Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Service Windows Installer Tidak Dapat Diakses atau Dimulai

 


Saat anda menginstall, menguninstall atau mengupdate sebuah program atau aplikasi, anda mungkin menerima pesan error yang mengatakan The Windows Installer Service could not be accessed atau Windows Installer Service couldn’t be started atau Could not start the Windows Installer service on Local Computer. Dalam kondisi seperti ini, anda tidak akan dapat melanjutkan penginstalan program atau aplikasi kecuali jika anda telah memperbaiki error ini.


Ini dapat terjadi jika Windows Installer Engine, tidak diinstal dengan benar, atau dinonaktifkan. Dalam kasus seperti itu, anda mungkin ingin mencoba salah satu atau lebihmetode berikut ini untuk memperbaiki masalah yang sedang anda hadapi.





Memperbaiki Service Windows Installer Tidak Dapat Diakses atau Dimulai


Serice Windows Installer adalah komponen Microsoft Windows yang digunakan untuk penginstalan, maintenance, dan menguninstall program atau aplikasi. Jadi jika anda melihat pesan error seperti diatas, jangan khawatir jika anda mengalami masalah ini di komputer anda. Cobalah metode yang disediakan dan anda akan membuat Windows Installer berfungsi dengan baik lagi di Windows 11/10/8/7.



1. Masuk Sebagai Administrator


Harap pastikan bahwa anda masuk sebagai Administrator di PC Windows tersebut. Jika anda belum melakukannya, restart PC dan masuk dengan akun administrator.


Setelah melakukannya, coba kembali install, uninstall atau update aplikasi tersebut.



2. Apakah msiexec Terbuka?


Buka jendela command prompt, ketik msiexec dan tekan Enter. Jika jendela seperti dibawah ini terbuka dan anda menerima pesan error, maka catat pesan error tersebut dan coba cari tahu di Internet.



Anda juga dapat melihat semua command line di jendela tersebut. Harus anda pahami bahwa anda tidak dapat menjalankan program msiexec.exe tanpa menentukan setidaknya satu command line.



3. Periksa Status Service Windows Installer


Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter.
  • Kemudian klik dobel pada Windows Installer di panel kanan jendela Services.


  • Di jendela Windows Installer Properties, pastikan bahwa service Windows Installer diatur ke Manual. Jika belum dimulai, silakan klik Start di bagian Startup type dan coba lagi.



4. Hapus Duplikat File MISEXEC


Untuk menghapus file MISEXEC, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka File Explorer dan masuk ke C: Windows\System32.
  • Cari file msiexec.exe.


  • Jika ada file msiexec lain tanpa ekstensi file atau file dengan ukuran 0KB, maka hapus atau ganti namanya menjadi msiexec.old.



5. Ubah Service Remote Procedure Call (RPC)


Untuk mengubah Service Remote Procedure Call (RPC) di Windows anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Services dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter.
  • Pada jendela Service, cari dan klik dobel pada service Remote Procedure Call (RPC).


  • Pilih tab Logon, kemudian pada bagian Log on as, pilih Local System Account dan beri ceklist pada Allow service to interact with desktop.


  • Kemudian klik OK untuk menyimpan perubahan dan restart PC anda.



6. Daftarkan Ulang Windows Installer Engine


Buka jendela command prompt dan masukan perintah berikut dibawah ini satu per satu diikuti dengan menekan Enter. Perintah di bawah ini akan mendaftarkan ulang Windows Installer engine.

msiexec /unregister
msiexec /regserver

Anda dapat membacanya lebih lanjut lagi di artikel lainnya tentang cara uninstall aplikasi bawaan di Windows 10 menggunakan powershell.


7. Jalankan Program Install and Uninstall Troubleshooter

Program Install and Uninstall Troubleshooter adalah pengganti untuk utilitas Windows Installer Cleanup yang dihentikan. Tools ini akan membantu anda memperbaiki masalah potensial dengan Windows Installer.

Secara khusus, ini akan memperbaiki masalah yang menghalangi program baru untuk diinstal, duninstall, atau diupdate. Juga termasuk key registry yang rusak yang terkait dengan masalah ini.

Program Install and Uninstall Troubleshooter ini berfungsi pada Windows 10/8.1/8/7.


8. Jalankan System File Checker

Jalankan System File Checker, kemudian restart PC anda jika diminta dan coba kembali.


9. Reset Pengaturan Registry untuk Service Windows Installer

Mereset pengaturan registry service Windows Installer ke nilai defaultnya dapat membantu menyelesaikan masalah ini. Download perbaikan registry ini yang disebutkan di KB2642495 dan tambahkan ke registry anda. Buat system restore point terlebih dahulu sebelum menerapkan perbaikan registry ini. Setelah mendownload file, ektrak file dan klik dobel pada file MSI-Repair untuk menggabungkannya. 



Untuk pengguna Windows 64-bit, anda dapat mengikuti langkah dibawah ini.

  • Buka Registry Editor dengan menekan tombol Win + R, ketik regedit dan tekan Enter.
  • Kemudian di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\msiserver
  • Di panel kanan, temukan WOW64. Jika tidak ada, anda dapat membuatnya sendiri dengan klik kanan ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) value dan beri nama dengan WOW64.
  • Kemudian klik dobel pada WOW64, kemudian ubah Base ke Decimal dan masukan value datanya menjadi 0 (nol).
  • Setelah itu klik OK dan restart system anda.


10. Install Windows Installer Versi Terbaru

Jika Windows Installer kedaluwarsa atau tidak kompatibel dengan OS Windows anda saat ini, Windows Installer mungkin tidak berfungsi dengan baik dan anda mungkin menerima pesan error Windows Installer Service could not be accessed.

Jadi, berikut adalah cara praktis lain untuk membantu anda dengan menginstal Windows Installer versi terbaru. Untuk melakukannya, anda dapat menggunakan command prompt menghapus Windows Installer yang lama kemudian menginstalnya sendiri secara manual.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Enter.
  • Di command prompt, masukan perintah berikut satu per satu dan tekan Enter.
cd %windir%\system32
ren msi.dll msi.old
ren msiexec.exe msiexec.old
ren msihnd.dll msihnd.old
  • Kemudian ketik exit di command prompt dan tekan Enter untuk menutup jendela.
  • Restart komputer anda.


  • Setelah mendownload, klik dobel pada file tersebut untuk memulai penginstalan.
  • Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses instalasi.
  • Setelah Windows Installer selesai di install, restart kembali komputer anda secara normal.


Ketika mendapat pesan error seperti The Windows Installer Service could not be accessed atau Windows Installer Service couldn’t be started atau Could not start the Windows Installer service on Local Computer saat menginstall, menguninstall atau mengupdate program atau aplikasiyang membuat prosesnya tidak dapat di selesaikan, ini membuat anda sedikit frustrasi. Namun anda sekarang tahu bagaimana cara mengatasinya. Semoga salah satu metode diatas membantu anda.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Service Windows Installer Tidak Dapat Diakses atau Dimulai"