Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki GPU Tidak Muncul di Task Manager di Windows 11

 


Jika informasi terkait GPU tidak terlihat dalam Task Manager di Windows 11 anda, maka artikel ini dapat memberikan solusi yang berguna. Task Manager berperan penting dalam memantau serta mengatur resource system secara optimal. Namun, beberapa pengguna telah mengalami kendala baru-baru ini dmana GPU tidak terdeteksi dalam Task Manager.



Memperbaiki GPU Tidak Muncul di Task Manager


Apabila GPU anda tidak terlihat dalam Task Manager, langkah pertama yang bisa diambil adalah merestart system dan mengupdate system operasi anda ke versi terbaru yang tersedia. Dengan melakukan ini, anda mungkin dapat mengatasi masalah tersebut. Namun jika tidak, maka gunakan solusi berikut ini untuk memperbaikinya.



1. Update Driver Graphics


Hal pertama yang dapat anda lakukan adalah mengupdate driver GPU anda ke versi terbaru. Hal ini karena graphics yang out of date atau rusak dapat menyebabkan GPU tidak muncul di Task Manager. Untuk mengupdate driver graphics anda, anda dapat mengikuti salah satu metode berikut ini.

  • Anda dapat memeriksa Optional updates di jendela Settings.
  • Update driver graphics melalui Device Manager.




2. Periksa Pengaturan BIOS


Pengaturan BIOS yang salah konfigurasi adalah alasan lain GPU Aanda tidak muncul di Task Manager. Jadi, akses BIOS/UEFI dan pastikan integrated graphics atau GPU discrete diaktifkan.


Jika sudah diaktifkan, maka coba reset pengaturan BIOS ke nilai defaultnya. Ini karena pengaturan BIOS yang rusak dapat membuat system anda tidak berfungsi.




3. Perbaiki File System yang Rusak


GPU anda mungkin tidak muncul di Task Manager karena file system anda korup, rusak atau hilang atau system image rusak. Oleh karena intu, anda perlu melakukan scan dan memperbaiki file system Windows anda. Untuk memperbaiki file system yang rusak, maka anda dapat menjalankan System File Checker (SFC) untuk memperbaikinya. Namun jika itu tidak memperbaiki masalah atau karena system image anda yang rusak, maka anda perlu menjalankan Deployment Image Servicing and Management (DISM).  Kedua tool tersebut akan memperbaiki sile system anda.




4. Nonaktifkan Power Saving Mode


Jika masalah belum terselesaikan, maka anda perlu menonaktifkan power saving mode karena itu dapat membatasi performa/kinerja GPU untuk menghemat energi. Berikut adalah cara anda melakukannya.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih System di panel kiri dan klik Power & Battery di panel kanan.




5. Periksa Error yang Terkait dengan Hardware


Terakhir, periksa perangkat anda apakah ada error yang terkait dengan hardware anda. Untuk melakukannya, anda dapat menjalankan Hardware and Devices Troubleshooter. Anda juga dapat menggunakan DirectX Diagnostic Tool (DxDiag) untuk memecahkan masalah ini. Namun, jika itu juga tidak membantu, kunjungi pusat layanan pabrikan OEM anda.




Saya harap salah satu solusi ini bermanfaat bagi anda.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki GPU Tidak Muncul di Task Manager di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki GPU Tidak Muncul di Task Manager di Windows 11"