Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error IMM32.dll is missing atau not found di Windows 10/11

 


Program Microsoft Windows Input Method Manager menggunakan file library IMM32.dll untuk membantu mengontrol berbagai metode input pada komputer Windows anda, termasuk penerimaan perintah input dari keyboard dan mouse. Jika file IMM32.dll hilang, rusak atau tidak ditemukan di komputer anda, maka anda mungkin mengalami masalah saat menggunakan perangkat input anda.


Ketika masalah itu terjadi, anda akan melihat salah satu pesan error berikut ini.

This program can’t start because imm32.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix problem.




Apa itu IMM32.dll?


IMM32.dll adalah file yang terkait dengan Microsoft Windows Input Method Manager. Fungsinya adalah mengatur dan mengendalikan berbagai metode input pada komputer Windows anda, termasuk menerima perintah input dari keyboard dan mouse. File IMM32.dll bekerja sama dengan program-program yang membutuhkan input mouse dan/atau keyboard dan kemudian memberikan instruksi pada system untuk melakukan operasi yang diperlukan.


Selain menerima input dari keyboard dan mouse, IMM32.dll juga mengontrol berbagai metode input lainnya. Misalnya adalah ketboard virtual dan handwriting recognition (pengenalan tulisan tangan). Dengan bantuan IMM32.dll, pengguna dapat memilih metode input yang sesuai dengan kebutuhan mereka.


File IMM32.dll sangat penting bagi system operasi Windows dan jika terjadi kerusakan atau hilang, maka hal itu dapat menyebabkan masalah pada system operasi anda. Oleh karena itu, jika anda mengalami masalah dengan IMM32.dll, disarankan untuk mengambil tindakan perbaikan sesegera mungkin.


Pada artikel ini, kita akan melihat apa yang dapat anda lakukan jika IMM32.dll  is missing atau not found di komputer anda.



Memperbaiki Error IMM32.dll is missing atau not found


Banyak faktor yang dapat menyebabkan file .dll hilang, rusak atau tidak ditemukan pada system termasuk file IMM32.dll ini, seperti aplikasi pihak ketiga, virus atau error system. Oleh karena itu, saya akan memberikan beberapa solusi potensial yang dapat anda coba jika anda mengalami error IMM32.dll is missing atau not found di system anda.



1. Jalankan Scan SFC


System File Checker (SFC) adalah sebuah utilitas bawaan Microsoft Windows yang membantu kita menscan dan memperbaiki file system. Karena IMM32.dll adalah salah satu komponen inti Windows, maka kita dapat menggunakan SFC untuk memperbaikinya dengan menscan file system, menemukan file yang hilang dan kemudian memulihkannya.


Untuk menggunakan SFC, buka Command Prompt dengan hak administratif atau membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt. Jika anda tidak dapat mengakses system anda secara normal, maka anda dapat menjalankan SFC dari Safe Mode atau Boot Time. Setelah meluncurkan Command Prompt dengan hak administrator, masukan perintah berikut dan tekan Enter.

sfc/scannow

Proses scan dan perbaikan file system akan dimulai. Ini mungkin memakan waktu beberapa menit tergantung pada ukuran dan keadaan system anda.


Setelah proses selesai, anda akan menerima pesan tentang status perbaikan file system anda. Jika SFC menemukan dan memperbaiki file IMM32.dll, anda akan melihat pesan Windows Resource Protection found corrupt files and successfully repaired them. Jika perbaikan gagal, maka anda dapat mencoba metode lain dibawah ini.


2. Copy File IMM32.dll dari Komputer Windows Lain

Jika file IMM32.dll mengalami kerusakan pada system anda, maka anda dapat mencoba memperbaikinya dengan mengcopy file tersebut dari komputer dengan system operasi yang sama dan mempastenya pada komputer anda di lokasi yang sama. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan hal tersebut.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
control /name microsoft.system

Catatan: Lakukan langkah yang sama di komputer tempat anda perlu mengcopy file. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa kedua system menjalankan System Operasi yang sama.
  • Setelah itu, hubungkan USB drive ke port USB komputer yang berfungsi dan tekan tombol Win + E untuk membuka File Explorer.
  • Sekarang, pergi ke lokasi berikut ini.
32-bit: C:\Windows\System32
64-bit: C:\Windows\SysWOW64
  • Di lokasi, copy file imm32.dll ke USB drive.


  • Setelah anda menyalinnya ke USB drive, cabut USB drive dan hubungkan ke komputer tempat file IMM32.dll hilang atau rusak.
  • Kemudian, copy file imm32.dll dari USB drive dan paste ke system tersebut di lokasi yang sama.
  • Setelah itu, restart komputer anda.

Setelah komputer direstart, file IMM32.dll baru akan muncul. Ini akan memungkinkan aplikasi yang memerlukan file ini untuk memulai dan melakukan tugas yang diperlukan.


3. Instal Ulang Aplikasi

Jika anda mengalami error IMM32.dll is missing atau not found saat membuka program atau aplikasi apapun, maka ini dapat menunjukkan bahwa program atau aplikasi tersebut rusak dan menyebabkan error IMM32.dll. Dalam kasus seperti ini, anda dapat mencoba untuk menguninstall program atau aplikasi yang menyebabkan masalah dan kemudian menginstall ulang program atau aplikasi dengan versi yang baru.

Dengan menginstall ulang program atau aplikasi yang menyebabkan masalah IMM32.dll, error tersebut harusnya di perbaiki. Jika error masih terjadi setelah menginstall ulang program atau aplikasi, anda mungkin perlu mencari bantuan lebih lanjut untuk menyelesaikan masalah tersebut.


4. Jalankan Scan AntiVirus

Lokasi resmi untuk file IMM32.dll terletak di folder SysWOW64, System32 atau WinSxs pada system operasi Windows. Jika anda menemukan file IMM32.dll terletak di tempat lain di system anda, maka kemungkinan besar itu adalah malware atau virus yang meniru file tersebut. Dalam hal ini, sangat disarankan untuk menjalankan full scan antivirus pada system anda untuk menghapus malware atau virus tersebut.

Untuk melakukan tugas ini, anda dapat menggunakan Microsoft Defender Offline atau Bootable AntiVirus Rescue Media Gratis untuk menyingkirkan virus dan malware dari system anda.



5. Reset PC

Jika setelah mencoba semua solusi yang ada, masalah dengan file IMM32.dll masih belum terselesaikan, maka anda dapat mencoba menggunakan fitur Reset This PC pada system Windows anda. Fitur ini akan menghapus semua aplikasi dan pengaturan pihak ketiga, tetapi anda dapat memilih opsi untuk menyimpan file dan data anda.



Semoga anda dapat menyelesaikan masalah menggunakan solusi yang disebutkan dalam artikel ini.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error IMM32.dll is missing atau not found di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!

Post a Comment for "Memperbaiki Error IMM32.dll is missing atau not found di Windows 10/11"