Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Reset Network Settings Pada Windows 10 Secara Lengkap


Satu fitur tambahan yang kurang dikenal dalam Anniversary Update Windows 10 adalah fitur network reset atau pengaturan ulang jaringan. Fitur ini melakukan pembersihan driver dan setting network anda sehingga anda dapat memulai kembali driver dan setting network yang baru. Ini sangat berguna jika anda mengalami masalah network dan sepertinya tidak ada cara yang anda coba untuk memperbaiki masalahnya. Jika anda menggunakan Windows 10 Anniversary edition dan berjuang untuk mendapatkan koneksi internet kembali, network reset mungkin satu-satunya jalan yang anda butuhkan untuk dapat kembali online.


Apa itu Network Reset?

Sebelum kita berbicara tentang cara mengaktifkan network reset, mari kita lihat apa fungsinya. Network reset tidak sesederhana menghentikan dan memulai kembali driver network anda atau menghapus detail network anda. Dalam beberapa hal network reset dapat dianggap sebagai solusi "hard reset" untuk memecahkan masalah network.

Hard reset ini seperti pada smartphone Android anda, dimana jika anda lupa password atau gagal membuka kuncinya atau OS bermasalah, yang anda butuhkan bukan masuk ke Setting dan memilih Reset dan selesai. Bukan seperti itu, tapi anda harus menekan tombol Home + Power + Vol. - dan memilih reset  atau menginstal OS lewat PC dari settingan itu. Itu yang dinamakan hard reset. 


Kembali ke Network Reset. Ketika network reset diaktifkan, itu akan membersihkan komputer anda dari semua driver network. Setelah semua driver dibersihkan dan PC telah direstart, semua settings network anda akan ditetapkan secara default. Windows kemudian akan mencoba mendownload dan menginstal driver untuk hardware network anda lagi.

Ini berarti bahwa metode anda saat ini untuk masuk ke Internet akan kehilangan kemampuan untuk terhubung. Karena itu, ada baiknya anda memiliki driver untuk adaptor WiFi anda sebelum melakukan metode ini, untuk berjaga-jaga jika Windows tidak mendownload driver untuk anda. Juga, jika anda menggunakan VPN, reset network akan menyebabkan kekacauan dengannya. Karena itu, sebaiknya siapkan full reinstall VPN apapun yang anda gunakan, sehingga anda dapat memulihkannya setelah reset network yang telah anda lakukan.


Kapan Saya Harus Menggunakannya?

Seperti yang telah dikatakan diatas, bahwa reset network akan melakukan pembersihan semua driver dan setting network anda. Ini bukan berarti menjadi pilihan pertama ketika anda memiliki masalah konektivitas dengan network anda; ini sebenarnya harus menjadi pilihan yang terakhir!

Sebelum anda menghapus settings network komputer anda, ada baiknya mencoba setiap metode yang tersedia untuk memperbaiki koneksi network anda. Saya menulis tentang beberapa trik yang dapat anda coba, jadi cobalah itu terlebih dahulu sebelum anda melakukan reset. Disisi lain, jika anda sudah mencoba semua yang ada di buku dan sepertinya tidak ada yang berhasil, maka silakan dan coba reset ini.


Menggunakan Network Reset
  • Jika anda menggunakan Windows 10 Anniversary edition, anda dapat menemukan fitur Network reset dengan mengklik tombol Start, lalu pilih dan klik Settings.
  • Pada jendela Settings, klik Network & Internet, kemudian, klik Status di  panel sebelah kiri.
  • Di panel sebelah kanan, gulir ke bawah dan anda akan menemukan Network reset. Klik ini.


  • Pastikan untuk membaca semua bagian di layar ini sehingga anda tahu apa yang akan terjadi. Khususnya, PC anda akan restart sendiri, jadi pastikan anda telah menyimpan semuanya dan siap untuk dimatikan. Klik tombol Reset now saat anda siap.


  • Pada pop up yang muncul, klik Yes.
  • Setelah restart, PC anda akan memiliki driver network dan settings yang baru. Izinkan Windows menginstal ulang driver atau menginstalnya secara manual jika anda mau. Setelah diatur, coba sambungkan lagi dan lihat apakah network reset membantu memperbaiki masalah anda.

Jika anda mengalami masalah network dengan Windows 10 dan sepertinya tidak ada yang memperbaikinya, network reset mungkin membantu. Meskipun hanya digunakan sebagai upaya terakhir, memulai settingan dari awal mungkin hanya itu yang dibutuhkan komputer anda.

Apakah anda mengalami masalah dengan network baru-baru ini? Dan apakah metode ini membantu anda? Beritahu saya di kolom komentar di bawah ini! Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Reset Network Settings Pada Windows 10 Secara Lengkap"