Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Komputer Mati Saat Mencolokkan Perangkat USB

 


Beberapa pengguna mengalami masalah aneh dimana komputer Windows mereka mati saat mencolokkan perangkat USB. Masalah ini biasanya terjadi karena driver perangkat USB yang buruk, perangkat USB yang rusak atau port USB yang rusak. Namun, masalah hardware lainnya juga dapat menyebabkan masalah ini pada komputer Windows 10 atau Windows 11. Jika anda juga mengalami masalah ini pada system anda, maka solusi yang diberikan dalam artikel ini akan membantu anda memperbaikinya.



Memperbaiki Komputer Mati Saat Mencolokkan Perangkat USB


Gunakan beberapa saran berikut ini jika komputer Windows 10 atau Windows 11 anda mati saat mencolokkan perangkat USB. Mari kita lihat solusi perbaikannya secara terperinci.



1. Apakah Komputer Anda Tidak Menyala Lagi?


Apakah komputer anda tidak menyala lagi setelah dimatikan saat anda menghubungkan USB flash drive? Jika demikian, maka anda mungkin menjadi korban USB Drop Attack. USB Drop Attack adalah jenis serangan dimana cybercriminal menempatkan perangkat USB secara strategis untuk menargetkan komputer korban. Cybercriminal dalam serangan ini bermaksud untuk merusak komputer korban.



Biasanya penyerang dalam serangan ini diketahui oleh korbannya yang sengaja mengganti USB flash drive korban dengan USB Killer flash drive. Ketika korban mencolokkan USB Killer flash drive tersebut ke salah satu port USB, maka itu akan menyuplai arus tegangan tinggi ke perangkat korban yang dapat merusak motherboard komputernya.



2. Gunakan Perangkat dan Port USB Lain


Masalah ini juga dapat terjadi karena perangkat atau port USB yang rusak. Untuk memeriksanya, hubungkan perangkat USB anda ke port USB lain dan lihat apa yang terjadi. Selain itu, hubungkan perangkat USB lain ke port USB yang sama dan lihat apakah komputer anda mati kali ini. Jika tidak, maka perangkat USB anda telah rusak.



3. Install Ulang Driver USB Controllers dan USB Root Hub


Hal berikutnya yang harus anda lakukan adalah menginstall ulang driver USB Controllers dan USB Root Hub. Anda perlu menguninstall driver tersebut dan kemudian menginstall driver tersebut kembali di system anda. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut. Sebelum anda melanjutkan, saya menyarankan anda untuk membuat system restore point.

  • Tekan tombol Win + X dan tekan M untuk membuka Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas bagian Universal Serial Bus controllers.
  • Selanjutnya, klik kanan pada driver USB Host Controller dan pilih Uninstall device.
  • Kemudian, klik Uninstall pada jendela konfirmasi.
  • Setelah itu, restart komputer anda atau anda dapat mengklik Action dan pilih Scan for hardware changes. Windows akan secara otomatis menginstall ulang driver yang hilang atau dihapus.


Ulangi langkah di atas untuk menginstall ulang driver USB Root Hub di komputer anda.




4. Update atau Install Ulang Driver Perangkat USB Anda


Salah satu kemungkinan penyebab masalah ini adalah driver perangkat USB yang buruk. Oleh karena itu, saya menyarankan anda untuk mengupdate driver atau menginstall ulang driver perangkat USB anda.


Ikuti petunjuk berikut ini untuk mengupdate driver perangkat USB anda.

  • Buka Device Manager seperti langkah diatas.
  • Kemudian, temukan driver perangkat USB anda.
  • Selanjutnya, klik kanan pada driver USB anda dan pilih Update driver.
  • Kemudian, ikuti petunjuk yang di tampilkan untuk menyelesaikan update driver.
  • Setelah itu, restart komputer anda.



Anda dapat mendownload driver versi terbaru perangkat USB anda dari website resmi produsennya (jika tersedia), kemudian menguninstall driver dan kemudian menginstall driver secara manual.



5. Sudahkah Anda Memasang Kembali RAM atau CPU Anda?


Jika anda baru saja membersihkan komputer atau laptop dan memasang kembali CPU atau RAM, masalahnya mungkin terjadi karena penempatan CPU atau RAM yang salah. Saya menyarankan anda untuk memeriksa apakah anda telah menempatkan CPU atau RAM dengan benar.


Buka casing komputer anda, kemudian lepaskan CPU atau RAM dan pasang kembali. Periksa juga apakah pin CPU anda bengkok. Jika demikian, anda harus menghubungi dukungan teknis.



6. PSU Anda Mungkin Rusak


Hardware yang rusak lainnya yang dapat menyebabkan masalah ini adalah Power Supply Unit. PSU anda mungkin rusak. Jika anda dapat menguji Power Supply Unit anda, maka anda dapat melakukannya. Jika tidak, lebih baik menghubungi teknisi perbaikan komputer profesional untuk memperbaiki masalah ini.


Jika laptop atau PC desktop anda masih dalam garansi, hubungi dukungannya untuk mengatasi masalah ini. Mungkin juga masalahnya terkait dengan motherboard komputer anda.



Itu saja. Semoga membantu.


Mengapa PC saya mogok setelah mencolokkan USB?

Ada beberapa alasan mengapa komputer anda mogok setelah mencolokkan perangkat USB. Perangkat USB yang anda hubungkan ke komputer anda mungkin rusak. Mungkin juga kabel USB rusak. Selain itu, masalahnya juga terkait dengan port USB atau motherboard komputer anda. Anda harus menghubungi teknisi perbaikan komputer profesional untuk mengatasi masalah ini.


Bisakah USB membahayakan komputer?

Perangkat USB dapat membahayakan komputer hanya jika perangkat tersebut berisi malware. Namun, jika komputer anda memiliki antivirus yang bagus, perangkat anda akan tetap terlindungi dari malware dan jenis ancaman lainnya. Cara lain perangkat USB dapat membahayakan komputer anda adalah USB Drop Attack.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki komputer mati saat mencolokkan perangkat USB di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Komputer Mati Saat Mencolokkan Perangkat USB"