Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Install Optional Updates Secara Otomatis di Windows 11

 


Optional Updates Windows bukan update wajib tetapi tersedia bagi pengguna ketika tersedia. Meskipun banyak pengguna PC dan admin IT memilih untuk menginstall update secara manual, kebijakan baru memungkinkan mereka menerima dan menginstall Optional Updates Windows secara otomatis pada perangkat komputer mereka. Fitur baru ini tersedia di Windows 11, versi 22H2 dan yang lebih baru.


Dengan ini, administrator IT dapat mengontrol cara menginstall preview updates non-security bulanan di perangkat perusahaan mereka.


Fitur baru ini diberi label Enable optional updates. Dengan menggunakan fitur ini, seseorang dapat mengkonfigurasi akses ke optional updates dalam system organisasi. Setelah mengaktifkan fitur ini, seseorang dapat menerima optional updates secara otomatis yang mungkin mencakup Controlled Feature Rollout (CFR) atau anda dapat secara manual memilih opsi update yang ingin anda install.




Cara Menginstall Optional Updates Secara Otomatis di Windows 11


Cara baru untuk mengontrol Driver dan Optional Updates di Windows 11 kini akan menawarkan kepada administrator tool yang diperlukan untuk mengelola peluncuran fitur dan perbaikan Windows 11 baru sebelum rilis umum.


Untuk membuat Optional Updates di install secara otomatis, anda akan menggunakan pengaturan Group Policy. Kebijakan tersebut memiliki tiga jenis pengaturan kebijakan. Berikut ini adalah tiga jenis kebijakan tersebut.

  • Automatically receive optional updates (including CFRs): Opsi ini harus dipilih untuk mendapatkan update non-security terbaru dan peluncuran fitur bertahap pada perangkat anda. Tidak ada update pada penawaran Feature Updates.
  • Automatically receive optional updates: Anda harus memilih opsi ini untuk perangkat yang hanya ingin anda dapatkan Optional Update non-security terbaru. Namun, mereka tidak akan secara otomatis menerima peluncuran fitur secara bertahap. Selain itu, tidak ada perubahan pada penawaran Feature Updates.
  • Users can select what optional updates to receive: Kalimat tersebut menjelaskan segalanya. Pengguna akan dapat mengatur preferensi mereka sendiri untuk Optional Update non-security. Singkatnya, anda dapat secara manual memilih update mana yang akan dipilih. Selain itu, tidak ada perubahan pada penawaran Feature Updates.


Sekarang, pertanyaannya adalah, bagaimana anda mengaktifkan kebijakan ini? Untuk mengatasinya, anda perlu membuat dua perubahan kebijakan. Yang pertama adalah mengaktifkan kebijakan Optional Update yang baru dan yang lainnya adalah mengkonfigurasi Service Provider Policy for Business atau Windows Server Update Services (WSUS).



Cara Mengatur Optional Updates di Install Secara Otomatis


Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengaktifkan kebijakan Optional Updates di Windows 11 anda.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor.
  • Di jendela Local Group Policy Editor, navigasikan ke jalur berikut ini.
Computer Configuration - Adminstriative templates - Windows Components - Windows Update - Manage update offered from Windows Update
  • Di lokasi, klik dobel pada kebijakan Enable optional updates di panel kanan.


  • Di jendela edit kebijakan, pilih Enabled.
  • Selanjutnya di bagian Options, ubah Select how users receive optional updates ke salah satu dari tiga opsi yang di jelaskan di atas.
  • Setelah itu, klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.



Configuration Service Provider (CSP) Policy

Untuk mengkonfigurasi kebijakan optional updates, admin IT dapat mengikuti jalur berikut ini di Group Policy Editor.

Policy - Config - Update - AllowOptionalContent

Setelah anda selesai mengaktifkan dan mengonfigurasi kedua kebijakan, perangkat Windows di organisasi anda perlu melakukan perubahan cepat jika anda memutuskan untuk mengkonfigurasi kebijakan ini dan memungkinkan pengguna memilih update apa yang akan diterima.

Jadi ingatkan pengguna PC di organisasi anda untuk melakukan perubahan berikut agar dapat menerima update terbaru.
  • Pertama, pilih optional updates non-security mana yang akan diperoleh dengan masuk ke Settings - Windows Update - Advanced options - Optional updates.
  • Pengguna juga dapat mengaktifkan tombol Get the latest updates as soon as they’re available ke On di bawah Settings - Windows Update.


  • Setelah melakukannya, anda perlu merestart perangkat anda.

Kebijakan optional updates Windows yang baru dapat menjadi tool yang sangat baik bagi para profesional TI, memungkinkan mereka mengontrol update Windows 11. Namun, sebelum menerapkan kebijakan baru ini, pastikan anda melakukan riset yang tepat untuk menghindari kekacauan di masa mendatang.


Semoga membantu anda!

Sekian tutorial saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menginstall Optional Updates secara otomatis di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Install Optional Updates Secara Otomatis di Windows 11"