Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Cache Graphics NVIDIA, AMD dan AutoCAD di Windows 10/11

 


Cache meningkatkan performa CPU secara signifikan dan  lebih jauh lagi diperkenalkan ke GPU untuk meningkatkan performa aplikasi atau game. Fungsi utama cache adalah untuk meningkatkan performa, tetapi terkadang ini tidak berjalan dengan baik pada aplikasi atau game graphics-intensive anda. Seiring berjalannya waktu, cache akan menghabiskan banyak ruang penyimpanan pada drive anda dan untuk itu atau karena alasan lainnya, anda mungkin ingin menghapus cache graphics NVIDIA, AMD atau AutoCAD. Jika demikian, maka artikel ini akan menunjukkan cara melakukan tugas tersebut.


Cache display Windows tidak sama dengan cache graphics untuk NVIDIA, AMD atau AutoCAD. Umumnya, dalam komputasi, cache adalah sekumpulan file sementara yang digunakan oleh suatu program atau system operasi. Terkadang, cache di Windows dapat memperlambat PC anda atau menyebabkan masalah lain. Jadi, sesekali anda harus menghapus cache di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda untuk membantu system anda berjalan lebih cepat dan mendapatkan kembali ruang disk.


Dalam game, cache graphics adalah file cache di hard drive local anda yang menyimpan data graphics (misalnya peta, lokasi, tempat yang dikunjungi dan semacamnya) sehingga tidak harus sering dibuat. Terkait dengan game, ada pengaturan di Control Panel GPU AMD dan NVIDIA yang bernama Shader Cache, dimana ini menyimpan semua interaksi dan tekstur yang terjadi selama bermain game di memory sehingga ketika anda menghadapi situasi serupa dimasa mendatang, system tidak perlu lagi memuat semua informasi ini dan akan mengurangi stuttering yang disebabkan oleh penggunaan graphics yang begitu berat. Pada dasarnya, Shader Cache memungkinkan waktu loading yang lebih cepat dalam game dan mengurangi penggunaan CPU dengan mengkompilasi dan menyimpan shader game yang sering digunakan, daripada membuat ulang setiap kali dibutuhkan.



Apakah Mereset Shader Cache Baik?


Terutama, menggunakan shader memungkinkan Anda memanfaatkan kekuatan graphics card processing unit (GPU) daripada hanya mengandalkan CPU system. Saat anda mereset atau menghapus Shader Cache, semua file Shader Cache yang tersimpan akan dihapus. Menghapus Shader Cache dapat membantu anda mengosongkan sedikit ruang disk, tetapi anda mungkin merasa itu tidak cukup. Jadi, jika anda hanya ingin membebaskan drive C:\, maka anda dapat mempertimbangkan untuk memperluas partisi C tanpa menghapus file/folder menggunakan Disk Management Tool dan Diskpart bawaan atau software Disk & Partition Manager gratis apapun untuk Windows 10 atau Windows 11.


Demikian pula, dalam software komputer seperti AutoCAD, file cache graphics dibuat dan dipelihara untuk mengoptimalkan performa dan meningkatkan kecepatan regenerasi objek dengan kompleksitas geometri seperti 3D solid, non-mesh surface dan region. Seiring waktu, ukuran cache graphics/shader bertambah, dimana cache yang lebih besar akan menghabiskan lebih banyak ruang di hard drive anda, tetapi memungkinkan untuk menyimpan lebih banyak data yang dapat digunakan kembali.



Menghapus Cache Graphics NVIDIA, AMD atau AutoCAD


Untuk menghapus cache graphics card NVIDIA dan AMD atau aplikasi AutoCAD di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka ikuti langkah-langkah dibawah ini pada bagiannya masing-masing.



1. Menghapus Cache Graphics AutoCAD


Untuk menghapus cache graphics AutoCAD di Windows 10 atau Windows 11, yang perlu anda lakukan adalah menetapkan batas atas dalam Megabytes (Mbs) untuk semua entri file gambar dalam cache graphics produk untuk variabel system CACHEMAXFILES atau CACHEMAXTOTALSIZE di Windows Registry.


Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini. Namun sebelum melanjutkan, backup registry atau biat system restore point terlebih dahulu dan kemudian ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, cari key registry. Untuk itu, klik Edit dan pilih Find. Kemudian ketik CACHEMAXFILES atau CACHEMAXTOTALSIZE dan klik Find Next.


