Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Reset Windows Security di Windows 10/11

 


Jika Windows Security (dulu dikenal dengan nama Windows Defender) macet atau tidak terbuka, anda dapat mereset dan mendaftarkan ulang aplikasi Windows Security dan semoga masalah dapat diperbaiki. Dalam artikel kali ini, saya akan menunjukkan pada anda tiga metode cepat dan mudah untuk mereset aplikasi Windows Security di Windows 10 atau Windows 11.


Di artikel ini saya memberikan cara untuk mereset Windows Security, bukan menonaktifkannya. Jika anda menginginkan hal itu maka anda dapat  membaca tutorial saya lainnya tentang cara nonaktifkan Windows Security secara permanen di Windows 10/11.



Reset Aplikasi Windows Security


Anda dapat melakukan tugas ini dengan salah satu dari tiga metode dibawah ini. Mari kita lihat metode satu per satu dan ikuti metode yang anda anggap paling mudah.



1. Reset Windows Security dari Settings Windows


Ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini untuk mereset Windows Security dari Settings Windows di Windows 10 atau Windows 11 anda.


Di Windows 10: 

  • Klik Start menu, kemudian skrol kebawah untuk menemukan Windows Security dari daftar. Di Windows 11, setelah mengklik Start menu, klik All apps dan anda akan menemukan Windows Security disana.
  • Selanjutnya klik kanan padanya dan pilih More - App settings.


  • Di jendela Settings Windows Security, skrol kebawah hingga anda menemukan tombol Reset.
  • Klik pada tombol Reset untuk mengonfirmasinya.



  • Sekarang anda dapat keluar dari Settings Windows Security.


Di Windows 11:

  • Klik Start menu, kemudian klik All Apps.
  • Selanjutnya, skrol kebawah untuk menemukan Windows Security dari daftar, kemudian klik kanan padanya dan pilih More - App settings.


  • Di jendela Settings Windows Security, skrol kebawah hingga anda menemukan tombol Reset dan klik padanya.


  • Klik kembali pada tombol Reset untuk mengonfirmasinya.



2. Reset Windows Security Menggunakan PowerShell


Ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini untuk meresetnya dengan menggunakan Windows PowerShell.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Windows PowerShell (Admin) dari daftar.


  • Di jendela PowerShell, masukan perintah berikut di bawah ini dan tekan Enter.


Get-AppxPackage *Microsoft.Windows.SecHealthUI* | Reset-AppxPackage


Setelah perintah dijalankan, anda dapat keluar dari jendela PowerShell. Jika mereset tidak memperbaikinya, maka  anda juga dapat juga dapat menguninstallnya dan kemudian menginstallnya kembali. Baca disini untuk langkah lebih lanjut.


3. Install dan Register Ulang Windows Security Menggunakan Command Prompt.

Ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini untuk melakukannya.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak admin.


  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah di bawah ini dan tekan Enter.

PowerShell -ExecutionPolicy Unrestricted -Command "& {$manifest = (Get-AppxPackage *Microsoft.Windows.SecHealthUI*).InstallLocation + '\AppxManifest.xml' ; Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register $manifest}"



Mereset Windows Security atau aplikasi apa saja dapat mengembalikan mereka ke jalur yang benar. Namun terkadang anda dapat menemukan masalah baru saat mereset atau menginstallnya seperti Windows Installer yang gagal start. Anda kemudian dapat menyelesaikannya dengan mudah masalah tersebut dan kemudian dapat melanjutkan untuk mereset Windows Security.

Setelah berhasil melakukannya, anda kemudian dapat memodifikasinya untuk meningkatkan level perlindungan pada PC anda. Untuk melakukannya, anda dapat membaca tutorial saya tentang cara ''Membajak'' Windows Security untuk meningkatkan level perlindungan di Windows 10/11.

Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Reset Windows Security di Windows 10/11"