Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error The description for Event ID 0 from source nvlddmkm cannot be found

 


Jika anda mendapatkan pesan error yang menyatakan The description for Event ID 0 from source nvlddmkm cannot be found, maka artikel ini dapat memberikan bantuan untuk anda. NVLDDMKM adalah singkatan dari NVIDIA Windows Longhorn Display Driver Model Kernel Mode Driver. Ini adalah driver yang dibuat oleh NVIDIA dan berfungsi sebagai penghubung antara system operasi dan graphics card. Namun, terkadang dapat terjadi kegagalan fungsi yang menyebabkan terjadinya Event ID 0.


Pesan error lengkap yang ditampilkan akan terlihat seperti berikut ini.

The description for Event ID 0 from source nvlddmkm cannot be found. Either the component that raises this event is not installed on your local computer or the installation is corrupted. You can install or repair the component on the local computer.

If the event originated on another computer, the display information had to be saved with the event.

The following information was included with the event:

\Device\0000008b

Error occurred on GPUID: 100

The message resource is present but the message was not found in the message table



Error Event ID 0 NVLDDMKM menunjukkan error dengan driver NVIDIA. Error ini biasanya terjadi jika driver tidak dapat menulis event di event log. Namun, hal ini juga dapat terjadi karena beberapa alasan lain, termasuk file yang rusak atau hilang, driver yang out of date atau konflik hardware atau software.



Memperbaiki Error The description for Event ID 0 from source nvlddmkm cannot be found


Untuk memperbaiki errorEvent ID 0 NVLDDMKM cannot be found di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mengikuti beberapa metode perbaikan berikut ini untuk memperbaikinya.



1. Scan Perangkat Anda untuk File yang Rusak


Sebelum anda memulai pemecahan masalah lainnya, sangat disarankan untuk melakukan scan System File Checker (SFC) terlebih dahulu untuk memeriksa adanya kemungkinan file system yang rusak pada perangkat anda. Utilitas Windows ini akan melakukan scan secara otomatis dan memperbaiki file system yang rusak pada perangkat anda. Berikut adalah cara untuk melakukan scan SFC di Windows 10 atau Windows 11 anda.

  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter.
SFC /ScanNow
  • Setelah selesai, restart komputer anda.


Setelah itu, anda dapat memeriksa kembali apakah error Event ID 0 telah diperbaiki atau tidak.


2. Update Driver Graphics

Error Event ID 0 NVLDDMKM cannot be found juga dapat disebabkan oleh driver graphics NVIDIA yang out of date atau rusak. Oleh karena itu, disarankan untuk mengupdate driver graphics NVIDIA di komputer anda dan periksa apakah error kembali muncul atau tidak.

Anda  dapat mendownload driver NVIDIA versi terbaru dari website NVIDIA dan kemudian menginstall driver di PC anda. Atau anda dapat menggunakan software update driver pihak ketiga NV Updater untuk mengupdate driver graphics card NVIDIA.



3. Jalankan Hardware and Devices Troubleshooter

Hardware and Devices Troubleshooter adalah tool bawaan Windows yang dapat membantu anda memperbaiki error umum yang terkait dengan hardware dan perangkat komputer anda. Jika Event ID 0 terjadi karena error hardware, naka menjalankan utilitas ini dapat membantu memperbaikinya. Berikut adalah cara untuk menggunakan tool ini.
  • Buka Command Prompt dengan hak administrator seperti langkah diatas.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk membuka troubleshooter.
msdt.exe -id DeviceDiagnostic
  • Hardware and Devices Troubleshooter sekarang akan terbuka.
  • Klik Next dan ikuti petunjuk selanjutnya.
  • Setelah selesai, secara otomatis akan menscan error dan meminta anda untuk menerapkan perbaikan.
  • Setelah melakukan itu, restart komputer anda.



4. Ubah Pengaturan NVIDIA ke Balanced

Pengaturan graphics NVIDIA yang salah konfigurasi juga dapat menjadi penyebab error Event ID 0 NVLDDMKM cannot be found terjadi. Melakukan beberapa perubahan pada pengaturan ini dapat membantu memperbaiki error ini. Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukannya.
  • Selanjutnya, perluas 3D Settings dan klik Adjust image settings with preview di panel kiri.
  • Sekarang, di panel kanan, pilih Use my preference emphasizing dan pindahkan slider ke tengah untuk memilih Balanced.
  • Setelah itu, klik Apply untuk menyimpan perubahan.



5. Aktifkan Debug Mode di NVIDIA Control Panel

Mengaktifkan Debug Mode akan men-downclock graphics card anda ke pengaturan defaultnya. Ini akan menonaktifkan overclocking dan perangkat tambahan lainnya. Melakukannya akan memberitahu anda jika Event ID 0 terjadi karena peningkatan GPU. Selanjutnya, anda dapat menonaktifkan fitur atau peningkatan tersebut.

Untuk mengaktifkan Debug Mode, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka NVIDIA Control Panel.
  • Di jendela NVIDIA Control Panel, klik Help.
  • Kemudian pilih Debug Mode dari daftar.



6. Lakukan System Restore

System Restore dapat membuat perangkat anda tetap berfungsi tanpa harus menginstall ulang system operasi. Melakukannya dapat memperbaiki lingkungan Windows dengan menginstall file dan pengaturan yang disimpan di restore point. Perhatikan bahwa metode ini hanya dapat dilakukan jika anda telah membuat System Restore Point sebelum masalah ini terjadi pada komputer anda.



7. Periksa Error Hardware

Error Event ID 0 ini dapat terjadi karena hardware yang error atau ketidakcocokan. Jadi, anda perlu memasang ulang RAM dan GPU di perangkat anda jika memungkinkan dan lihat apakah error ini dapat diperbaiki. Jika tidak, maka anda perlu membawa komputer anda ke service center untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan.


Semoga membantu anda!

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error The description for Event ID 0 from source nvlddmkm cannot be found di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error The description for Event ID 0 from source nvlddmkm cannot be found"