  • Setelah ditemukan, klik dobel pada key dan ubah Value data-nya sesuai kebutuhan anda. Value defaultnya adalah 1024 dan rentang yang valid adalah dari 0 (nol) hingga 65535 megabytes.


Setelah anda mengaturnya, ketika batas atas tercapai, maka entri file terlama di cache graphics akan dihapus secara otomatis. Mengatur salah satu variabel diatas ke 0 (nol) maka itu akan secara otomatis membersihkan folder GraphicsCache saat anda menutup AutoCAD, menonaktifkan caching seluruhnya dan menghapus file apapun di folder yang saat ini tidak digunakan oleh file gambar yang terbuka. Batas atas ukuran cache graphics saat ini adalah 32.767 megabytes, tetapi mungkin akan ditingkatkan di rilis mendatang.


Alternatif dari langkah diatas adalah anda dapat menavigasi ke folder GraphicsCache di File Explorer dan menghapus file cache di lokasi dibawah ini. Lokasi tepatnya bervariasi berdasarkan negara, produk dan versi.

C:\Users\<user_name>\AppData\Local\Autodesk\AutoCAD 2018\R22.0\<temukan nama seperti "enu">\GraphicsCache



Cara Mengurangi Graphics di AutoCAD

Secara umum, hardware acceleration meningkatkan performa dan produktivitas graphics yang membantu performa secara keseluruhan, tidak hanya dengan pekerjaan 3D di AutoCAD. Namun, anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan hardware acceleration jika anda mengalami masalah tak terduga dengan video card dan driver tertentu. Salah satu dari beberapa cara untuk mengaktifkan hardware acceleration pada produk berbasis AutoCAD adalah dengan memasukkan perintah GRAPHICSCONFIG di Command Prompt dan memilih Hardware Configuration


2. Menghapus Shader Cache Graphics NVIDIA

Untuk menghapus Shader Cache graphics NVIDIA di Windows 10 atau Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.
  • Di jendela NVIDIA control panel, pilih  Manage 3D Settings di panel kiri.
  • Di panel kanan, dibawah tab Global Settings, nonaktifkan Shader Cache ke Off.
  • Kemudian klik Apply untuk menerapkan perubahan.


  • Setelah itu, restart komputer anda.
  • Setelah PC boot, buka File Explorer dan pergi ke path berikut ini. Anda dapat menekan tombol Win + R, kemudian masukan path dibawah dan tekan Enter.
%USERPROFILE%\AppData\Local\Temp
  • Di lokasi, anda akan menemukan folder NVIDIA dan NVIDIA Corporation.


  • Pertama, buka folder NVIDIA dan kemudian temukan folder DXCache dan GLCache.
  • Selanjutnya, buka masing-masing folder dan hapus semua item yang ada di dalam folder tersebut.


  • Setelah itu, kembali ke folder Temp.
  • Di lokasi tersebut, buka folder NVIDIA Corporation.
  • Di dalam folder tersebut, buka folder NV_Cache dan hapus isi di dalam folder tersebut.


  • Kemudian, keluar dari File Explorer.
  • Sekarang, kembali ke NVIDIA control panel dan aktifkan kembali Shader Cache ke On.
  • Setelah itu, restart komputer anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, anda telah membersihkan cache Shader untuk graphics NVIDIA dari komputer anda.


3. Menghapus Shader Cache Graphics AMD

Untuk menghapus Shader Cache graphics AMD di Windows 10 atau Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka AMD Radeon Software yang diinstall di PC anda.
  • Kemudian, klik ikon roda gigi di pojok kanan atas untuk membuka Settings.
  • Di halaman Settings, pilih tab Graphics.
  • Selanjutnya, perluas Advanced.
  • Gulir ke bawah dan klik Perform Reset disebelah opsi Reset Shader Cache.
  • Setelah melakukan itu, tutup AMD Radeon Software dan restart komputer anda.


Hanya itu yang anda lakukan dan cache graphics AMD anda telah dibersihkan dari system anda.

Semoga membantu anda!

Jika anda anda ingin menghapus cache lainnya di Windows 10 atau Windows 11 atau mungkin di ponsel Android anda, maka beberapa artikel berikut dapat membantu anda.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menghapus Cache Graphics NVIDIA, AMD atau AutoCAD di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti artikel ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menghapus Cache Graphics NVIDIA, AMD dan AutoCAD di Windows 10/11"