Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Windows Terus Booting ke Recovery Mode

 


Jika komputer Windows 10 atau Windows 11 anda terus-menerus memasuki Recovery Mode atau lingkungan Windows Recovery Environment (Win RE), berikut adalah panduan langkah demi langkah yang dapat membantu anda mengatasi masalah ini. Meskipun ini adalah situasi yang tidak umum, namun ini bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti kerusakan atau kehilangan file system, instalasi update Windows yang tidak benar dan lain sebagainya.


Dalam situasi seperti itu, pengguna perlu mengandalkan fitur yang dikenal sebagai Automatic Repair. Fitur ini dirancang untuk memperbaiki masalah pada booting system dan seringkali mencakup rebuild file BCD (Boot Configuration Data) dan MBR (Master Boot Record). Meskipun Automatic Repair seringkali efektif, terkadang fitur ini bisa gagal. Dalam hal ini, diperlukan penggunaan media instalasi Windows bootable untuk melakukan rebuild BCD dan MBR secara manual.



Memperbaiki Windows Terus Booting ke Recovery Mode


Jika Windows 10 atau Windows 11 anda terus melakukan booting ke Recovery Mode, maka langkah-langkah berikut ini akan membantu anda untuk keluar dari Windows Recovery Environment.


Untuk memulai, anda perlu membuat media instalasi Windows bootable. Untuk itu, anda dapat mengambil bantuan Media Creation Tool yang tersedia secara gratis dan didownload dari website resmi Microsoft. Atau anda dapat menggunakan tool pihak ketiga seperti Rufus untuk melakukan pekerjaan yang sama. Jika anda belum memiliki file ISO Windows, anda perlu mendownload file ISO Windows 10 atau Windows 11 terlebih dahulu dan kemudian gunakan Rufus untuk membuat media instalasi Windows bootable. 



Setelah anda memiliki media instalasi bootable, hubungkan ke komputer anda. Setelah system anda masuk ke Recovery Mode, anda dapat menemukan opsi bernama Repair your computer. Klik di atasnya.



Kemudian, klik opsi Troubleshoot di halaman berikutnya.


Pada menu Troubleshoot, anda dapat menemukan beberapa opsi lain, tetapi saat ini anda perlu mengklik Advanced options.


Selanjutnya, anda perlu memilih opsi Command Prompt.



Sekarang, Command Prompt akan terbuka di layar anda. Anda kemudian harus memasukkan perintah berikut ini satu per satu sambil menekan Enter untuk memperbaiki Master Boot Record dan merebuild file Boot Configuration Data pada komputer anda.

bootrec /fixmbr
bootrec /fixboot
bootrec /scanos
bootrec /rebuildbcd


Sekedar informasi, proses ini mungkin memerlukan waktu. Sampai saat itu tiba, jangan tutup jendela Command Prompt atau melakukan hal lainnya.

Setelah selesai, tutup jendela Command Prompt dan restart komputer anda.


Penyebab Windows anda terus booting ke Recovery Mode karena ada berbagai hal yang menyebabkan hal ini. Misalnya, hal ini dapat terjadi karena driver yang rusak, hardware yang di-overclock, file system yang hilang dan lainnya. Selain itu, update Windows dan update BIOS juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah ini pada komputer anda. Meskipun demikian, anda dapat keluar dari masalah ini dengan mengikuti solusi yang disebutkan di atas.

Jika anda mengalami masalah Windows stuck di Restarting dan terus menerus restart, maka artikel ini akan membantu anda.

Semoga membantu anda!

Sekian tutorial saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Windows terus booting ke Recovery Mode di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Windows Terus Booting ke Recovery Mode"