Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Hapus Cache Update Windows 10/11 Untuk Mengembalikan Ruang Penyimpanan


Setiap kali anda mengupdate system anda, Windows akan secara otomatis menyimpan semua file instalasi update Windows. Meskipun ini mungkin terlihat aneh, ini sangat membantu dalam banyak situasi dimana anda dipaksa untuk menerapkan kembali update Windows. Menggunakan file yang berada di cache, Windows dapat mengajukan permohonan kembali update tanpa benar-benar mendownloadnya lagi. Memang fungsinya sangat berguna, namun folder cache update Windows dapat bertambah dalam ukuran dan mengkonsumsi semua ruang hard drive anda. Tentu saja, ini sangat tergantung pada jumlah update dan ukurannya. Dalam kasus tersebut, menghapus cache update Windows dapat membantu anda mendapatkan kembali ruang hard drive yang hilang. Selain itu, menghapus cache update juga dapat membantu dalam situasi dimana file update rusak.

Dan untuk ntuk mendapatkan ruang penyimpanan anda kembali, berikut adalah cara menghapus cache update Windows di Windows 10.


Hapus Update Cache di Windows 10/11

Menghapus cache update di Windows itu mudah, tetapi tidak semudah yang seharusnya. Meskipun kita dapat menggunakan Disk Cleanup Utility, itu mungkin tidak menghapus cache update sepenuhnya, jadi kita akan menggunakan metode manual.

Untuk memulai, kita harus menghentikan layanan update Windows sebelum kita dapat menghapus cache update.

Untuk melakukan itu, cari Services di Start Menu dan buka. Jika anda menggunakan system anda sebagai pengguna standar, maka buka sebagai administrator (Run as administrator) menggunakan menu klik kanan atau  tekan Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter.


Setelah jendela Services terbuka, temukan services Windows Update, klik kanan padanya dan kemudian pilih opsi Stop. Tindakan ini menghentikan layanan update Windows.


Setelah menghentikan layanan, tekan Win + R, masukkan jalur di bawah ini dan tekan tombol Enter. Ini adalah folder tempat Windows menyimpan semua file yang terkait dengan update Windows.

C:\Windows\SoftwareDistribution\


Setelah anda berada di folder ini, buka folder Download, pilih semua file di dalamnya dan cukup tekan tombol Delete di keyboard anda untuk menghapus semua file. Anda mungkin dimintai izin administrator; cukup klik tombol Continue untuk menyelesaikan prosedur.


Jika anda ingin mendapatkan lebih banyak ruang lagi, anda juga dapat menghapus file di folder DataStore. Atau jika anda mau, anda juga dapat menghapus semua yang ada di dalam folder DeliveryOptimization itu sendiri. Namun, sebelum anda dapat melakukannya, anda perlu menonaktifkan fitur Windows Delivery Optimization terlebih dahulu. Setelah itu anda dapat menghapus Delivery Optimization.

Untuk lebih jelasnya anda dapat membaca artikel saya lainnya tentang Cara Nonaktifkan Windows Update Delivery Optimization di Windows 10 dan Cara Mengoptimalkan Cache Delivery Optimization di Windows 10.

Setelah anda selesai dengan semua metode diatas, silahkan kembali ke jendela Services, klik kanan pada layanan Windows Update dan pilih opsi Start. Tindakan ini memulai kembali Services jika belum.



Sangat mudah untuk menghapus cache update di Windows 10 atau Windows 11. Dan tahapan untuk sampai kesana pun tidaklah sulit bagi pemula sekalipun. Berikan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang menggunakan metode di atas untuk menghapus cache update Windows 10 atau Windows 11 anda. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Hapus Cache Update Windows 10/11 Untuk Mengembalikan Ruang Penyimpanan"