Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghentikan Aplikasi Yang Berjalan di Background di Windows 10/11



Ada berbagai alasan mengapa komputer anda berjalan lambat. Salah satu alasannya adalah semua aplikasi yang berjalan di background yang memengaruhi kinerja komputer anda. Anda dapat meningkatkan berbagai hal dengan menonaktifkan aplikasi background agar tidak berjalan dan akhirnya mendapatkan kecepatan komputer anda kembali.

Ada beberapa metode yang dapat anda coba yang akan membuat aplikasi background itu terkendali. Salah satunya mengharuskan anda melakukan beberapa penyesuaian pada Registry Editor, jadi anda harus lebih berhati-hati dari biasanya sehingga tidak ada kesalahan yang tidak disengaja.


Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Menonaktifkan Aplikasi

Sebelum anda melakukan penonaktifan semua aplikasi background, anda harus mengingat beberapa hal:
  • Menonaktifkan aplikasi latar belakang tidak menghentikan aplikasi yang sebenarnya untuk berfungsi. Anda masih dapat meluncurkan dan menggunakannya. Ini hanya akan mencegah aplikasi ini mendownload data, menggunakan CPU/RAM, dan menghabiskan baterai saat anda tidak menggunakannya.
  • Setelah aplikasi dinonaktifkan, anda tidak akan menerima pemberitahuan apapun darinya atau melihat data terbaru yang ditawarkan sebagai notifikasi atau tiles, seperti pemberitahuan di tiles Start menu.
  • Beberapa aplikasi ini bergantung pada berjalan di background untuk menawarkan layanan inti mereka. Misalnya, jika anda menonaktifkan aplikasi Alarm, alarm tidak akan berbunyi saat anda mengaturnya. Tentu saja, jika anda sudah memiliki jam alarm yang lain, maka anda dapat menonaktifkan aplikasi Alarm juga. Itu masih tergantung pada penggunaan dan preferensi anda.

1. Cara termudah: Dari Settings Windows

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Di Windows 10:
  • Untuk mengakses aplikasi background, buka Settings Windows dari Start menu atau menekan tombol Win + I dan klik Privacy di jendela Settings.
  • Kemudian, gulir ke bawah ke bagian bawah di panel kiri dan klik pada Background apps.
  • Anda harus dapat melihat semua aplikasi Windows di panel kanan dengan tombol On dan Off di sebelahnya. Cukup klik tombol di sebelah aplikasi yang tidak anda gunakan, dan itu akan dimatikan. Jika perlu, anda dapat melalui proses yang sama kapan saja untuk mengaktifkan aplikasi lagi.


Di Windows 11:
  • Tekan Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan di panel kanan klik Installed apps.
  • Di halaman berikutnya, klik menu tiga titik di samping aplikasi yang ingin anda hentikan agar tidak berjalan di background dan pilih Advanced options.
  • Pada bagian Background apps permission, gunakan tombol drop-down dan pilih opsi Never.


Tips: Jika anda tertarik untuk mengetahui dengan tepat berapa banyak resources yang digunakan aplikasi ini, anda dapat melakukannya dari Task Manager. Cukup buka Task Manager (tekan Ctrl + Shift + Esc), dan anda akan melihat semua data di bawah tab App history. Data menunjukkan penggunaan selama periode waktu tertentu.


2. Cegah Aplikasi agar Tidak Berjalan di Background Menggunakan Registry

Penting!: Harap backup registry anda terlebih dahulu sebelum melakukan perubahan.
  • Untuk membuka Registry, tekan Win + R. Ketika kotak pencarian muncul, ketik regedit dan tekan Enter maka Registry Editor akan muncul.
  • Setelah Registry Editor terbuka, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\AppPrivacy
  • Jika anda tidak melihat key AppPrivacy, anda harus membuatnya. Klik kanan pada Windows dan pilih New - Key dan beri nama AppPrivacy.
  • Setelah itu klik kanan pada panel kanan pada ruang kosong. Kemudian pilih New dan pilih DWORD (32-bit) Value. Ketika ditanya untuk memberi nama, beri nama dengan LetAppsRunInBackground.
  • Setelah anda membuatnya, klik doble padanya, dan ketika jendela baru muncul, ubah Value data menjadi 2. Jangan lupa klik OK.
  • Jika anda berubah pikiran dan ingin mengizinkan aplikasi berjalan di background lagi, delete key LetAppsRunInBackground atau ubah nilainya menjadi 0.


3. Hentikan Aplikasi dari Berjalan di Background Menggunakan Group Policy Editor

Jika anda menggunakan Windows edisi Pro, Enterprise atau Education, maka anda juga dapat menggunakan Local Group Policy Editor untuk menonaktifkan aplikasi agar tidak berjalan di background. Jika anda menggunakan Windows edisi Home, maka aktifkan Group Policy Editor terlebih dahulu sebelum mengikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor.
  • Di jendela Group Policy Editor telusuri jalur berikut dibawah ini.
Computer Configuration - Administrative Templates - Windows Components - App Privacy
  • Ketika anda mengklik opsi terakhir ini, di panel kanan anda akan melihat berbagai opsi. Klik doble pada opsi yang mengatakan Let Windows apps run in the background.
  • Jendela baru akan muncul dengan nama opsi yang anda klik. Klik opsi Enabled di kiri atas jendela, meskipun opsi Not Configured akan dipilih secara default. Ketika anda memilih Enabled, opsi baru akan muncul tepat dibawahnya. Salah satu opsi tersebut adalah default untuk menu drop-down untuk semua aplikasi.
  • Klik pada menu drop-down dan pilih opsi Force Deny. Jika sudah klik Apply, lalu OK. Anda harus me-Restart komputer anda, jadi ini saat yang tepat untuk menyimpan pekerjaan penting.



4. Hentikan Aplikasi dari Berjalan di Background dengan Battery Saver Mode

Setiap kali baterai laptop anda mencapai 20 persen, battery saver mode akan otomatis masuk. Ada cara untuk mengaktifkan fitur ini meskipun tingkat baterai masih cukup. Buka Settings - System - Battery dan temukan bagian Battery saver.


Anda akan melihat opsi yang mengatakan Battery saver status until next charge. Selama anda mengaktifkan fitur ini, aplikasi anda tidak akan dibiarkan berjalan di latar belakang. Ingatlah bahwa ini hanya akan berfungsi untuk aplikasi yang anda dapatkan dari Microsoft Store.


Aplikasi background bisa menjadi masalah ketika anda ingin menghemat baterai sebanyak mungkin. Dengan tips-tips ini anda akhirnya dapat mengendalikan aplikasi background tersebut. Apakah anda memiliki banyak aplikasi yang berjalan di aackground di komputer anda? Beritahu saya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih. GBU

Post a Comment for "Cara Menghentikan Aplikasi Yang Berjalan di Background di Windows 10/11"