Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki SecurityHealthService.exe Crash atau Berhenti Bekerja

 


Jika anda menghadapi masalah dengan Windows Security dan melihat pesan error yang mengatakan The Windows Security service (atau SecurityHealthService.exe) on Local Computer started and then stopped, maka artikel ini memiliki beberapa solusi yang akan membantu anda mengaasi masalah tersebut.



Alasan mengapa securityhealthservice.exe sering crash mungkin berkaitan dengan file system yang korup atau hilang. Terkadang, komputer Windows 10 atau Windows 11 anda mungkin memerlukan update untuk mengembalikan semuanya ke jalur semula.



Memperbaiki SecurityHealthService.exe Crash atau Berhenti Bekerja


Jika anda mengalami masalah dengan SecurityHealthService.exe yang crash atau berhenti bekerja, maka solusi berikut ini akan sangat membantu.



1. Restart Windows Security Service


Merestart Windows Security Service adalah hal pertama yang harus anda lakukan disini dan harus dilakukan melalui Services Windows. Untuk merestart service ini, ikuti langkah-langkah yang dijelaskan dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services Windows.
  • Di jendela Services, klik dobel pada service Windows Security Service di panel kanan.
  • Di jendela properties service, dibawah bagian Service status, klik Stop untuk menghentikan service.
  • Setelah itu, klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.
  • Selanjutnya, restart komputer anda.



Saat merestart Windows, service Windows Security Service juga akan di jalankan secara otomatis di booting berikutnya. Jika itu tidak terjadi, maka anda dapat mengikuti langkah-langkah telah di jelaskan diatas dan di jendela properties service, anda cukup mengklik Start dibawah bagian Service status.



2. Reset Security Health Service


Kita harus bergerak ke solusi berikutnya yaitu merestart Security Health Service dengan harapan semuanya akan kembali normal. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Di jendela PowerShell, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
Get-AppxPackage *Microsoft.SecHealthUI* | Reset-AppxPackage
  • Proses akan berjalan dengan sendirinya dan tunggu hingga selesai.
  • Setelah itu, restart komputer anda.


Anda juga dapat mereset Windows Security. Dengan mereset Windows Security di Windows 10 atau Windows 11 anda, itu juga akan mereset service ini dan semua komponen terkait lainnya.


3. Install Ulang Windows Security

Cara lain untuk mengatur hal-hal yang benar terkait dengan Windows Security Service adalah dengan menginstall ulang melalui PowerShell. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.
  • Buka PowerShell dengan hak administrator seperti metode diatas.
  • Di jendela PowerShell, masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter.
Get-AppxPackage *Microsoft.Windows.SecHealthUI* | Reset-AppxPackage
  • Setelah selesai, tutup PowerShell dan restart komputer anda.



4. Jalankan SFC dan DISM

Metode lain untuk memperbaiki masalah terkait Windows Security Service adalah memperbaiki file system yang hilang atau rusak. Anda dapat menjalankan scan SFC dan tidak hanya itu, tetapi saya juga menyarankan anda untuk menjalankan scan DISM untuk memperbaiki system image Windows 10 atau Windows 11.



Semoga membantu anda!

Sekian artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki SecurityHealthService.exe crash atau berhenti bekerja di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti artikel ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki SecurityHealthService.exe Crash atau Berhenti Bekerja"