update tersedia). Anda dapat mendownload update BIOS terbaru dari website resmi produsen komputer anda.

Hubungkan charger anda ke laptop saat menginstall update BIOS meskipun dayanya terisi penuh. Mengganggu power supply selama update BIOS akan menyebabkan motherboard anda tidak berfungsi.



Itu saja, saya harap ini membantu.

Bagaimana cara memperbaiki kecepatan internet yang lambat di Windows 10/11?
Jika internet lambat di komputer Windows 10 atau Windows11 anda, Anda dapat mencoba beberapa perbaikan seperti melakukan power cycle router WiFi anda, menjalankan Network and Internet Troubleshooter, memutuskan sambungan dari VPN (jika ada), mereset network anda dan lainnya.

Bagaimana cara membuat laptop lebih cepat di Windows 10/11?
Anda dapat meningkatkan performa Windows 10 atau Windows 11 dengan melakukan beberapa penyesuaian, seperti menghapus file sampah dan tidak perlu, menonaktifkan aplikasi background yang tidak perlu, mem-pause sinkronisasi OneDrive, memilih power plan High Performance dan lainnya.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaitki laptop lemot saat terhubung ke internet di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY !!

Post a Comment for "Memperbaiki Laptop Lemot Saat Terhubung ke Internet di Windows 10/11"