Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Windows did not detect a properly installed network adapter di Windows 10/11

 


Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan kepada anda solusi untuk memperbaiki pesan error Windows did not detect a properly installed network adapter. Pesan error ini mungkin muncul setelah anda menjalankan Network Adapter Troubleshooter pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda. Error ini terjadi ketika Windows tidak dapat mendeteksi network adapter karena adanya file driver yang rusak atau hilang, atau karena masalah ketidakcocokan dengan system operasi. Network adapter yang bermasalah adalah penyebab utama koneksi yang lambat atau terputus-putus, kehilangan koneksi atau bahkan ketidakmampuan untuk terhubung dengan jaringan kabel atau wireless.


Network Adapter mengontrol antarmuka system operasi dan menghubungkan system ke jaringan wireless.


Driver perangkat memainkan peran yang sangat penting dalam mengelola komunikasi antara komputer da hardware yang terhubung. Ketika kita berbicara tentang network adapter, driver yang digunakan disebut sebagai driver network adapter. Saat anda menghubungkan network adapter ke komputer, Windows secara otomatis akan memeriksa dan menginstall driver yang tersedia. Namun, terkadang tidak semua driver pra-install berfungsi sebagaimana yang diharapkan. Mereka dapat rusak, out of date atau tidak kompatibel, yang pada akhirnya dapat menyebabkan terjadinya error.


Pesan error lengkap akan terlihat seperti berikut ini.

Network Adapter

Install a driver for your network adapter

Windows did not detect a properly installed network adapter. If you have a network adapter, you will need to re-install the driver.



Jika anda tidak dapat menggunakan koneksi jaringan (WiFi atau Ethernet) pada system anda karena error yang sama, maka lanjutkan membaca artikel ini untuk mengetahui cara memperbaiki masalah tersebut. Dalam artikel ini juga, saya akan membahas salah satu error yang dapat mengakibatkan kegagalan instalasi network adapter.



Memperbaiki Error Windows did not detect a properly installed network adapter


Berikut ini adalah beberapa solusi yang dapat anda coba untuk memperbaiki pesan error Windows did not detect a properly installed network adapter yang mungkin muncul setelah menjalankan Network Adapter Troubleshooter pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Update/Install Ulang Driver Network Adapter


Driver yang out of date atau tidak kompatibel juga dapat menyebabkan Windows menampilkan pesan error ini.


Saat anda mengupdate driver secara manual, penting untuk menginstall driver yang tepat. Karena internet mungkin tidak berfungsi di system anda, maka anda harus mendownload driver dari website pabrikan perangkat anda dengan menggunakan komputer lain yang memiliki akses ke internet. Kemudian anda dapat mengcopy driver ke system anda menggunakan USB drive dan kemudian menginstallnya.


Untuk mengupdate driver Network, anda dapat melakukannya dengan mengikuti salah satu metode berikut ini.

  • Anda juga dapat memeriksa Windows Update anda.



Jika mengupdate driver Network adapter tidak membantu, maka anda dapat menguninstall driver melalui Device Manager atau menggunakan Command Prompt dan kemudian restart komputer anda. Itu akan menginstall driver Network adapter secara otomatis.



2. Jalankan Hardware and Devices Troubleshooter


Hardware and Devices Troubleshooter adalah pemecah masalah Windows yang dapat mendeteksi masalah dengan hardware yang terpasang pada PC anda. Troubleshooter ini tidak tersedia dijendela Settings, jadi anda harus mengaksesnya menggunakan Command Prompt.

  • Jadi, buka Command Prompt dengan hak administrator dengan menekan Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter. Atau anda dapat  membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
msdt.exe -id DeviceDiagnostic
  • Hardware and Devices Troubleshooter akan terbuka.
  • Klik Next dan ikuti petunjuk selanjutnya.
  • Setelah selesai, restart komputer anda.



3. Lakukan Reset Network

Reset Network adalah fungsi yang memulihkan network adapter dan mengatur ulang komponen jaringan ke pengaturan default pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda. Fitur ini berguna jika anda mengalami masalah koneksi dan tidak dapat memperbaikinya dengan troubleshooter Network bawaan yang disediakan oleh Windows.

Untuk mereset network anda, anda dapat membacanya di artikel ini untuk Windows 10 dan di artikel ini untuk Windows 11. Setelah anda meresetnya, anda perlu merestart komputer anda. Itu akan menginstall ulang Network adapter anda dan mereset komponen jaringan ke default.



Jika tidak ada solusi di atas yang berfungsi, maka anda dapat melakukan system restore untuk mengembalikan system anda ke kondisi kerja sebelumnya. Namun itu dapat anda lakukan jika anda telah membuat system restore point sebelum masalah ini terjadi. Jadi jika anda belum melakukannya, maka anda mungkin perlu mereset PC anda.

Semoga membantu anda!

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Windows did not detect a properly installed network adapter di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Windows did not detect a properly installed network adapter di Windows 10/11"