Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Phone Link Tidak Menghasilkan QR code atau PIN di Windows 10/11

 


Jika Phone Link tidak menghasilkan QR code atau PIN di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka baca artikel ini untuk mengetahui cara memperbaiki masalahnya. Beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka menghadapi masalah ini dimana aplikasi Phone Link tidak akan menghasilkan QR code atau PIN untuk mereka. Saat mereka mencoba membuat QR code atau PIN, tidak ada yang terjadi dan pesan error berikut akan muncul di layar.

Something went wrong

It’s not you, it’s us. We’re experiencing service issues, so please try again later.



Pembuatan QR code atau PIN adalah salah satu langkah menyiapkan PC untuk terhubung dengan ponsel menggunakan aplikasi Phone Link dan Link to Windows. Aplikasi Microsoft ini memungkinkan pengguna untuk mem-pair perangkat Android atau iPhone dan Windows melalui jaringan Wi-Fi yang sama. Setelah perangkat dipair, PC dapat mengakses foto, mengirim pesan dan menerima panggilan dari ponsel yang terhubung.


Jika anda salah satu pengguna yang kesulitan membuat QR code atau PIN di aplikasi Phone Link, maka artikel ini cocok untuk anda. Disini, saya akan membahas berbagai metode pemecahan masalah untuk membantu anda dalam memperbaiki masalah tersebut.



Memperbaiki Phone Link Tidak Menghasilkan QR code atau PIN


Hal pertama yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki masalah ini adalah pastikan anda menggunakan versi Windows yang kompatibel. Aplikasi Phone Link hanya berfungsi dengan PC yang menjalankan Windows 10 (Update Mei 2019 atau lebih baru) atau Windows 11. Jika anda memiliki versi Windows sebelumnya, maka aplikasi ini mungkin tidak berfungsi untuk anda.


Jika anda memiliki versi Windows yang didukung dan aplikasi Phone Link masih tidak menghasilkan QR code atau PIN, maka gunakan beberapa metode perbaikan berikut ini untuk memperbaiki masalah tersebut.



1. Periksa Koneksi Jaringan Anda


Aplikasi Phone Link memerlukan koneksi jaringan aktif agar berfungsi. Pastikan ponsel Android dan PC Windows anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama sebelum anda mencoba membuat koneksi di antara keduanya. Anda juga perlu mengatur pengaturan Network & internet dan pastikan anda menonaktifkan pengaturan Metered connection.


Untuk menonaktifkan pengaturan Metered connection di Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Network & Internet di jendela Settings.
  • Selanjutnya, pilih Status di panel kiri dan klik Properties (dari jaringan WiFi yang anda gunakan saat ini) di panel kanan.
  • Di halaman selanjutnya, nonaktifkan opsi Set as metered connection ke Off untuk menonaktifkan Metered Connection.
  • Setelah itu, restart komputer anda.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih Network & Internet di panel kiri dan klik Properties atau jaringan WiFi di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, nonaktifkan opsi Metered Connection ke Off.
  • Kemudian restart komputer anda.



Jika anda menggunakan iPhone, pastikan anda telah mengaktifkan Bluetooth di kedua perangkat. Juga, pastikan anda telah mengupdate driver perangkat pada PC Windows anda. Jika anda tidak sengaja menguninstall dan menghapus driver Bluetooth dari Device Manager, kunjungi website produsen PC anda untuk mendownload driver Bluetooth dengan versi yang disarankan dan menginstall driver tersebut di PC anda.



2. Perbaiki atau Reset Aplikasi Phone Link


Jika jaringan anda berfungsi dengan baik, maka coba reset aplikasi Phone Link anda. Ini membantu banyak pengguna dan berhasil menyelesaikan masalah ini. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Apps di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Apps & features di panel kiri.
  • Di panel kanan, klik Phone Link dan kemudian klik Advanced options.
  • Selanjutnya dibawah bagian Reset, klik Repair untuk memperbaiki aplikasi.
  • Setelah itu restart Phone Link dan coba buat QR code atau PIN.
  • Jika masih gagal, kembali ke jendela Settings dan jalankan Reset untuk mengatur ulang aplikasi.



Di Windows 11:

  • Tekan tombl Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan klik Installed apps di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik menu tiga titik di samping Phone Link dan pilih Advanced options.
  • Selanjutnya, di bagian Reset, jalankan Repair terlebih dahulu.
  • Seteleh itu, periksa apakah masalah di perbaiki atau tidak.
  • Jika itu tidak memperbaiki masalah, maka klik Reset untuk mengatur ulang aplikasi.




3. Install Ulang Aplikasi Phone Link


Jika anda masih tidak dapat memperbaiki masalah tersebut, maka coba install ulang aplikasi Phone Link. Ini sepenuhnya akan menggantikan versi aplikasi Phone Link yang ada di PC Windows anda dengan versi terbaru yang tidak memiliki file yang rusak atau out of date (jika itu yang menyebabkan masalah).


Untuk menguninstall aplikasi bawaan Windows seperti Phone Link ini, anda tidak dapat melakukannya dari jendela Settings atau Control Panel. Anda perlu melakukannya dari jendela PowerShell. Untuk itu, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukannya.

  • Di jendela PowerShell, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
Get-AppxPackage Microsoft.YourPhone -AllUsers | Remove-AppxPackage


  • Setelah aplikasi Phone Link berhasil di uninstall dari PC anda, download dan install versi terbaru aplikasi Phone Link dari Microsoft Store.


Setelah melakukan itu, coba pair kembali perangkat melalui QR code atau PIN.


4. Gunakan Microsoft Account yang Berbeda

Jika semuanya gagal, maka coba gunakan Microsoft account lain untuk menghubungkan ponsel anda ke PC. Microsoft account digunakan untuk akses tanpa batas ke konten anda saat anda menautkan ponsel ke PC. Jika anda hanya memiliki satu akun Microsoft, maka buat akun lain menggunakan panduan ini dan coba keberuntungan anda.



5. Nonaktifkan Sementara Semua Software Keamanan dan Firewall

Beberapa pengguna juga melaporkan bahwa mereka dapat membuat QR code atau PIN setelah menonaktifkan Windows Firewall atau software keamanan lainnya di PC Windows mereka. Software keamanan dirancang untuk melindungi PC anda dari virus atau malware yang berpotensi berbahaya yang dapat dengan mudah menyebar melalui jaringan Wi-Fi. Terkadang, software keamanan ini memblokir Wi-Fi anda untuk mencegah system anda membuat sambungan ke internet. Saat ini terjadi, aplikasi Phone Link gagal menghasilkan QR code atau PIN. Untuk memperbaikinya, nonaktifkan software keamanan anda kemudian coba buat QR code atau PIN kembali. Setelah berhasil, aktifkan kembali software keamanan untuk menjaga keamanan PC anda.



Semoga membantu anda!

Jika anda masih mendapatkan masalah dengan Phone Link, anda dapat menggunakan aplikasi Intel Unison.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Phone Link tidak menghasilkan QR code atau PIN di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Phone Link Tidak Menghasilkan QR code atau PIN di Windows 10/11"