Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki WSReset.exe Tidak Berfungsi di Windows 10/11

 


WSReset exe adalah tool command line yang ada di dalam Windows. Tool ini digunakan untuk mereset atau menghapus cache Microsoft Store dan terutama digunakan untuk memecahkan masalah Microsoft Store. Jika WSReset.exe tidak berfungsi di komputer Windows anda, maka artikel ini akan menarik minat anda.




Cara Menjalankan WSReset exe

Untuk menjalankan tool WSReset.exe, anda dapat mengklik tombol Search di Taskbar dan ketik WSReset.exe. Dari hasil tersebut, klik WSReset.exe. Ada juga alternatif untuk menjalankan WSReset.exe yaitu dengan menggunakan Command Prompt. Anda dapat membuka Command Prompt sebagai administrator atau membuka Windows Terminal dengan hak admin dan pilih Command Prompt, kemudian jalankan perintah WSReset.exe di dalamnya. Atau menekan tombol Win + R, kemudian ketik WSReset.exe dan tekan Enter. Setelah perintah dijalankan, anda akan melihat pesan The cache for the Store was cleared.



Namun, apa yang harus dilakukan jika anda tidak dapat menjalankan WSReset.exe di Windows 10 atau Windows 11? Banyak pengguna telah melaporkan bahwa WSReset.exe tidak berfungsi di PC. Salah satu pengguna yang terpengaruh mengatakan bahwa saat menjalankan perintah wsreset di command prompt menjalankan wsreset.exe di jendela Run (Win + R), itu tidak terjadi apa-apa dan Store tidak muncul.


Sekarang, mungkin ada beberapa alasan berbeda mengapa WSReset.exe tidak berfungsi dengan benar. Bisa jadi karena file system rusak atau hilang, infeksi malware, kerusakan pada aplikasi Microsoft Store itu sendiri dan lainnya.


Jika anda juga mengalami masalah yang sama, yang harus anda lakukan adalah mengikuti panduan di artikel ini. Cukup gunakan perbaikan yang telah saya sebutkan dan jalankan WSReset.exe tanpa masalah.



Memperbaiki WSReset.exe Tidak Berfungsi


Jika alat WSReset.exe tidak berfungsi pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat menggunakan beberapa metode perbaikan berikut dibawah ini untuk mengatasi masalah ini.



1. Gunakan Beberapa Metode Pemecahan Masalah Umum


Untuk memulainya, anda dapat mencoba beberapa praktik pemecahan masalah standar untuk memperbaiki masalah yang dihadapi. Metode yang paling umum adalah me-restart komputer anda. Ini bekerja dalam banyak kasus dan tidak ada salahnya melakukannya. Jadi, cukup reboot komputer anda dan coba jalankan perintah untuk melihat apakah itu berfungsi atau tidak.


Jika anda menjalankan WSReset.exe melalui Command Prompt, periksa apakah anda telah membuka Command Prompt sebagai administrator. Jika tidak, buka Command Prompt dengan hak administrator dan jalankan perintah WSReset.exe. Atau menjalankan melalui jendela Run atau melalui Search di Taskbar.



2. Jalankan Windows Store App Troubleshooter


Anda dapat mencoba menjalankan Windows Store App Troubleshooter yang disertakan dengan Windows 10 atau Windows 11. Ini mengatasi masalah dengan Microsoft Store dan aplikasi Store. Jadi, anda dapat menjalankan troubleshooter ini untuk menscan dan memperbaiki masalah yang mungkin menyebabkan masalah dengan WSReset.exe. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuka dan menjalankan Windows Store App Troubleshooter di Windows 10 atau Windows 11.


Di Windows 10:

  • Untuk memulai, buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri jendela Settings dan klik Additional Troubleshooters di panel kanan jendela.
  • Di halaman berikutnya, klik pada Windows Store Apps dan kemudian klik Run the troubleshooter.
  • Ini akan membuka jendela troubleshooter.
  • Di jendela troubleshooter, ikuti petunjuk yang di tampilkan untuk menyelesaikan proses.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings yang terbuka, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Selanjutnya klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya di panel kanan, klik Run yang ada di sebelah Windows Store Apps untuk membuka troubleshooter.
  • Di jendela troubleshooter yang muncul, anda perlu mengikuti petunjuk yang di tampilkan.
  • Troubleshooter akan menscan untuk menemukan masalah dan ia akan memperbaikinya secara otomatis.



