Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Code 30180-4 Saat Install Office

 


Ketika anda mencoba untuk menginstall aplikasi Office, anda mungkin mendapatkan error Something went wrong dengan error code 30180-4. Error code ini umumnya terjadi karena gangguan yang disebabkan oleh antivirus pihak ketiga, VPN atau Proxy yang anda gunakan. Namun, perbaikan untuk masalah ini dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa metode sederhana.


Saat masalah ini terjadi, anda akan melihat pesan error seperti berikut ini.

Something went wrong

We're sorry, we couldn't install Office. Please make sure you're connected to the internet, then retry your installation.

Error Code: 30180-4




Memperbaiki Error Code 30180-4 Saat Install Office


Untuk mengatasi Error Code 30180-4 yang muncul saat menginstall Office, langkah awal yang dapat diambil adalah dengan melakukan restart pada perangkat dan router, kemudian mencoba untuk menginstall kembali Office. Namun, jika langkah tersebut tidak berhasil, maka anda dapat mengikuti metode perbaikan berikut ini untuk menyingkirkan error ini.



1. Gunakan Microsoft Support and Recovery Assistant


Microsoft Support and Recovery Assistant dapat membantu memperbaiki masalah terkait dengan Office 365, Outlook, OneDrive, dan masalah terkait Office lainnya. Tool ini dapat membantu anda dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aktivasi Windows, update, upgrade, instalasi Office, aktivasi, uninstall aplikasi, email Outlook, folder dan sebagainya. Anda dapat menjalankan tool ini dan melihat apakah itu dapat membantu anda menyelesaikan masalah yang anda hadapi. Anda juga dapat menggunakan versi command line dari Microsoft Support and Recovery Assistant jika anda mau.




2. Periksa Apakah Versi Office yang Diinstall Tersebut Lebih Lama


Error code 30180-4 saat instalasi Office dapat terjadi jika perangkat anda memiliki beberapa versi Office yang terinstall. Salah satu solusi untuk masalah ini adalah dengan menguninstall versi Office yang tidak diperlukan terlebih dahulu sebelum menginstall versi yang lain. Jadi, lakukan itu dan periksa apakah masalah error code 30180-4 ini dapat diatasi. Saya sarankan anda menggunakan software uninstaller pihak ketiga untuk melakukan tugas ini.



3. Periksa Koneksi Internet


Error seperti ini dapat terjadi ketika koneksi internet anda tidak stabil. Anda dapat melakukan tes kecepatan internet anda menggunakan tool online seperti NetSpeedMonitor, Network Speed Test atau Speedtest by Ookla atau lainnya untuk memeriksa apakah ada masalah dengan koneksi internet anda. Jika kecepatan internet kurang dari kecepatan yang telah anda pilih, maka cobalah untuk merestart router dan modem anda. Jika merestart router dan modem tidak berhasil, maka anda mungkin perlu memperbaiki masalah koneksi internet dan network anda. Atau anda  perlu meningkatkan kecepatan koneksi internet anda di komputer Windows.



4. Nonaktifkan Proxy/VPN


Error server bisa terjadi ketika anda terhubung ke server VPN atau Proxy. VPN dan Proxy berfungsi untuk menyembunyikan IP address anda dengan mengalihkan lalu lintas internet melalui remote server. Jika anda ingin menonaktifkan VPN atau Proxy, berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda lakukan.


Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows dan pilih Network & Internet di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik VPN atau Proxy di panel kiri.
  • Di panel kanan, untuk menonaktifkan VPN, klik VPN yang anda gunakan dan klik Disconect.
  • Sementara untuk menonaktifkan Proxy, ubah opsi Use a proxy server ke Off dan klik Save.
  • Setelah itu, restart PC anda.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Network & internet di panel kiri dan klik VPN atau Proxy di panel kanan.
  • Di halaman selanjutnya, untuk menonaktifkan VPN, perluas VPN yang anda gunakan dan klik Disconect.
  • Sementara untuk menonaktifkan Proxy, klik Setup di sebelah Use a proxy server, kemudian nonaktifkan Use a proxy server ke Off dan klik Save.
  • Setelah itu, restart komputer anda.



Jika itu membantu anda, anda mungkin perlu menghapus VPN dan Proxy di Windows 10 atau Windows 11 anda untuk mencegah masalah yang sama di kemudian hari.



5. Nonaktifkan Antivirus untuk Sementara

Jika terjadi error saat menginstall Office, ada kemungkinan bahwa software antivirus pihak ketiga yang terinstall di komputer anda sebagai penyebabnya. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat mencoba untuk menonaktifkan sementara software antivirus anda dan memeriksa apakah error instalasi Office ini dapat diatasi. Jika menonaktifkan antivirus tidak berhasil,  maka langkah selanjutnya adalah dengan menguninstall software antivirus anda dan kemudian memeriksanya kembali.


Namun, perlu diingat bahwa menonaktifkan software antivirus dapat meningkatkan risiko keamanan perangkat anda. Oleh karena itu, pastikan untuk mengaktifkan kembali software antivirus setelah anda selesai menginstall Office atau melakukan tindakan lain yang diperlukan.



6. Gunakan Installer Office Offline


Jika anda tidak bisa menginstall Office pada perangkat anda, maka cobalah menggunakan installer Office offline. Meskipun begitu, anda masih perlu terhubung ke internet untuk mendownload file installer-nya. Setelah selesai mendownloadnya, anda kemudian dapat menginstall Office secara offline untuk kenyamanan pengguna.




7.Jalankan Disk Cleanup Tool


Office dapat mengalami masalah saat mendownload update jika perangkat anda terhalang oleh file sementara dan file sampah. Windows secara otomatis menyimpan file sementara ini untuk meningkatkan pengalaman pengguna, tetapi sebenarnya file-file ini tidak berguna dan harus dihapus secara berkala. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan Disk Cleanup Tool. Dengan menggunakan tool ini, anda dapat menghapus semuanya seperti Windows Update Cleanup, Previous Windows installation dan lainnya, namun ini tidak akan menghapus system restore point terbaru.




8. Install Office di Clean Boot


Aplikasi pihak ketiga yang terinstall di komputer anda juga dapat menjadi penyebab munculnya error code 30180-4 saat menginstall Office. Untuk itu, anda dapat melakukan Clean Boot pada PC anda untuk membatasi semua aplikasi pihak ketiga yang berjalan.


Jika tidak ada error yang muncul dalam Clean Boot, maka itu mungkin karena salah satu dari aplikasi pihak ketiga. Untuk itu, anda perlu nebfaktifkan satu per satu proses secara manual untuk menemukan penyebabnya. Setelah anda berhasil mengidentifikasinya, maka langkah selanjutnya adalah menonaktifkan atau menguninstall sodtware yang bersangkutan.




Error code 30010-4 adalah error instalasi karena file system yang hilang atau rusak. Namun, itu juga dapat terjadi karena gangguan aplikasi pihak ketiga dan jika update Windows tidak diinstall dengan benar.


Semoga bermanfaat untuk anda!


Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Error Code 30180-4 saat install Office di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Code 30180-4 Saat Install Office"