Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x80042306 System Restore di Windows 10/11

 


Jika anda terus menghadapi error 0x80042306 saat membuat system restore point pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda dan ingin mencari solusinya, maka artikel ini dapat memberikan panduan yang bermanfaat untuk anda. System Restore adalah fitur penting dalam Windows yang memungkinkan pengguna mengembalikan komputer mereka ke kondisi kerja sebelumnya. Ini sangat berguna saat pengguna mengalami masalah dengan system atau ketika mereka kehilangan file penting secara tidak sengaja.


Pesan error lengkap yang ditampilkan saat terjadinya masalah ini akan terlihat seperti berikut ini.

The restore point could not be created for the following reason:

The shadow copy provider had an error. Check the System and Application event logs for more information. (0x80042306)

Please try again.



Error 0x80042306 ini menunjukkan bahwa Shadow Copies untuk Shared Folders tidak berfungsi. Shadow Copies (juga dikenal sebagai System Restore Points) adalah jenis restore point khusus yang dibuat oleh Windows Vista dan versi Windows yang lebih baru.



Memperbaiki Error 0x80042306 System Restore di Windows 10/11


Untuk memperbaiki error 0x80042306 saat melakukan System Restore, ikuti beberapa solusi berikut ini



1. Restart Service Volume Shadow Copy


Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah merestart service Volume Shadow Copy. Service ini memungkinkan pembuatan salinan backup untuk file dan volume di Windows. Jika berhenti berfungsi, ini dapat menyebabkan error 0x80042306 saat anda melakukan System Restore.


Berikut adalah langkah-langkah untuk merestart service Volume Shadow Copy di Windows 10 atau Windows 11 anda.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc  dan tekan Enter untuk membuka Services Windows.
  • Di jendela Services, temukan service Volume Shadow Copy di panel kanan.
  • Setelah itu, klik kanan pada service tersebut dan pilih Restart.



Ini akan menjalankan ulang service Volume Shadow Copy yang mungkin sebelumnya bermasalah.



2. Daftar Ulang Komponen VSS


Solusi selanjutnya adalah anda dapat mencoba mendaftarkan ulang komponen VSS. Melakukannya akan mendaftarkan ulang file DLL VSS yang diperlukan yang dapat menyelesaikan masalah potensial apapun dengan service VSS.


Ikuti langkah-langkah berikut untuk mendaftarkan ulang komponen VSS.

  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut satu per satu sambil menekan Enter.
net stop vss
net stop swprv
cd /d %windir%\system32
regsvr32 /s ole32.dll
regsvr32 /s oleaut32.dll
regsvr32 /s vss_ps.dll
vssvc /register
regsvr32 /s /i swprv.dll
regsvr32 /s /i eventcls.dll
regsvr32 /s es.dll
regsvr32 /s stdprov.dll
regsvr32 /s vssui.dll
regsvr32 /s msxml.dll
regsvr32 /s msxml3.dll
regsvr32 /s msxml4.dll
net start vss
net start swprv
  • Setelah semua perintah di jalankan, restart komputer anda.

Setelah itu, buat system restore kembali dan lihat apakah anda berhasil membuatnya tanpa error atau tidak.


3. Jalankan Disk Cleanup untuk Mengosongkan Ruang

Error 0x80042306 System Restore ini dapat terjadi jika komputer Windows anda kehabisan ruang untuk drive system anda. Dalam hal ini, browser tidak akan dapat mendownload file besar. Untuk memperbaikinya, anda perlu membersihkan ruang pada drive system anda. Langkah termudah anda adalah menjalankan Disk Cleanup Windows. Jika anda pengguna Windows 11, maka anda juga dapat menggunakan Cleanup Recommendations untuk menghapus file sampah dan mengosongkan ruang disk anda. Atau anda juga dapat menggunakan software pembersih file sampah gratis pihak ketiga atau mencari cara lain untuk menghapus temporary file (file sementara).


Jika anda mendapati bahwa temporary file di system anda tidak dapat dihapus dan menyebabkan anda kehabisan ruang pada drive system anda, maka anda perlu melakukannya secara manual atau dengan metode yang berbeda.


4. Periksa Masalah Disk

Anda mungkin kesulitan membuat system restore point jika ada kerusakan di hard drive anda. Jika demikian, menjalankan scan CHKDSK akan membantu anda memperbaiki masalah pada hard drive anda.



5. Nonaktifkan Software Keamanan Untuk Sementara

Software keamanan yang diinstall pada perangkat Windows anda terkadang dapat mengganggu tugas dan proses Windows. Jadi, nonaktifkan software antivirus anda khususnya software antivirus pihak ketiga. Jika tidak membantu, anda mungkin perlu menonaktifkan Windows Defender Firewall dan lihat apakah itu bekerja untuk anda.



6. Buat Restore Point di Safe Mode

Jika tidak ada saran ini yang membantu anda, maka anda dapat mencoba membuat restore point di Safe Mode. Langkah-langkah untuk membuat restore point di Safe Mode sama dengan yang anda lakukan di normal mode.


Semoga membantu anda!

Anda juga perlu membaca artikel ini untuk mengetahui apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan System Restore di System Windows anda.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x80042306 System Restore di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x80042306 System Restore di Windows 10/11"