Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0xC0000218, STATUS CANNOT LOAD REGISTRY FILE

 


Salah satu error yang paling dibenci di Windows adalah Blue Screen of Death atau BSOD. Error ini bisa terjadi karena berbagai alasan dan biasanya memberikan informasi tentang nama error dan petunjuk mengapa error itu terjadi. Salah satu error blue screen yang sering muncul adalah STATUS_CANNOT_LOAD_REGISTRY_FILE atau error code 0xC0000218. Pada artikel ini, saya akan membahas cara memperbaikinya.



Error blue screen ini terjadi ketika registry Windows tidak dapat diproses atau file registry gagal dimuat selama proses booting Windows, yang mengakibatkan error Blue Screen of Death (BSOD). Error ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti hilangnya file system, kerusakan pada registry atau kegagalan dalam memuat file kumpulan registry yang diperlukan. Dalam situasi yang jarang terjadi, error ini mungkin dipicu oleh driver yang mencemari registry image di memory atau karena kesalahan memory di area tersebut.



Memperbaiki Error 0xC0000218, STATUS_CANNOT_LOAD_REGISTRY_FILE


Error tersebut umumnya disebabkan oleh kerusakan pada system dan file registry. Oleh karena itu, memperbaiki image Windows dapat menjadi solusi yang membantu.


Jika anda dapat booting ke desktop, anda dapat mengikuti saran secara langsung untuk memperbaikinya. Namun, jika anda tidak dapat booting secara normal, maka anda mungkin perlu mencoba booting ke Safe Mode atau ke Advanced Startup Options untuk melakukan perbaikan. Anda dapat menggunakan Command Prompt untuk melakukan ini. Jika terjadi situasi aneh dimana anda dapat boot ke Safe Mode tetapi tidak dapat mengakses layar Advanced Startup Options, maka anda masih dapat menggunakan Command Prompt untuk mem-boot Windows langsung ke Advanced Startup Settings.


Dalam melakukan perbaikan ini, anda memerlukan izin admin dan pemahaman yang jelas tentang saran dalam daftar. Harap pastikan untuk membackup file penting sebelum mencoba solusi ini. Jika anda tidak dapat booting, ikuti langkah-langkah di artikel ini untuk membackup data anda.


Sekarang, mari kita lihat metode yang perlu anda gunakan untuk memperbaiki error blue screen STATUS_CANNOT_LOAD_REGISTRY_FILE di Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Jalankan Startup Repair


Langkah pertama yang perlu anda coba adalah menjalankan Automatic atau Startup Repair. Tool ini merupakan bagian dari system operasi Windows yang disediakan secara default dan dirancang untuk mendiagnosis serta memperbaiki masalah umum pada saat startup. Ini juga efektif dalam memperbaiki error registry atau file system yang rusak atau hilang.




2. Jalankan System Restore


Jika anda mengalami error setelah melakukan perubahan tertentu pada komputer anda, seperti menginstall atau menguninstall program, mengupdate Windows atau tindakan lainnya, maka anda dapat mencoba melakukan System Restore. Fitur ini memungkinkan anda mengembalikan komputer ke keadaan sebelum perubahan tersebut dilakukan dan dapat membantu memperbaiki masalah yang terkait dengan perubahan tersebut.


Namun, satu kelemahannya adalah bahwa Windows tidak secara otomatis membuat restore point secara default. Sebagai gantinya, anda perlu membuat restore point sendiri dan kemudian menggunakannya untuk memperbaiki Windows anda. Jadi, jika anda telah membuat restore point sebelumnya, gunakan itu untuk merestore system anda, Namun jika tidak, maka lanjut ke solusi berikutnya.




3. Jalankan SFC dan DISM


Anda juga dapat mencoba menggunakan Deployment Image Servicing and Management (DISM). Ini adalah tool bawaan Windows yang digunakan untuk mengelola system image Windows, termasuk file instalasi system operasi. DISM adalah tool yang berguna untuk pemeliharaan, perbaikan dan pembaruan system. Namun, anda mungkin memerlukan media instalasi Windows untuk menjalankan DISM offline jika anda tidak dapat booting ke Windows secara normal. Media instalasi diperlukan sebagai sumber perbaikannya.



Namun, sebelum menjalankan DISM, saya menyarankan anda untuk menjalankan System File Checker (SFC) terlebih dahulu. Tool SFC dapat memeriksa dan memperbaiki file system yang rusak. Sekali lagi, anda mungkin membutuhkan media instalasi jika PC anda tidak dapat booting. Anda tidak dapat menjalankan perintah sfc /scannow dalam situasi seperti itu. Anda perlu menjalankan System File Checker Offline.




Semoga membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki  error 0xC0000218, STATUS_CANNOT_LOAD_REGISTRY_FILE di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0xC0000218, STATUS CANNOT LOAD REGISTRY FILE"