Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Windows Security Service Hilang Setelah Serangan Malware


OS Windows 10 dan Windows 11, secara default dilengkapi dengan aplikasi Windows Security untuk menangani perlindungan dasar pada PC Windows. Aplikasi Windows Security yang menyertakan Windows Defender Antivirus dan Firewall cukup untuk melindungi PC kita dari virus dan malware. Namun, beberapa pengguna telah melaporkan bahwa setelah serangan malware, mereka menemukan bahwa Windows Security Service hilang dari daftar service di jendela Services.


Windows Security Service diperlukan oleh Windows Security untuk menangani perlindungan perangkat terpadu dan informasi kesehatan. Windows Security adalah rumah untuk mengelola tool seperti antivirus, firewall, account control, browser control dan lainnya yang melindungi perangkat dan data anda. Semuanya bekerja sama untuk melindungi PC anda dari berbagai ancaman dengan memberikan perlindungan secara real-time.


Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan apa yang dapat anda lakukan jika anda menghadapi masalah Windows Security Service yang hilang setelah terjadi serangan malware di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



Memperbaiki Windows Security Service Hilang Setelah Serangan Malware


Jika anda menemukan bahwa salah satu atau beberapa service hilang setelah terkena serangan malware pada komputer Windows anda termasuk Windows Security Service, kemungkinan besar malware telah menonaktifkan atau merusak service tersebut. Berikut adalah beberapa metode yang dapat anda lakukan untuk memperbaikinya. Namun, sebelum melakukan perbaikan, pastikan anda telah menjalankan program anti-malware pada PC anda dan memastikan bahwa PC anda terlindungi.



1. Jalankan Scan Malware Menggunakan Antivirus Pihak Ketiga


Sebelum memulai, anda harus mendownload dan menginstall software antivirus pihak ketiga. Anda dapat menggunakan Microsoft Safety Scanner atau software antivirus portabel apapun sesuai permintaan. Jalankan scan saat boot-time atau Safe Mode untuk hasil terbaik.




2. Jalankan Windows Security Service Secara Manual


Jika Windows Security Service dihentikan oleh malware, maka anda dapat menjalankan ulang service di Windows 10 atau Windows 11 anda melalui Services Windows. Anda perlu login menggunakan administrator account anda dan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menjalankan service.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services Windows.
  • Di jendela Services, klik dobel pada service Windows Security Service di panel kanan.
  • Di jendela properties service, ubah Startup type ke Manual dan klik Start pada bagian Service status.
  • Setelah itu, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.



Jika anda tidak dapat menemukan Windows Security Service di daftar service, maka ikuti metode dibawah ini untuk memperbaiki masalah tersebut.



3. Jalankan Scan SFC


Melakukan System File Checker (SFC) di PC Windows anda dapat membantu anda menemukan file system yang hilang atau rusak dan memperbaikinya. Langkah ini dapat membantu anda memulihkan Windows Security Service yang hilang dari PC Windows anda.



4. Jalankan Scan DISM


Jika system image Windows atau component store anda telah rusak, maka kemungkinan scan SFC tidak membantu anda dan anda harus menjalankan scan Deployment Image Servicing and Management (DISM). Ini akan memperbaikinya. Setelah anda melakukan scan DISM, anda mungkin perlu menjalankan kembali scan SFC, seperti yang telah dijelaskan di metode sebelumnya.



5. Reset Windows Security


Mereset Windows Security juga dapat memperbaiki masalah hilangnya Windows Security Service dari system anda. Langkah ini dapat memperbaiki banyak masalah yang terjadi dengan Windows Security. Anda dapat mereset aplikasi Windows Security dari Start menu, PowerShell maupun Command Prompt.




5. Perbaiki atau Install Ulang Windows


Jika tidak ada metode yang berhasil memperbaiki masalah, maka anda mungkin perlu melakukan perbaikan Windows atau instalasi ulang Windows di PC anda untuk memulihkan Windows Security Service dan memperbaiki masalah lain yang disebabkan oleh serangan malware. Meskipun membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya, metode ini diyakini dapat membantu anda memperbaiki masalah dengan pasti.



Salah satu cara untuk memperbaiki masalah pada PC Windows 10 atau Windows 11 yang tidak berfungsi dengan benar adalah dengan mereset PC. Biasanya, proses reset akan dimulai setelah anda mengklik opsi Reset PC dan akan selesai secara otomatis. Jadi, jika anda mengalami masalah saat booting, cobalah untuk mereset PC terlebih dahulu. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di artikel ini untuk mereset PC yang tidak dapat booting. Saat mereset, anda dapat memilih untuk menyimpan file dan data yang ada di dalamnya.


Untuk memperbaiki Windows anda menggunakan media instalasi, pertama-tama anda perlu mendownload file ISO Windows 10 atau ISO Windows 11 dari website Microsoft, kemudian membuat media instalasi bootable dan boot dari drive selama pengaktifan dan pilih Repair your computer.



Itulah beberapa metode berbeda yang dapat anda gunakan untuk memperbaiki service yang hilang kususnya Windows Security Service di PC Windows 10 atau Windows 11 anda.


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Windows Security Service hilang setelah serangan malware di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Windows Security Service Hilang Setelah Serangan Malware"