Setelah selesai, coba jalankan WSReset.exe dan periksa apakah berfungsi dengan baik atau tidak.



3. Lakukan Scan SFC dan DISM


Jika Windows Store Apps Troubleshooter gagal memperbaiki masalah, maka anda dapat menjalankan scan System File Checker (SFC) untuk memperbaiki masalah. Masalah ini mungkin disebabkan karena file system yang rusak atau hilang di komputer anda. Karenanya, dalam hal ini, anda dapat melakukan scan SFC untuk memperbaiki masalah tersebut. Setelah perintah selesai, buka WSReset.exe dan lihat apakah berfungsi dengan baik atau tidak.


Jika tidak membantu, anda mungkin perlu melakukan scan Deployment Image Servicing and Management (DISM) untuk memulihkan system image komputer anda. Setelah itu, periksa kembali apakah berfungsi dengan baik di PC anda atau tidak.




4. Reset Microsoft Store Melalui Settings Windows


Jika WSReset.exe masih tidak berfungsi, maka anda dapat mereset Microsoft Store menggunakan Settings Windows. Ini akan memulihkan keadaan asli Microsoft Store dan menghapus korup yang terkait dengan aplikasi. Untuk melakukannya, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Apps di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Apps & features di panel kiri.
  • Di panel kanan, klik Microsoft Store dan kemudian klik Advanced options.
  • Selanjutnya dibawah bagian Reset, klik Reset dan klik kembali Reset untuk mengatur ulang aplikasi.



Di Windows 11:

  • Tekan tombl Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan di panel kanan klik Installed apps.
  • Di halaman berikutnya, klik menu tiga titik di samping Microsoft Store dan klik Advanced options.
  • Selanjutnya, di bagian Reset, klik Reset dan klik kembali Reset.



Jika tidak memperbaiki masalah, anda juga dapat menjalankan Repair untuk memperbaiki aplikasi di halaman yang sama di jendela Settings Windows.



5 Install Ulang Microsoft Store


Jika masalahnya tetap sama, anda dapat mencoba menginstall ulang Microsoft Store melalui Powershell. Masalah WSReset.exe tidak berfungsi ini mungkin disebabkan karena beberapa kerusakan pada aplikasi. Oleh karena itu, jika skenarionya berlaku, anda dapat menginstall ulang Microsoft Store menggunakan PowerShell. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.

  • Pertama, jalankan Windows Powershell sebagai administrator dari Start Menu. Atau membuka Windows Terminal dengan hak admin dan pilih PowerShell.
  • Sekarang, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}


  • Biarkan perintah selesai dan itu akan menginstall ulang Microsoft Store.
  • Anda kemudian dapat merestart PC anda dan memeriksa apakah masalahnya teratasi atau belum.


6. Perbaiki Instalasi Windows

Jika tidak ada solusi di atas yang berhasil untuk anda, maka perbaiki instalasi Windows menggunakan media instalasi atau menggunakan Media Creation Tool. Ini akan menginstall ulang Windows sambil menyimpan data anda. Jika masalah disebabkan karena kerusakan system, ini akan memperbaiki masalah.



Semoga membantu anda!

Jika Microsoft Store stuck di loop refresh saat menginstall aplikasi atau update aplikasi, maka mereset cache Microsoft Store menggunakan WSReset.exe atau Settings Windows dapat membantu anda. Anda juga dapat mencoba sign-out kemudian sign-in kembali ke Microsoft Store dan memeriksa apakah masalahnya sudah diperbaiki. Jika itu tidak membantu, maka anda dapat mencoba menginstall ulang aplikasi yang bermasalah.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki WSReset.exe tidak berfungsi di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki WSReset.exe Tidak Berfungsi di Windows 10/11"